Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Surat Serah Terima Jabatan. Free Download Contoh Dok

2 Contoh Surat Serah Terima Jabatan. Free Download Contoh Dok

Suratpedia.id - Contoh Surat Serah Terima Jabatan. Tentunya semua acara yang berkaitan dengan serah terima resmi akan disertai dengan laporan resmi. Risalah rapat sendiri merupakan dokumen resmi yang sah dan digunakan sebagai bukti transaksi atau pemindahan jabatan pada waktu tertentu.

Pada umumnya contoh arsip serah terima jabatan, uang, dokumen, dan keperluan lainnya memuat informasi yang lengkap tentang adanya kegiatan atau kegiatan yang dilakukan. Tentu saja format penulisan notulen rapat berbeda dengan format penulisan surat masuk.

Surat Serah Terima Jabatan

Surat serah terima adalah surat yang menjelaskan serah terima proyek atau dokumen, kadang-kadang bahkan digunakan selama serah terima pekerjaan karena perubahan posisi. Namun, surat pengantar biasanya digunakan pada saat pengiriman barang atau dokumen sebagai bukti barang sudah diterima. Dengan surat ini, kedua belah pihak akan memberikan dokumen atau bukti bahwa telah terjadi transaksi barang. Dengan adanya surat ini, masyarakat lebih mudah untuk mencatat pergerakan barang keluar masuk.

Perlu kita ketahui bahwa surat mutasi ini merupakan contoh surat dinas yang berisi pernyataan-pernyataan yang membenarkan peristiwa, insiden, perubahan status, dan hal-hal lain, baik berupa perencanaan, pelaksanaan, maupun pengendalian kebijakan pimpinan.

Sebenarnya, surat penerimaan untuk suatu posisi dalam suatu organisasi, perusahaan atau institusi apapun cukup umum. Ada berbagai alasan, tergantung kebutuhan transposisi. Namun, tidak banyak hal yang perlu Anda persiapkan sebelum mulai mengajukan atau menerima jabatan yang diamanatkan, dan salah satunya adalah membuat surat penerimaan kerja.

Bagian-bagian surat serah terima yang secara umum dapat ditemukan adalah sebagai berikut.

  • Nama, jabatan, alamat, dan informasi lain dari pihak yang mengalihkan
  • waktu serah terima
  • Tempat serah terima
  • Tanda tangan pemindah

Contoh surat serah terima jabatan


                                                        PT. Maju Mundur

                                                Jl. Merdeka, No. 67 Bandung

                                        Telp.  (022) 1234567 Fax. (022) 1234567

Perihal: Serah terima jabatan

Nomor Surat: 02/SSTJ/X/2022

SURAT SERAH TERIMA JABATAN


Sehubungan akan berakhirnya masa jabatan sebagai kepala Personalia  PT. Maju Mundur, maka:

Nama: Fulan

Jabatan: kepala Personalia

Alamat: Jl. Bumi, No. 222 Bandung

Yang sebut sebagai pihak pertama.  akan menyerahkan jabatannya kepada:

Nama: Folan

Jabatan: Staff 

Alamat: Jl. Planet No. 89 Bandung

Sebagai pihak kedua yang  menerima jabatan dari pihak pertama.

Pihak 1telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dan tuntas. Pihak 2 dengan ini menerima posisi yang diberikan kepadanya.

                                                                                                    Bandung, 04 july 2022


Pihak Pertama                                                                                  Pihak Kedua

Download Template  Contoh Surat Serah Terima Jabatan Format Word .Doc Gratis Disini

Perlu kita ketahui bahwa surat serah terima ini adalah suatu bentuk tertulis yang benar dan tidak ambigu, ditandatangani oleh kedua belah pihak, untuk suatu perjanjian atau transaksi yang terjadi pada saat serah terima barang/dokumen. 

Kunci utamanya adalah jika transaksi/perjanjian berjalan salah, bukan sebagai alat untuk memaksa pihak lain, tetapi sebagai alat untuk menyelesaikan masalah jika terjadi kerugian atau kegagalan proses. Jadi, ketika masalah atau konflik terkait muncul, surat transfer sangat membantu kami. Surat itu juga dapat berfungsi sebagai pengingat untuk berdagang di periode berikutnya. Setelah transaksi, masing-masing pihak harus memiliki surat atau salinan yang ditandatangani.

Saat mengirimkan dokumen, pekerjaan, atau hal lain kepada rekan kerja kita untuk diproses, rekan kerja tersebut harus menandatangani kolom yang disediakan untuk menyatakan bahwa dia telah menerima barang tersebut dan bahwa rekan kerja tersebut berhak untuk meninjau kembali. Kita sebagai penyedia sesuatu juga harus mencantumkan nama dan tanda tangan.