Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Surat Block Style. Free Download Contoh Dok

2 Contoh Surat Block Style. Free Download Contoh Dok

Suratpedia.id - Contoh Surat Block Style. Bagi yang masih bingung bagaimana cara membuat surat block style, block style pasti sangat dibutuhkan. Nah, sebelum kita memberikan contoh seperti apa bentuk  block style, ada baiknya kita pahami dulu apa itu surat block style.

Ada banyak sekali bentuk huruf, salah satunya adalah  block style. Bentuk surat ini umumnya cocok untuk surat dinas atau resmi yang digunakan oleh instansi pemerintah atau perusahaan swasta.

Surat Block Style

Block style atau full straight form adalah bentuk yang biasa digunakan oleh instansi/perusahaan untuk menulis surat. Penulisan surat pada formulir ini hampir sama dengan bentuk Full Block Style, yaitu nomor, alamat tujuan, sapaan, lampiran dan salinan diletakkan di margin kiri, dan awal paragraf dimulai dari margin kiri.

Namun untuk penulisan suratnya terletak pada letak tanggal, salam penutup, nama penandatangan, dan letak penanda diletakkan di sisi kanan surat.

Bagian-bagian dalam surat block style

1. Kop Surat (Kop Surat)

Di bagian paling atas surat adalah kop surat atau kop surat. Kop surat berisi informasi tentang nama, logo, identitas, dan alamat kantor organisasi pengirim. Kop surat juga penting sebagai media promosi bagi instansi atau perusahaan pengirim.

2. Tempat dan tanggal surat

Lokasi dan tanggal surat dicantumkan untuk memberikan informasi tentang kapan dan ke mana surat itu dikirim. Jika surat ditujukan ke alamat instansi pada kop surat, terkadang letak surat tidak dicantumkan lagi, tetapi terkadang ada.

3. Nomor surat

Penggunaan alfanumerik umumnya meliputi nomor urut abjad, kode abjad, tanggal, bulan, dan tahun penulisan abjad. Tujuan dari nomor surat adalah untuk memudahkan organisasi dan penyimpanan surat, dan untuk mengidentifikasi jumlah surat yang dikeluarkan oleh suatu instansi.

4. Lampiran

Bagian lampiran adalah surat instruksi yang berisi informasi tentang file atau dokumen lain. Misalnya, jika tidak ada file atau dokumen yang dilampirkan, bagian lampiran dihilangkan. Lampiran tulisan yang disertakan dapat diilustrasikan dalam lembaran, salinan, atau dokumen dalam bentuk surat dalam jumlah yang cukup. Jika lebih besar dari sepuluh, ditulis sebagai angka.

5. Subjek/Tentang

Tujuan dari bagian item surat adalah untuk menjelaskan kepada pembaca pentingnya dan isi utama surat itu. Singkatnya, hal atau subjek hampir sama dengan judul surat. Program untuk menulis tentang suatu hal atau topik tidak ditulis dengan huruf kapital semua, tetapi hanya pada huruf pertama dari kata utama. Tidak perlu menempatkan titik di akhir suatu hal atau subjek.

6. Alamat tujuan

Alamat tujuan juga merupakan bagian dari surat, alamat dari mana surat itu dikirim. Ada dua alamat tujuan, yaitu alamat luar yang tertulis pada amplop dan alamat dalam yang tertulis di bagian dalam surat. Alamat di sampul depan harus ditulis lengkap, sedangkan di bagian dalam, alamat tujuan hanya boleh ditulis sebagian.

7. Salam Pembuka

Peran salam adalah membuka percakapan dalam surat dengan cara yang sopan. Salam pembuka berisi salam umum. Menulis salam dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan koma.

8. Isi surat

Bagian ini merupakan bagian inti surat, isi surat. isi surat terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian awal, inti, dan penutup.

9. Penutup

Kata penutup ada di akhir surat.a Dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan koma.

10. Nama dan tanda tangan pengirim

Di bagian bawah surat, nama pengirim dan tanda tangan harus ada. Nama yang tercantum adalah nama lengkap atau lengkap pengirim atau pengirim yang bertanggung jawab. Itu juga membawa tanda tangan pengirim.

2 Contoh Surat Block Style

  • Contoh Surat Block Style

Download Template Contoh Surat Block Style Format Word .Doc Gratis Disini

  • Contoh Surat Block Style

Download Template Contoh Surat Block Style Format Word .Doc Gratis Disini