Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Surat PHK. Free Download Contoh Dok

 

2 Contoh Surat PHK. Free Download Contoh Dok

Suratpedia.id - Contoh Surat PHK. Sebuah perusahaan dapat memutuskan hubungan kerja seorang karyawan karena berbagai alasan. Alasan-alasan ini tercantum dalam kontrak kerja perusahaan yang sah. Kontrak kerja menurut Pasal 50 Nomor 13 UU Ketenagakerjaan 2019 adalah “timbul dari perjanjian kerja antara pengusaha/perusahaan dengan pekerja/buruh”

Jika kontrak kerja berakhir, perusahaan dapat memecat karyawan tersebut. Ada tiga alasan utama mengapa sebuah perusahaan mendukung penerbitan contoh surat phk kerja:

  • Kematian seorang pekerja.
  • Kontrak kerja berakhir (khusus untuk pekerja tidak tetap).
  • Berdasarkan keputusan bersama perusahaan atau pengadilan untuk memutuskan hubungan kerja karyawan.
Ada alasan lain yang mungkin menjadi faktor pemutusan hubungan kerja/ PHK seorang karyawan. Namun alasan berikut ini tidak dapat dijadikan acuan untuk contoh surat pemberhentian yang lengkap, yaitu:
  • Karyawan tersebut telah sakit selama 12 bulan berturut-turut dengan disertai surat keterangan dokter.
  • Pekerja mengalami kendala dalam bekerja karena memiliki kewajiban lain, seperti kewajiban negara, yang sudah diatur dalam undang-undang ketenagakerjaan.
  • Buruh tidak dapat bekerja karena beribadah menurut aturan agama.
  • Pekerja melaporkan kasus kriminal ke perusahaannya.
  • Pekerja mengalami kecelakaan kerja yang mengakibatkan cacat tetap.
  • \Karyawan memiliki pandangan atau keyakinan yang berbeda tentang perusahaan.

Komponen Surat PHK

Perhatikan komponen-komponen penting yang terdapat dalam surat pemutusan hubungan kerja. Rata-rata komponen yang digunakan dalam surat dinas adalah komponen tetap dan standar. Komponen-komponen dalam contoh surat pemutusan hubungan kerja adalah sebagai berikut:

  1. Kop surat, surat dinas seperti surat pemutusan hubungan kerja harus di atas kop surat untuk memberikan keabsahan surat. Kop surat biasanya berisi nama perusahaan, alamat perusahaan, dan informasi kontak perusahaan.
  2. Nomor surat, yang dicantumkan setelah kop surat, sebagai bukti dalam arsip perusahaan. Biasanya, nomor surat mencantumkan tahun dikeluarkannya surat pemutusan hubungan kerja.
  3. Subjek, subjek merupakan bagian yang sangat penting dari surat. Subyek harus diisi sebagai Surat Pemberhentian atau Surat Pemberhentian.
  4. Keputusan Pemberian Status, kolom ini akan diisi dengan nama Human Resource Developer yang dipekerjakan oleh manajemen perusahaan.
  5. Isi surat pada umumnya mencantumkan nama pegawai yang akan diberhentikan oleh perusahaan, alasan pemutusan hubungan kerja, dan tanggal resmi pemutusan hubungan kerja bagi pegawai.
  6. Surat Pengantar
  7. Tempat dan tanggal penulisan
  8. Tanda tangan, nama lengkap dan stempel perusahaan.

Agar contoh surat pemutusan hubungan kerja terlihat lebih formal, Anda bisa menggunakan bahasa baku sesuai EYD (Enhanced Spelling) bahasa Indonesia. Anda juga perlu memperhatikan tanda baca saat menulis agar lebih mudah dipahami. 

Contoh Surat PHK Berdasarkan Penggunaan

Pemutusan hubungan kerja atau surat pemutusan hubungan kerja adalah pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan kepada karyawan yang bersangkutan. Surat pemberhentian dibuat berdasarkan alasan dan tujuan. Berikut beberapa contoh penulisan surat pemutusan hubungan kerja yang bisa Anda pelajari:

1. Contoh Surat PHK Sementara

Ketika perusahaan membatasi kegiatan produksi karena penumpukan barang di gudang, perusahaan dapat memberhentikan sementara karyawannya. Perusahaan dapat membatasi jumlah karyawan untuk menghindari kelebihan persediaan gudang saat penjualan turun. Berikut adalah contoh surat pemberhentian sementara yang perlu Anda ketahui:

Download Template Contoh Surat PHK Sementaraat Format Word .Doc Gratis Disini

2. Contoh Surat PHK karena kesalahan pegawai

Bukan hal yang tabu bagi pekerja untuk melakukan kesalahan di tempat kerja, tetapi perusahaan tidak tiba-tiba mengirimkan surat pemutusan hubungan kerja. Pekerja hanya akan menerima surat peringatan jika kesalahan pekerja masih kecil.

Namun jika kesalahan karyawan tersebut tidak dapat ditoleransi lagi oleh perusahaan, maka perusahaan berhak memutuskan hubungan kerja dengan karyawan tersebut. Contoh surat pemutusan hubungan kerja karena kesalahan pegawai adalah sebagai berikut:

Download Template Contoh Surat PHK karena kesalahan pegawai Format Word .Doc Gratis Disini

Berikut adalah 2 Contoh Surat PHK yang perlu Anda ketahui dan pahami. Contoh Surat PHK yang sudah ditulis bisa anda jadikan referensi untuk membuat  Surat PHK yang baik dan benar