Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Surat Penangguhan Pembayaran. Free Download Contoh Dok

2 Contoh Surat Penangguhan Pembayaran. Free Download Contoh Dok

Suratpedia.id - Surat Penangguhan Pembayaran. Keterlambatan pembayaran dalam suatu bisnis atau bisnis adalah hal yang wajar untuk dilakukan. Namun, untuk mengajukan pemberitahuan penundaan ini, prosedur terpisah harus diikuti. Salah satunya dengan menerbitkan surat permintaan pembayaran ditangguhkan. Surat di sini dapat diartikan sebagai surat yang dikeluarkan dan dikirimkan oleh debitur atau pembeli kepada kreditur.

Surat ini berisi pemberitahuan bahwa karena faktor dan alasan tertentu ditetapkan bahwa tagihan atau pembayaran tidak dapat dibayar tepat waktu. Untuk pembeli, yang terbaik adalah mengeluarkan surat pembayaran yang ditangguhkan sebelum tagihan jatuh tempo. Hal ini untuk memberitahu kreditur atau pemasok masalah.

Alasan untuk mengirimkan surat penangguhan pembayaran

Pengajuan surat penangguhan pembayaran bukan tanpa alasan. Dalam hal ini pembeli atau pihak yang mengajukan surat mengalami masalah yang serius. Kendala tersebut tidak dapat diatasi, terutama dalam waktu dekat.

Biasanya keterlambatan pembayaran ini terjadi ketika jumlah tagihan cukup besar. Pada dasarnya ada beberapa alasan yang kuat bagi debitur untuk mengajukan surat ini. Berikut adalah beberapa aspek penting dalam surat penangguhan pembayaran yang perlu dipertimbangkan:

1. Harga

Hal ini disebabkan kenaikan harga BBM sebagai patokan utama bagi industri. Selain itu, kondisi bursa juga dapat mempengaruhi pembayaran. Misalnya, kredit macet atau tagihan berdampak buruk pada perkembangan dunia perdagangan.

2. Faktor alam

Anda membacanya dengan benar. Karena faktor alam juga bisa menjadi alasan seseorang mengajukan surat penangguhan pembayaran. Sebagai contoh, bencana alam seperti banjir, gempa bumi dan tsunami dapat menyebabkan kerusakan fisik pada unit bisnis dan mempengaruhi operasional suatu perusahaan atau perusahaan.

3. Bencana dan kejadian tak terduga lainnya

Misalnya, kerugian besar akibat pencurian, perampokan, dll, akan mempengaruhi arus kas perusahaan dan menghadapi ancaman tidak mampu membayar tagihan.

Ada faktor lain yang tidak diantisipasi sebelumnya, seperti kebakaran di lokasi operasi bisnis atau faktor yang membuat aset bisnis tidak dapat beroperasi.

Faktor lainnya adalah adanya pandemi, seperti pandemi Covid-19. Akibatnya, banyak perusahaan atau unit usaha yang tidak dapat beroperasi secara maksimal akibat penurunan daya beli masyarakat. Akibatnya pendapatan atau pendapatan usaha merosot tajam dan tidak bisa membayar tagihan yang ada.

Komponen Dalam Surat Penangguhan Pembayaran

Permintaan pembayaran yang ditangguhkan tidak dapat dilakukan secara sewenang-wenang. Hal ini disebabkan karena faktor-faktor di atas, fungsi surat adalah untuk mengajukan surat keterlambatan dan tidak mampu membayar tagihan.

Oleh karena itu, ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan dalam membuat surat. Sebab, meski tanpa aturan tertulis formal, beberapa komponen tersebut secara umum masih berlaku norma-norma berbisnis (common sense)., antara lain:

1. Debitur atau pembeli meminta maaf dan menjelaskan alasan penangguhan pembayaran. Di sini, Anda sebagai pembeli atau debitur perlu menyebutkan alasan sejelas mungkin untuk menghindari kesalahpahaman dan kesalahpahaman oleh kreditur.

2. Meyakinkan kreditur atau dalam hal ini pemasok tentang kapan utang akan dilunasi. Sekali lagi, skema pembayaran sejelas mungkin. Ini juga mencakup beberapa hal penting lainnya untuk dibahas dalam penyelesaian pembayaran.

3. Tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada kreditur atas kesediaannya untuk memahami keterlambatan pembayaran utang yang ada.

CONTOH SURAT PENANGGUHAN PEMBAYARAN


Bandung, 24 mei 2022


Kepada Yth.,

PT. Maju Terus

Di Tempat


Perihal: Permohonan Penangguhan Pembayaran 


Dengan hormat,

Sesuai dengan nomor invoice: 23445456 tanggal pembelian 12  dan kewajiban  untuk membayar  barang dengan mharga Rp.1.000.000,

Mengenai invoice di atas, perlu kami sampaikan bahwa saat ini kami belum dapat membayar harga barang tersebut. Hal ini dikarenakan bisnis kami saat ini sedang mengalami penurunan penjualan dan pendapatan. Sehubungan dengan ketentuan tersebut, dengan ini kami mohon agar Bapak/Ibu memberikan waktu kepada kami untuk melunasi kewajiban kami. Kami akan melunasi pembayaran selambat-lambatnya 23 juni 2022.

Oleh karena itu, kami menyampaikan pemberitahuan kami. Kami menghargai perhatian dan kerjasama Anda.

Hormat Kami,

Fulan

Download Template Contoh Surat Penangguhan Pembayaran Format Word .Doc Gratis Disini