Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Contoh Surat Teguran. Free Download Contoh Dok

 

4 Contoh Surat Teguran. Free Download Contoh Dok

Suratpedia.id - Contoh Surat Teguran. Surat teguran atau peringatan berfungsi sebagai pemberitahuan kepada karyawan. Namun dalam penerapannya, surat tersebut dapat dijadikan sebagai himbauan agar karyawan tersebut tidak melakukan kesalahan lagi. Contoh surat peringatan adalah surat peringatan kepada pegawai yang berbuat salah. Umumnya, masa percobaan untuk surat peringatan adalah 1 bulan.

Setiap surat peringatan memiliki jangka waktu yang sama. Jika pegawai menerima Surat Peringatan 1, maka masa percobaannya adalah 1 bulan. Jika dalam waktu 1 bulan karyawan tidak melakukan kesalahan, maka surat teguran tersebut akan disita. Namun, jika karyawan terus melakukan kesalahan selama masa percobaan, karyawan akan menerima surat peringatan 2, dan seterusnya.

Pengertian Contoh Surat Teguran

Surat teguran adalah surat pemberitahuan yang berisi peringatan kepada pegawai yang melakukan kesalahan. Kutukan yang dikeluarkan dapat berupa kutukan baik dan kutukan buruk. Pada dasarnya, ada 3 surat peringatan. Surat Peringatan 1(SP1), Surat Peringatan 2(SP2) dan Surat Peringatan 3(SP)3. Reward juga disesuaikan dengan kesalahan karyawan.

Jika dalam prakteknya karyawan tersebut baru pertama kali melakukan kesalahan, maka harus diberikan surat peringatan1. Jika seorang karyawan melakukan kesalahan yang sama untuk kedua kalinya, dia akan menerima surat peringatan 2 beserta efek jera.

Namun, jika karyawan tersebut melakukan kesalahan yang ketiga kalinya dan dalam kondisi yang mematikan. Kemudian diterbitkan 3 surat peringatan dan surat keputusan pemutusan hubungan kerja.

Fungsi Surat Teguran

Fungsi pertama dari surat peringatan adalah memberikan teguran tertulis kepada pegawai yang melanggar tata tertib atau peraturan perusahaan yang ada.

Membantu karyawan

Fungsi selanjutnya adalah mengharapkan karyawan memperbaiki sikap dan perilakunya sebelum perusahaan memberikan sanksi yang keras. Pengusaha, pekerja/buruh, serikat pekerja/serikat buruh dan pemerintah harus melakukan segala upaya untuk mencegah pemutusan hubungan kerja, sebagaimana diatur dalam Pasal 151(1) UU Ketenagakerjaan. Oleh karena itu, karyawan dapat mempromosikan diri terlebih dahulu untuk menghindari pemecatan langsung dari perusahaan.

Memperbaiki kinerja karyawan

Saat pertama kali pegawai menerima surat peringatan atau SP 1, surat tersebut berlaku selama 6 bulan. Surat kepada karyawan yang melanggar berlaku selama enam bulan. Oleh karena itu, surat tersebut secara tidak langsung berperan sebagai masa perbaikan selama 6 bulan bagi karyawan untuk memperbaiki sikap dan perilakunya. Jika pegawai masih melakukan pelanggaran atau kesalahan pada saat perbaikan maka pegawai akan menerima surat teguran selanjutnya yaitu SP 2 sampai dengan SP 3.

Upah karyawan

Bagi pegawai yang telah memperoleh SP 1 sampai dengan SP 3 akan dikenakan sanksi berupa pemutusan hubungan kerja oleh perusahaan. Sesuai dengan Pasal 161 (3) UU Ketenagakerjaan, yang memuat ketentuan tentang pesangon bagi karyawan yang akan diberhentikan atau diberhentikan satu kali berdasarkan Pasal 156 (2) UU Ketenagakerjaan.

Selain itu, karyawan akan menerima insentif dan kompensasi hak selama masa kerja mereka. Penyediaan uang diatur oleh pasal 156(3) dan (4) UU Ketenagakerjaan. Jika seorang karyawan memilih untuk mengundurkan diri, perusahaan tidak diwajibkan untuk memberikan pesangon dan upah minimum. Namun, perusahaan hanya akan membayar kompensasi yang harus dibayarkan kepada karyawan.

Contoh Surat Teguran

Contoh surat peringatan ini adalah surat peringatan atau biasa disebut dengan surat pemutusan hubungan kerja. Setelah karyawan menerima surat ini, karyawan tersebut akan dibebaskan dari tugas-tugas penting, tetapi karyawan tersebut akan dikenakan periode pemantauan selama 1 minggu.

  • Contoh Surat Teguran

Download Template Contoh Surat Teguran Format Word .Doc Gratis Disini

  • Contoh Surat Teguran SP1

Download Template Contoh Surat Teguran SP1 Format Word .Doc Gratis Disini

  • Contoh Surat Teguran SP2

Download Template Contoh Surat Teguran SP2 Format Word .Doc Gratis Disini

  • Contoh Surat Teguran SP3

Download Template Contoh Surat Teguran SP3 Format Word .Doc Gratis Disini


Surat teguran tersebut diharapkan dapat digunakan oleh karyawan sebagai bahan renungan sebagai bentuk teguran itikad baik agar karyawan dapat membantu kinerja perusahaan menjadi lebih baik. Perusahaan menerbitkan surat peringatan sesuai dengan undang-undang dan peraturan perusahaan itu sendiri. Oleh karena itu, mengeluarkan surat peringatan bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan dengan mudah.