Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Surat Talak. Free Download Contoh Dok

2 Contoh Surat Talak. Free Download Contoh Dok

Suratpedia.id - Contoh Surat Talak. Penting untuk memahami seluk beluk surat cerai agar Anda tidak melakukan kesalahan dalam proses produksinya. Seperti yang kita ketahui bersama, surat tidak hanya memiliki nilai hukum, tetapi juga nilai agama. Akan sangat berbahaya jika proses pembuatannya asal-asalan.

Oleh karena itu, penting untuk memahami seluk beluk ini, karena pasangan yang ingin bercerai akan membutuhkan surat ini. Perceraian itu sendiri terjadi karena beberapa faktor internal dan eksternal. Jadi sebelum keputusan perceraian dibuat, kedua belah pihak akan melakukan mediasi, dan jika tidak ditemukan jalan keluar, perceraian akan segera terjadi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi siapa pun yang bekerja di bidang hukum atau pasangan yang sudah menikah untuk memahami dokumen perceraian. Karena ketika Anda melakukan kesalahan, itu dapat mempengaruhi hasil akhir dari keputusan yang Anda buat.

Pengertian Surat Talak

Permohonan cerai adalah pernyataan tertulis yang dibuat oleh seorang suami ketika ia mengajukan gugatan ke pengadilan agama ketika ia diceraikan dari istrinya. Jadi ketika suami mengajukan surat, itu akan menjadi pemohon atau penggugat dan istri akan menjadi termohon atau tergugat.

Jadi surat ini sudah pasti menjadi salah satu dokumen penting saat mengajukan cerai. Selain itu, penyelesaian perkara tersebut akan ditangani oleh pengadilan agama sesuai dengan ketentuan yang berlaku di kemudian hari setelah pengajuan surat cerai. Baik dalam hukum negara maupun hukum agama.

Cara Membuat Surat Talak

Jika Anda ingin menceraikan talak tiga sekaligus dan ingin menulis surat ini, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan agar Anda dapat membuat surat talak yang benar. Juga, surat itu berisi beberapa poin sehingga Anda tidak boleh membuat kesalahan.

Selain itu, selama bagian ortografis tidak diubah, aplikasi ini sebenarnya dapat diubah sesuai kebutuhan. Sekalipun harus diubah, persetujuan responden harus diperoleh. Oleh karena itu, surat tersebut harus memuat hal-hal sebagai berikut, yaitu:

  • nama surat
  • Identitas pihak pertama adalah suami, pihak kedua adalah istri
  • Isi surat cerai
  • fakta kejadian
  • Adanya tuntutan
  • bagian penutup
  • saksi
  • Tanda tangan materai yang masih berlaku

Oleh karena itu, semua poin ini harus dilakukan dalam akta cerai Anda. Jadi jika ada poin yang berkurang atau tidak ada, bisa dipastikan surat tersebut tidak sah. Akan tetapi, jika Anda telah melalui talak pertama dan tahajud, maka surat ini tidak diperlukan kecuali Anda telah menjatuhkan talak ketiga.

Isi permohonan surat talak antara lain sebagai berikut:

  • Pihak Tertuju

Dalam hal ini, itu adalah kepala Inkuisisi (menurut tempat tinggal suami), dengan referensi penuh ke kota.

Perihal Surat

Dalam hal ini, ini tentang permohonan perceraian

  • Pernyataan sebagai pemohon

Cantumkan informasi lengkap tentang pemohon, antara lain nama lengkap, umur, agama, pendidikan, pekerjaan dan alamat lengkap, identitas diri sebagai pemohon.

  • Isi permohonan cerai

Dalam hal ini, permohonan cerai

  • Data Termohon

Kemudian isi keterangan responden cerai atau istri yang ingin diceraikan antara lain nama lengkap, umur, agama, pendidikan, pekerjaan dan alamat lengkap, serta menyatakan sebagai responden.

  • Kronologi dan Dasar Perceraian 

nikah juga dikirimkan beserta alamat KUA (Kantor Urusan Agama) yang mengesahkan pernikahan tersebut. Kemudian alamat lengkap pemohon dan tempat tinggal termohon selama perkawinan. Sebutkan pula jumlah dan nama anak yang dihasilkan dari perkawinan tersebut, atau jika tidak mempunyai anak maka tidak mempunyai anak. Kemudian komunikasikan masalah keluarga yang berujung pada niat untuk bercerai.

  • Permohonan Keputusan Pengadilan 

Kemudian, berdasarkan beberapa alasan perceraian, pemohon mengajukan izin untuk menceraikan terdakwa dengan cara yang seadil-adilnya sambil menunggu sidang pengadilan agama atau keputusan lainnya. Jika gugatan cerai dibawa oleh pihak istri, maka perbedaannya ada pada bagian gugatan cerai yang berisi permohonan ke pengadilan agama untuk menyatakan cerai dari suami. 

2 Contoh Surat Talak

  • Contoh Surat Talak 1
  • Contoh Surat Talak 2