Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa. Free Download Contoh Dok

 

2 Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa. Free Download Contoh Dok

Suratpedia.id - Surat rekomendasi beasiswa adalah surat yang ditulis oleh seseorang yang berwenang atau yang dapat menunjukkan kesanggupan pelamar untuk menerima beasiswa. Permohonan beasiswa yang sulit membuat penerima hanya sedikit. Surat rekomendasi beasiswa digunakan untuk mendukung profil pelamar dan berasal dari pihak terpercaya yang memberikan rekomendasi berdasarkan jabatan atau jabatan.

Biasanya, surat rekomendasi beasiswa ditulis dari wawancara atau diskusi singkat antara pemberi rekomendasi dan pelamar beasiswa. Diskusi ini dilakukan untuk koordinasi dan kesepahaman sebelum menerima surat rekomendasi beasiswa, serta beberapa hal terkait kesiapan dan kemampuan pelamar.

Format Surat Rekomendasi Beasiswa

Selain pentingnya memberikan masukan dalam observasi wawancara sederhana, surat rekomendasi beasiswa menggunakan berbagai format umum. Format surat rekomendasi beasiswa antara lain sebagai berikut,

1. Kop Surat

Format surat rekomendasi beasiswa biasanya membutuhkan kop surat atau kop surat. Sebab, pihak yang mengajukan proposal pasti akan berlindung di suatu lembaga, baik itu lembaga pendidikan maupun perusahaan. Surat rekomendasi beasiswa yang baik diputuskan oleh orang yang memiliki nama institusi karena dianggap sangat berharga dan profesional.

Adanya kop surat dalam surat rekomendasi beasiswa juga berarti bahwa surat rekomendasi beasiswa diberikan atas nama institusi. Hal ini memberikan semacam kepercayaan kepada pelamar beasiswa dari institusi ketika mengajukan beasiswa tertentu. Selain itu, pemberian surat rekomendasi beasiswa juga berarti pelamar dianggap kredibel dan layak mendapat rekomendasi dari institusi tertentu.

2. Judul surat

Judul surat rekomendasi beasiswa biasanya dibuat oleh masing-masing pemberi rekomendasi. Bisa berupa gelar dinas, kalimat “siapa yang boleh terlibat”, atau bahkan bukan gelar melainkan nomor surat, seperti surat dinas berupa surat yang menyatakan bahwa surat tersebut merupakan rekomendasi beasiswa oleh orang yang memegang posisi tertentu di lembaga tanda.

3. Penomoran tanggal dan surat

Tanggal dan nomor surat merupakan hal yang lumrah dicantumkan oleh suatu lembaga ketika mengeluarkan surat rekomendasi beasiswa. Tanggal umumnya didasarkan pada waktu ditandatanganinya surat rekomendasi beasiswa. Sedangkan nomor surat ditentukan oleh bagian administrasi atau bagian/bagian/departemen lembaga yang bersangkutan dengan keluar masuknya surat dari lembaga tersebut.

4. Isi surat

Isi surat rekomendasi beasiswa ditulis oleh pemberi rekomendasi berdasarkan pengetahuan mereka tentang kemampuan atau kualitas akademik pelamar beasiswa. Isi surat rekomendasi beasiswa ini umumnya akan disertai dengan kalimat pendukung yang berisi dorongan persuasif agar pelamar dapat menerima opsi beasiswa tersebut.

5. Penutup

Kalimat terakhir dari surat rekomendasi beasiswa sering diisi dengan kesediaan untuk memikul tanggung jawab pengarah bagi pemohon beasiswa. Tanggung jawab ini adalah hasil dari pembuatan rekomendasi beasiswa kepada pelamar, sehingga pemberi rekomendasi biasanya akan menyertakan kontak email atau nomor telepon yang dapat dihubungi untuk berkomunikasi dengan penyedia beasiswa.

Penyedia beasiswa dan penyedia rekomendasi umum terkait dalam proses verifikasi, yang meliputi verifikasi keabsahan atau keaslian surat rekomendasi dan verifikasi pelamar beasiswa.

6. Tanda tangani dan stempel

Setiap surat rekomendasi beasiswa harus ditandatangani oleh pemberi rekomendasi. Hal ini sebagai bukti hukum atas keputusan resmi dari pihak-pihak terkait mengenai pemohon beasiswa. Jika perlu, lembaga atau departemen pemberi beasiswa juga perlu membubuhkan stempel yang bersangkutan pada kop surat surat rekomendasi beasiswa.


Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi

Untuk mendapatkan surat rekomendasi tentunya tanyakan langsung kepada atasan, dosen, atau selebritas yang dekat dengan Anda. Misalnya, mahasiswa yang membutuhkan surat rekomendasi untuk mengajukan beasiswa bisa meminta saran kepada dosen atau profesor di kampus saat ini, jangan malu-malu, dan yang terpenting adalah bertanya dengan sopan.

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

Download Template CContoh Surat Rekomendasi Beasiswa 1 Format Word .Doc Gratis Disini

Download Template CContoh Surat Rekomendasi Beasiswa 2 Format Word .Doc Gratis Disini