Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Contoh Surat Pengantar Berbagai Keperluan. Free Download Contoh Dok

3 Contoh Surat Pengantar Berbagai Keperluan. Free Download Contoh Dok

Suratpedia.id - Contoh Surat Pengantar Berbagai Keperluan. Surat merupakan bagian dari bentuk dan jenis komunikasi yang ada dalam kehidupan manusia. Sebagai salah satu alat komunikasi yang memberikan manfaat dan kegunaan pada saat itu dan masih digunakan sampai sekarang. Alat komunikasi ini tetap menjadi pilihan untuk melaksanakan komunikasi atau kemitraan yang dilakukan oleh perusahaan atau lembaga.

Meskipun digunakan sebagai alat komunikasi pribadi atau personal, jumlah ini semakin berkurang seiring dengan kemajuan teknologi yang mempermudah komunikasi. Surat masih menjadi pilihan bagi sebagian orang untuk berkomunikasi.

Contoh surat pengantar adalah surat yang dibuat untuk memberitahukan kepada para pihak bahwa pemegang surat menginginkan alamat. Surat ini digunakan sebagai tanda bahwa pemegang surat itu diketahui dan diakui oleh pihak yang bertanggung jawab. Dengan adanya surat ini maka pihak yang berkepentingan tidak akan meragukan pemegang surat tersebut. Surat ini dapat digunakan untuk keperluan resmi atau akademis oleh lembaga atau perusahaan lain.

Surat lamaran merupakan salah satu surat resmi yang sangat penting dalam suatu hubungan antar instansi. Surat tersebut berisi keterangan yang menunjukkan bahwa pengirim telah diberi tugas tertentu dan telah disetujui oleh pihak yang bertanggung jawab atas isi surat tersebut. Dengan cara ini, penerima tidak akan salah memahami maksud dari penerima surat.

Fungsi Surat Pengantar

Beberapa ciri surat lamaran kerja adalah sebagai berikut:

  • Sebagai bentuk kesopanan dan bentuk ketertiban pelaksana dalam hubungan antarlembaga
  • Bukti bahwa pemegang surat adalah orang yang dipercaya dan merupakan perwakilan resmi dari lembaga tersebut
  • Penjelasan formal tentang maksud dan tujuan orang atau barang yang dikirim
  • Persyaratan untuk mendapatkan surat dinas lainnya (misalnya surat pengantar RT/RW untuk SKCK, surat nikah, dll)

Contoh Surat Pengantar dan Formatnya

Sebagai surat dinas, tulislah surat pengantar dalam bahasa Indonesia resmi sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Dalam Bahasa Indonesia (PUEBI). Beberapa bagian memiliki format referensi sendiri yang harus diikuti saat membuatnya. Beberapa bagian mungkin berbeda tergantung pada jenis dan tujuan surat.

Kop surat

Kop surat harus disertakan dalam semua surat menyurat resmi, dan fungsi kop surat adalah untuk menunjukkan formalitas surat. Tip yang bisa Anda gunakan untuk membuat surat lamaran adalah tidak melupakan kop surat. Kop surat ini akan mengidentifikasi pengirim karena kop surat memuat nama agen dan alamat agen yang menyediakan pengiriman.

Kepala Surat

Di bawah kop surat adalah bagian kop surat, yang berisi beberapa elemen:

  • Tempat dan Tanggal: Menunjukkan kapan dan di mana surat itu ditulis
  • Nomor surat: Biasanya ada nomor surat pada surat resmi atau institusi untuk memudahkan pengarsipan
  • Lampiran: Sebutkan nama dan nomor dokumen lain yang dikirimkan bersama surat lamaran
  • Hal : Secara singkat memuat maksud atau isi surat
  • Nama dan alamat penerima surat: Cantumkan nama penerima atau lembaga

Pilihan bahasa

Pilihan bahasa menjadi kunci penting, karena suratnya resmi, maka memilih bahasa EYD (Enhanced Spelling) adalah pilihan yang tepat untuk surat lamaran Anda. Tulislah surat yang singkat, padat, jelas dalam bahasa formal dan sopan.

Tanggal

Tanggal juga merupakan bagian penting dari cara membuat surat lamaran yang benar. Biasanya tanggal ini menunjukkan tanggal pembuatan sekaligus tanggal kedaluwarsa surat pengantar. Ini akan memberi Anda gambaran tentang kapan surat itu dibuat dan berapa lama surat lamaran Anda berlaku.

Pemberi dan penerima

Surat pengantar sering kali memiliki penerima tertentu, jadi surat pengantar harus mencantumkan nama dan penerima pengantar. Naskah juga harus ditulis dengan jelas, dimulai dengan nama, jabatan dan instansi terkait.

Penutup

Isi pernyataan penutup adalah salam penutup, diikuti dengan tanda tangan dan nama lengkap pengirim surat. Di bawah ini adalah contoh surat lamaran untuk surat lamaran.

3 Contoh Surat Pengantar Berbagai Keperluan

  • Contoh Surat Pengantar Keterangan Tidak Mampu

Download Template Contoh Surat Pengantar Keterangan Tidak Mampu Format Word .Doc Gratis Disini

  • Contoh Surat Pengantar Keperluan Domisili

Download Template Contoh Surat Pengantar Keperluan Domisili Format Word .Doc Gratis Disini

  • Contoh Surat Pengantar dari RT / RW 

Download Template Contoh Surat Pengantar dari RT / RW Format Word .Doc Gratis Disini