Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Contoh Surat Undangan Setengah Resmi. Free Download Free Dok

3 Contoh Surat Undangan Setengah Resmi. Free Download Free Dok

Suratpedia.id - Surat Undangan Setengah Resmi. Surat adalah alat komunikasi tertulis yang banyak digunakan. Untuk menulis surat yang baik, kita harus dapat memilih bahasa yang digunakan dalam surat, bentuk dan gaya surat, ide atau tema, mengkomunikasikannya dengan jelas, dan dapat menyusun pertanyaan secara runtut.

Surat Undangan Setengah Resmi adalah surat yang digunakan untuk berbagai keperluan (tidak resmi), seperti undangan pengabdian masyarakat, izin tidak sekolah, pembelian pertunjukan seni, sekolah, yayasan, atau perusahaan.

Undangan setengah resmi adalah undangan kepada individu atau lembaga atau organisasi atas nama individu.

Surat setengah resmi seringkali ditandai dengan tidak adanya kop surat, namun sering digunakan oleh institusi yang belum banyak digunakan, seperti perusahaan start-up, atau organisasi yang masih dalam tahap start-up dan belum memiliki izin resmi.

Bagian dari Surat Undangan Setengah Resmi

Bagian dari surat undangan setengah resmi meliputi:

1. Kop Surat

Kop surat berisi identitas dari agen penulis. Biasanya disertai dengan logo lembaga, alamat resmi lembaga dan nomor telepon. Beberapa agensi bahkan menyertakan alamat email agensi tersebut.

2. Tempat dan tanggal penulisan

Lokasi dan tanggal pengiriman pada undangan resmi akan mencantumkan lokasi dan tanggal pengiriman. Format penulisan tanggal pada surat dinas yang benar, 

3. Nomor surat

Angka abjad adalah lambang berupa angka atau kombinasi alfanumerik yang dicantumkan dalam huruf-huruf suatu organisasi, lembaga, atau badan usaha, sesuai dengan nomor arsip atau buku agenda surat-menyurat keluar yang terkait dengan huruf-huruf tertentu. Biasanya mencantumkan nomor urut surat yang ditulis, kode surat, tanggal, bulan dan tahun surat ditulis.

4. Hal

Surat disebut juga subjek surat atau subjek surat.

5. Alamat surat

Bagian ini menjelaskan nama dan alamat tujuan surat akan dikirim.

6. Salam

Sapaan dalam undangan resmi selalu ditulis di sebelah kiri. Huruf pertama salam ditulis dengan huruf kapital dan diakhiri dengan koma.

7. Isi surat

Undangan resmi berisi waktu, tempat dan acara undangan.

8. Penutup

Cantumkan ucapan terima kasih di akhir surat undangan resmi.

9. Penutup Surat

Ucapan penutup pada undangan formal biasanya ada di pojok kiri bawah. Salam penutup di awal kata ditulis dengan huruf kapital.

10. Nama pengirim

Nama pengirim pada undangan resmi ini tertulis di pojok kiri bawah. Biasanya undangan resmi ditandatangani dan dibubuhi stempel atau stempel institusi.

Cara Membuat Surat Undangan Setengah Resmi.

Buat bagian kop surat yang mencantumkan logo, nama, alamat, dan detail kontak lembaga atau organisasi yang bersangkutan. Bagian header dari jenis surat setengah resmi sebenarnya tidak diperlukan

Tanggal surat dibuat, meliputi nama, lokasi dan tanggal surat. Ini penting untuk membantu penerima mengetahui kapan surat itu ditulis

Membuat nomor surat yang menjadi ciri surat dinas yang sebenarnya dan tidak perlu digunakan untuk surat dinas. Nomor tersebut terdiri dari kode surat yang dikirim, identitas lembaga pendidikan dan tahun pembuatan surat.

Menulis tentang topik atau hal, seperti siapa dan untuk apa menulis. Dalam hal ini, subjek surat berarti menjelaskan tujuan yang mendasari mengapa surat itu ditulis.

Buat alamat, dijelaskan dengan memberikan informasi jalan, nomor, jalan, kabupaten atau kota dan provinsi untuk institusi sekolah terkait

Melakukan bagian pendahuluan, termasuk salam pembuka, awal surat, biasanya untuk agama Islam disebut Assalmualaikum Wr. Wb artinya hormat atau sopan santun.

Sejajarkan konten dengan tema yang ingin disampaikan, ringkas, dan padat. Isi email akan merinci waktu, lokasi atau lokasi acara dan kapan akan berlangsung.

Penutup, sebagai bagian dari bentuk hormat atau sopan, dan menunjukkan akhir surat. Dalam Islam, ungkapan "Assalmualaikum Wr. Wb" dapat digunakan.

Tanda Tangan dan Penanggung Jawab, bagian ini berisi nama lengkap pihak yang bertanggung jawab atas acara yang dijelaskan pada bagian surat.

3 Contoh Surat Undangan Setengah Resmi

  • Contoh Surat Undangan Setengah Resmi