Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Dinas Yang Baik dan Benar. Free Download Contoh Dok

Contoh Surat Dinas Yang Baik dan Benar. Free Download Contoh Dok

Suratpedia.id - Contoh Surat Dinas. Mengeluarkan perintah, undangan, atau surat resmi lainnya mengenai kegiatan organisasi. Lalu apa saja contoh surat dinas yang baik? Sebelum membahas surat dinas lebih jauh, tentunya ada baiknya memahami apa itu surat dinas? Jadi apa gunanya membuat surat? Bagian apa yang harus ada dalam dokumen? Ada banyak masalah lain yang tak terhitung jumlahnya. Setelah membaca artikel ini Anda akan tahu jawabannya.

Tujuan pembuatan surat dinas adalah untuk memberikan informasi antar instansi melalui media surat dinas. Bagi mantan anggota OSIS, Anda pasti sudah familiar dengan surat resmi, karena organisasi biasanya menggunakan surat untuk menyampaikan informasi kepada anggotanya.

Ada banyak contoh surat resmi yang bertebaran secara online, namun sedikit yang membahas tentang apa surat itu dibuat dan bagaimana cara membuatnya. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang surat resmi.

Pengertian Surat Dinas

Surat dinas adalah salah satu media komunikasi tertulis yang dihasilkan oleh instansi, pejabat, organisasi, atau instansi pemerintah dan swasta untuk menyampaikan informasi tentang pelayanan.

Karena surat tersebut ditulis oleh seseorang yang memegang jabatan penting dalam pemerintahan atau suatu perusahaan, maka surat ini juga biasa disebut dengan surat dinas. Selain itu, surat dinas dapat juga disebut surat dinas karena biasanya dikeluarkan oleh instansi resmi seperti pemerintah atau perusahaan swasta yang mempunyai kewenangan untuk menghasilkan surat.

Jenis-jenis Surat Dinas

Surat dinas sendiri terbagi menjadi berbagai jenis sesuai dengan fungsi dan pengirimnya. Ada juga surat resmi dari individu yang mengundang seseorang untuk bertindak sebagai motivator atau pelatih untuk meningkatkan kinerja. Ada juga surat yang ditulis untuk menyampaikan informasi. Berikut ini adalah jenis-jenis surat dinas.

Surat Permohonan Surat Dinas

Surat lamaran ini berisi permohonan atau permintaan kepada pihak lain. Misalnya, meminta seseorang untuk mengisi acara seperti seminar. Mungkin aplikasi lisensi, aplikasi transfer/mutasi tugas, dan meminjam sesuatu.

Surat ini biasanya dikirim ke badan berstruktur lebih tinggi dalam organisasi. Sedangkan untuk instansi atau pejabat yang berpangkat lebih rendah lebih tepat disebut dengan surat permintaan atau surat tugas. Surat lamaran harus menyebutkan hal-hal berikut.

  • Identitas pemohon
  • Isi permohonan.
  • Tujuan dan alasan pemohon.
  • Batas waktu maksimal untuk menjawab permohonan.
  • Pernyataan kesungguhan dalam memohon.
  • Surat Pemberitahuan

Surat ini biasanya berisi informasi baru yang akan disebarluaskan kepada pihak lain yang terkait dengan informasi tersebut. Surat ini hanya untuk informasi saja, jadi tidak perlu dibalas atau dibalas dalam bentuk surat. Umumnya, pemberitahuan dikeluarkan dengan cara sistematis berikut.

  • Bagian pembuka berisi masalah utama penulisan surat.
  • Bagian konten berisi rincian, deskripsi, deskripsi atau penjelasan dari masalah utama yang akan diberitahukan.
  • Bagian penutup ingin pihak sasaran memahami apa yang disampaikan.
  • Surat keterangan

Surat ini biasanya berisi pernyataan resmi tentang identitas atau kondisi seseorang yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang.

Selain itu, ada surat keterangan tidak mampu yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah dan surat pengalaman kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan. Kredensial biasanya dikeluarkan oleh pimpinan atau pejabat senior lembaga atas permintaan pemangku kepentingan. Inilah yang harus disertakan dalam sertifikat.

  • Data pribadi dan posisi pihak pemberi informasi.
  • Data pribadi dari pihak yang dijelaskan.
  • Isi informasinya.
  • Sebutkan tanggal efektif surat tersebut.
  • Pernyataan bahwa informasi yang diberikan adalah benar.

Cara  Surat Dinas Yang Baik dan Benar

Saat menulis surat resmi, bahasa standar biasanya digunakan. Ada syarat dan aturan tertentu yang harus dipenuhi untuk membuat surat dinas, antara lain penggunaan bahasa dinas yaitu bahasa Indonesia dengan ejaan yang berlaku. 

Contoh Surat Dinas Yang Baik dan Benar.

Download Template Contoh Surat Dinas Format Word .Doc Gratis Disini