Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Contoh Surat Hibah Tanah. Free Download Contoh Dok

 

3 Contoh Surat Hibah Tanah. Free Download Contoh Dok

Suratpedia.id - Contoh Surat Hibah Tanah. Sebagai aset, properti (tanah atau rumah) terkadang ditemukan untuk diberikan atau diserahkan kepada pihak lain. Salah satu harta yang sering diberikan adalah tanah, proses hibahnya sendiri cukup lama dan salah satu hal yang harus disiapkan adalah membuat surat hibah. Nah, bagi yang ingin memberikan hibah kepada pihak lain, berikut adalah contoh surat hibah tanah yang bisa Anda buat.

Pengertian Surat Hibah Tanahh

Hibah adalah pemberian yang diberikan kepada orang lain oleh seseorang yang masih hidup. Hibah dapat diwujudkan dalam bentuk beberapa barang bergerak dan beberapa barang tidak bergerak. Ada juga beberapa contoh harta tidak bergerak yang sering dijumpai, yaitu harta benda dan tanah.

Selain dapat diberikan kepada masyarakat, hibah juga dapat diberikan kepada yayasan sosial, pendidikan atau keagamaan. Hibah biasanya dirancang untuk memberikan hadiah sebagai bentuk dukungan seseorang terhadap suatu institusi.

Akan tetapi, banyak orang menyamakan pengertian hibah dengan warisan, meskipun memiliki pengertian yang berbeda. Perbedaan antara hadiah dan warisan adalah orang yang memberikannya, dan warisan adalah hadiah yang diberikan oleh almarhum. Berbeda dengan hibah bagi mereka yang masih hidup.

Warisan yang biasa disebut dalam undang-undang hadiah adalah hadiah wasiat. Pasal 957 sampai dengan 972 KUHPerdata mengatur tentang pemberian wasiat itu sendiri. Pasal 957 KUHPerdata menyatakan: “Warisan adalah suatu perjanjian khusus dimana pewaris memberikan kepada seseorang atau lebih sesuatu atau segala sesuatu dan jenis tertentu, misalnya semua barang bergerak atau barang tetap, atau penggunaan sebagian atau seluruh harta benda. barang".

Persyaratan Hibah Tanah

Ada beberapa syarat yang harus Anda perhatikan saat melakukan jual beli tanah, berikut beberapa di antaranya.

Informasi pemberi

Jangan lupa mencantumkan nama penyedia tanah, ini sangat penting agar tidak terjadi sengketa hak di kemudian hari. Untuk informasi lengkapnya, jangan lupa sertakan alamat lengkap, pekerjaan, dan nomor KTP pihak penyedia tanah.

Informasi Penerima

Tuliskan informasi tentang siapa penerima hibah. Mulailah dengan nama lengkap penerima, pekerjaan, alamat, nomor ID. Sebelum mengalihkan tanah, penerima pengalihan harus memeriksa keaslian sertifikat tanah untuk menghindari sengketa tanah di kemudian hari.

Hibah informasi tanah

Jangan lupa untuk menuliskan informasi mengenai tanah yang dihibahkan, mulai dari lokasi hibah tanah, luas tanah hingga nomor sertifikat tanah yang terdaftar di Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Pentingnya Membuat Surat Hibah Tanah

Dalam kegiatan donasi, perumusan peralihan tanah memegang peranan yang sangat penting. Hal ini karena hibah biasanya dalam jumlah yang cukup besar. Oleh karena itu, pemberian hibah tanah kepada seseorang memerlukan bukti yang kuat sehingga tidak ada kemungkinan adanya tuntutan terhadap pihak yang menerima tanah tersebut.

Untuk menghindari potensi yang tidak diinginkan ini, yang perlu dilakukan hanyalah memberikan hibah, yang juga harus disertai dengan surat persetujuan dari ahli waris penerima hibah (misalnya anak kandung). Tidak hanya itu, pemberiannya juga harus memenuhi hak mutlak ahli waris untuk mewarisi sebagian dari hukum yang ditentukan oleh undang-undang.

Menurut ketentuan subsidi dalam KUHPerdata, ketentuan yang harus diperhatikan dalam melaksanakan subsidi adalah persyaratan yang digunakan. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang persyaratan hibah, termasuk:

1. Penyedia dan penerima hibah adalah orang dewasa yang cukup umur menurut hukum.

2. Pelaksanaan hibah harus dilakukan dengan asli akta notaris dan disimpan di kantor notaris.

3. Hibah untuk orang di bawah umur dapat diterima oleh orang yang menjalankan wewenang sebagai orang tua.

3 Contoh Surat Hibah Tanah

Contoh Surat Hibah Tanah untuk Masjid