Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Contoh Surat Peminjaman Barang. Free Download Contoh Dok

 

3 Contoh Surat Peminjaman Barang. Free Download Contoh Dok

Suratpedia.id - Contoh Surat Peminjaman Barang. Meminjam dari suatu lembaga atau kantor memerlukan izin resmi. Padahal, pinjaman itu resmi dan perlu ditandatangani oleh pemimpin. Selain itu, kop surat pemohon diperlukan. Surat pinjaman dapat diterbitkan oleh perusahaan, lembaga, organisasi atau individu. Ini adalah referensi untuk surat pinjaman dan Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Perlu diperhatikan bahwa menulis surat tidak bisa sembarangan, karena surat merupakan cerminan dari lembaga atau tempat pengirim. Sehingga penulisan surat yang buruk atau tidak rapi tentunya juga mempengaruhi citra institusi.

Surat pinjaman berisi alasan pinjaman dan rincian pinjaman. Tidak perlu bertele-tele. Cukup singkat.

Peran Surat Peminjaman Barang.

  • Media resmi meminjam kebutuhan logistik

Dalam kegiatan administrasi suatu perusahaan, berkirim surat merupakan bentuk formal dari niat, tindakan, dan hubungan dengan dunia luar. Dengan bentuk resmi, artinya surat tersebut memang dikeluarkan oleh badan usaha yang sah dan diakui. Selain itu, surat resmi tersebut juga menegaskan bahwa tujuan pinjaman logistik diketahui semua pihak yang terlibat.

Aspek-aspek ini akan meyakinkan pemasok barang bahwa perusahaan Anda dapat dipercaya. Jadi tidak diragukan lagi bahwa niat Anda adalah untuk dapat menyatakan kondisi barang sebelum dipinjamkan.

  • Memastikan kesesuaian barang

Mengirimkan surat pinjaman kargo juga akan membantu Anda mencocokkan kargo yang Anda minta dengan kargo yang dipinjamkan. Karena perusahaan Anda bukan satu-satunya peminjam. Di sisi lain, masih banyak badan usaha lain yang juga membutuhkan bantuan pinjaman inventaris dari pemasok yang sama. Jadi mungkin ada kesalahan yang tidak disengaja yang menyebabkan item berbeda dari item yang Anda kirimkan.

  • Jadilah bukti kuat saat kamu mengeluh

Pertama, pastikan pemasok komoditas telah menyetujui surat lamaran Anda. Perjanjian tersebut menyatakan bahwa mereka dapat memasok dan meminjamkan barang kepada Anda. Jadi, ketika Anda menemukan barang yang tidak sesuai dengan surat yang disetujui, gunakan surat pinjaman sebagai bukti kuat.

Tunjukkan item apa pun dengan spesifikasi yang jelas dalam surat itu. Oleh karena itu, Anda dapat meminta penyedia jasa untuk mengganti barang yang dipinjamkan sesuai dengan surat yang telah disepakati.

Bagian Penting Surat Pinjaman Barang

  • Kop Surat

Bagian di atas surat ini akan dengan jelas mengidentifikasi perusahaan Anda. Mulai dari logo, nama bisnis, alamat perusahaan, hingga semua kontak yang bisa Anda hubungi.

Dengan memasukkan kop surat secara tidak langsung juga akan memberikan kesan resmi pada surat tersebut. Jika ada sesuatu yang perlu diselesaikan di masa depan, akan lebih cepat menggunakan informasi identitas yang ada.

  • Nomor

Untuk memudahkan pengarsipan segala jenis surat menyurat, cantumkan juga nomor surat yang sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) perusahaan Anda. Ini akan sangat membantu saat menulis surat ini karena terstruktur dengan rapi dan mudah ditemukan.

  • Lampiran

Memberikan informasi dalam lampiran berarti Anda secara tegas bermaksud untuk meminjam barang tersebut. Sedangkan bagi peminjam, informasi ini memudahkan dalam membaca maksud surat, sehingga permohonan Anda dapat disetujui terlebih dahulu.

  • Pembuka Surat

Isi profil aktivitas bisnis Anda di awal. Kalaupun perlu dijelaskan proses produksinya bagaimana. Dengan cara ini, peminjam memahami pentingnya fitur komoditas yang Anda butuhkan dalam mendukung produksi.

  • Isi

Di bagian ini, Anda bisa curhat tentang niat Anda terhadap barang yang ingin Anda pinjam. Untuk kejelasan yang lebih besar dan untuk menghindari kesalahan, jelaskan juga spesifikasi besar hingga kecil dari proyek. Pada saat yang sama, jika Anda merasa perlu, Anda juga dapat menambahkan hak dan kewajiban serta cara memelihara proyek.

Jangan lupa juga mencantumkan jangka waktu penempatan dan peminjaman barang. Informasi ini juga akan menjadi batas waktu yang valid sampai diminta kembali. Jadi pastikan jangka waktu yang Anda komitmenkan cukup sampai produk selesai dibuat.

  • Tanda Tangan

Surat tersebut menjadi efektif setelah ditandatangani oleh para pihak. Misalnya, jika perusahaan Anda memiliki departemen logistik, ia akan memberikan tajuk departemen untuk memberi tahu Anda sumber surat itu. Dan jangan lupa sertakan tanda tangan sekretaris sebagai pihak yang menulis surat dan tanda tangan Anda sebagai pemilik usaha.

Contoh Surat Peminjaman Barang