Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Contoh Surat Tidak Resmi. Free Download Contoh Dok

 

3 Contoh Surat Tidak Resmi. Free Download Contoh Dok

Suratpedia.id - Surat tidak resmi dan resmi di dunia digital ini mudah ditemukan. Sebagian besar sudah beralih ke aplikasi chat seperti wa, bbm, messenger, telegram, dll.

Akibatnya, surat yang pernah menjadi media pertukaran berita dan informasi itu terancam punah. Korespondensi tidak resmi tidak terkecuali.

Sedangkan surat memiliki sisi yang berbeda dari aplikasi obrolan, aplikasi obrolan terlihat sederhana dan tidak mengeksploitasi imajinasi pengirim pesan (pengguna aplikasi obrolan).

Dibandingkan dengan penulis surat, mereka lebih leluasa memasukkan unsur jiwa dan emosi dalam setiap kata dan kalimatnya.

Jadi efek yang sangat nyata pada zaman dahulu adalah banyak ditemukan penulis handal di dunia fiksi. Mungkin salah satu alasannya karena mereka terbiasa berkirim surat.

Pengertian surat tidak resmi

Surat informal adalah surat yang dapat Anda gunakan untuk tujuan atau situasi informal.

Contoh surat tidak resmi antara lain surat untuk tujuan pertemanan atau pertemanan, surat untuk berbagi kabar dengan orang tua atau keluarga, dll.

Mungkin Anda menulis surat informal saat berada di sekolah. Misalnya kamu jatuh pada teman sekelas, hehe, (mungkin ditemui oleh generasi yang lebih tua, tidak akrab dengan aplikasi chatting).

Surat-surat informal biasanya ditulis dalam bahasa sederhana atau bahasa lisan.

Ini berarti Anda tidak perlu menggunakan bahasa standar. Surat tidak resmi tidak memiliki persyaratan khusus yang sama dengan surat resmi dalam hal menulis surat.

Yang penting dari menulis surat informal adalah mudahnya penerima surat memahami apa yang Anda tulis atau pesan yang ingin Anda sampaikan dalam surat tidak resmi. Lantas, apa saja ciri-ciri surat tidak resmi?

Berbeda dengan surat resmi, surat tidak resmi digunakan dalam situasi tidak resmi. Misalnya undangan ulang tahun.

Surat informal ditandai dengan tidak adanya kop surat seperti surat resmi dan tidak ada bahasa informal. Namun, masih menggunakan bagian surat yang berurutan, termasuk awal, isi, dan akhir.

Jika Anda ingin membuat contoh surat informal tanpa berantakan, itu juga tidak masalah. Namun, alangkah baiknya jika ada koherensi sehingga penerima dapat dengan mudah menangkap dan memahami pesan Anda.

Umumnya, di awal surat tidak resmi, Anda akan melihat beberapa bagian surat yang berisi salam, doa, harapan, dan harapan.

Pada bagian isi akan ditulis bagian yang berisi informasi utama dari surat tidak resmi.

Nah, pada bagian terakhir atau penutup hanya berisi salam penutup kepada orang yang menerima surat tersebut.

3 Contoh Surat Tidak Resmi

Contoh Surat Tidak Resmi untuk orang tua

Orang tua saling mencintai sepanjang jalan, tetapi anak-anak hanya mengikuti yang ekstrem. Meski begitu, jika kita merantau jauh dari desa, tolong beri tahu orang tua kita bahwa mereka terkadang tidak pernah lupa untuk mendoakan kita.

Download Template Contoh Surat Tidak Resmi untuk orang tua Format Word .Doc Gratis Disini

Contoh Surat Tidak Resmi untuk guru

Biasanya, surat ini kebanyakan ditulis oleh siswa yang akan lulus dan meninggalkan sekolah sebagai bagian dari perpisahan mereka. Surat ini untuk guru favorit mereka yang telah menjadi panutan mereka.

Memiliki teman atau sahabat dari jauh memang membuat kita sulit untuk bertemu, berpesta, mengobrol atau bermain.

Namun, Anda dapat mengundang mereka ke rumah Anda dengan surat:

Download Template Contoh Surat Tidak Resmi untuk guru Format Word .Doc Gratis Disini

Contoh Surat Tidak Resmi untuk teman

Dalam proses berteman, tidak jarang satu atau dua orang menjadi teman. Bukan hal yang aneh untuk merasakan keinginan untuk hang out bersama teman-teman ketika sudah lama tidak bertemu.

Berikut adalah gambaran singkat tentang surat tidak resmi dan ciri-ciri serta contoh surat tidak resmi. Memang benar bahwa teknologi berkembang semakin kompleks dan sangat mudah untuk berkomunikasi.

Download Template Contoh Surat Tidak Resmi untuk teman Format Word .Doc Gratis Disini


Namun, bukan berarti Anda tidak bisa berkomunikasi hanya dengan menggunakan huruf. Beberapa bahkan percaya bahwa surat masih layak dilestarikan sebagai media komunikasi.


Melalui surat, kami juga mengungkapkan pikiran kami tentang teman, teman, keluarga, orang tua, guru di sekolah, dll.