Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Resmi. Free Download Contoh Dok

2 Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Resmi. Free Download Contoh Dok

Suratpedia.id - Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Resmi. Sesuai dengan namanya, surat pemberitahuan merupakan suatu bentuk penyampaian informasi secara tertulis dalam bentuk surat. Informasi yang diberikan dalam penyampaian tersebut merupakan informasi penting dan mengharuskan setiap orang untuk mengetahui maksud dan tujuan dari pemberitahuan tersebut. Biasanya surat pemberitahuan sering digunakan untuk memberikan atau menyampaikan informasi penting terkait suatu acara yang akan datang.

Pembuatan surat pemberitahuan sering digunakan oleh suatu instansi atau instansi untuk memberitahukan informasi penting terkait instansi tersebut. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pembuatan dan pelaksanaan pemberitahuan semuanya menggunakan sarana teknologi, sehingga bentuknya tidak hanya media offline atau cetak, tetapi juga online.

Dengan adanya akses online tentunya akan semakin memudahkan dan memudahkan banyak orang untuk mencari informasi tersebut. Dapat diakses kapan saja, di mana saja, dengan tetap memperhatikan isi dan tujuan surat produksi.

Tujuan  Surat Pemberitahuan Kegiatan Resmi

Surat pemberitahuan tentunya dikeluarkan untuk menyampaikan informasi atau memberitahukan informasi penting terkait suatu peristiwa atau instansi. Surat harus dibuat untuk memberikan pesan yang jelas kepada pembaca sehingga informasi yang diberikan dapat tersampaikan dengan baik dan benar. Selain itu, surat memiliki fungsi menginformasikan kepada pihak-pihak tertentu yang terlibat dalam pemberitahuan peraturan-peraturan yang harus dilaksanakan atau ditegakkan.

Selain untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan pengirim, pemberitahuan juga memiliki fungsi menginformasikan kepada para pihak untuk melaksanakan pekerjaan yang terdapat dalam isi surat tersebut. Surat ini ditulis dengan tujuan yang penting, sehingga harus diperhatikan cara penulisannya agar pesan yang disampaikan tersampaikan dengan benar dan tidak terjadi kesalahpahaman atau kesalahan dalam membalas pesan tersebut.

Cara Membuat  Surat Pemberitahuan Kegiatan Resmi

Cara pembuatan surat pemberitahuan harus sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan unsur-unsur surat harus diperhatikan dalam pembuatan surat dinas, menunjukkan bahwa surat pemberitahuan adalah surat resmi dan benar untuk membuktikan keasliannya. isinya. Unsur-unsur yang harus diperhatikan dalam membuat surat pemberitahuan antara lain:

Memiliki kop surat atau kop surat

Dalam hal ini kop surat memuat nama instansi atau instansi yang membuat surat tersebut, termasuk logo dan nama instansi tersebut.

Judul surat

Judul surat memberikan informasi tentang isi surat, seperti memberikan deskripsi

Nomor referensi

Setiap organisasi atau instansi memiliki nomor surat yang berbeda-beda tergantung dari undang-undang atau peraturan yang telah dimiliki oleh instansi atau instansi tersebut, dalam hal ini nomor surat digunakan untuk pengarsipan surat melalui sistem persuratan.

Tanggal dan subjek surat

Dalam hal ini, menunjukkan kapan surat itu ditulis dan mengapa serta untuk siapa surat itu ditulis.

Nama dan alamat

Surat pemberitahuan harus mencantumkan nama dan alamat penerima untuk menghindari kesalahan saat menerima surat.

Pembuka

Surat pemberitahuan memiliki pembukaan yang menunjukkan bagian mana dari hati surat itu.

isi

Isi surat pemberitahuan harus tertulis dan rinci agar tidak menghilangkan atau menghilangkan informasi yang diberikan sehingga pembaca mengerti maksud dari surat tersebut.

Bagian penutup

Surat yang memiliki awal pasti ada akhir terima kasih atas perhatian dan harapan agar surat tersebut dapat dieksekusi atau dapat diikuti.

Nama penulis dan tanda tangan

Dalam hal ini, pada saat menulis surat, Anda harus mencantumkan nama Anda dan memberikan tanda tangan untuk organisasi atau instansi tersebut, dan Anda dapat membubuhkan cap bahwa surat tersebut merupakan surat resmi dan surat dari instansi terkait.

2 Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Resmi

  • Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Resmi Sekloah

Download Template Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Resmi Sekloah Format Word .Doc Gratis Disini

  • Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Resmi Rt/Rw

Download Template Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Resmi Rt/Rw Format Word .Doc Gratis Disini

Di antara beberapa unsur di atas yang harus dicantumkan dalam bagian penting surat adalah memberikan informasi sejelas-jelasnya tentang pemberitahuan yang akan dikirimkan dan bahwa informasi tersebut dapat dilihat atau diakses melalui surat pemberitahuan yang diberikan. Pemberitahuan tentang kegiatan atau sesuatu yang berhubungan dengan lembaga atau individu.