Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegunaan Surat Pernyataan Perusahaan Dan Contoh Free Dok

 


Suratpedia.id - Surat Pernyataan Perusahaan biasanya berguna untuk karyawan yang masih bekerja untuk memenuhi kebutuhan tertentu akan meminta sertifikat ini.

Sebenarnya apa sih sertifikat karyawan itu? Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut.

Sebai karyawan tetap di perusahaan kebanyakan sudah tidak asing lagi dengan surat pernyataan perusahaan tentang keterangan kerja karyawan.

Untuk mendapatkan surat pernyataan dari perusahaan biasanya karyawan yang bersangkutan  bisa langsung meminta  ke bagian HRD di perusahaan, meminta dibuatkan surat pernyataan dari perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan karyawan.

Kegunaan Surat Pernyataan Perusahaan

Surat ini sebenarnya merupakan surat resmi yang dibuat oleh perusahaan untuk menjelaskan bahwa karyawan masih memiliki hubungan kerja formal dengan perusahaan atau organisasi terkait.

Kemudian, isi surat ini juga harus menjelaskan perilaku karyawan dalam bekerja.

Oleh karena itu, surat tersebut dengan jelas menyatakan kebaikan dan sikap profesional para karyawan, sebagai acuan untuk siapa surat ini akan ditulis di kemudian hari

Dalam keadaan normal, bentuk KTP pegawai yang dapat diperoleh pegawai masih mengikuti format surat dinas.

Misalnya, mencantumkan logo atau kop surat resmi perusahaan, ditandatangani oleh direktur atau atasan karyawan yang bersangkutan, dan menggunakan stempel resmi perusahaan untuk memastikan legalitasnya.

Contoh Kegunaan Surat Pernyataan Perusahaan

Dilihat dari fungsinya, surat Surat Pernyataan Perusahaan yang menyatakan bahwa pegawai tersebut adalah pegawai tetap biasanya dibutuhkan oleh pegawai untuk berbagai keperluan, antara lain:

1. Gunakan surat keterangan kerja karyawan untuk membuat surat rekomendasi bank

Contohnya adalah ketika Anda ingin membuat surat rekomendasi bank, jika Anda masih bekerja di perusahaan tersebut, biasanya pihak bank akan meminta seseorang untuk membawa sertifikat.

Biasanya, jika seseorang ingin pergi ke luar negeri, terutama saat mengajukan visa, mereka akan menggunakan surat rekomendasi bank.

Surat rekomendasi bank ini penting karena memastikan bahwa orang tersebut dapat mendanai dirinya sendiri di luar negeri.

2. Mendaftar untuk beasiswa

Mereka yang ingin mengajukan beasiswa, terutama yang memiliki arah profesi, biasanya membutuhkan surat keterangan kerja karyawan yang masih berlaku dan disertifikasi oleh perusahaan tempat mereka bekerja.

Ini adalah bagian dari persyaratan yang harus dipenuhi saat mengajukan beasiswa. Banyak penyedia beasiswa menjadikan ini sebagai persyaratan wajib.

3. Sebagai pengajuan pinjaman uang dari bank

Misalnya, seseorang ingin memulai bisnis baru. Tentu saja, dia membutuhkan dana untuk memulai bisnis baru ini.

Salah satu cara memperoleh pinjaman besar yang dapat memenuhi kebutuhan modal usaha adalah melalui bank.

Kemudian, ketika seseorang ingin mengajukan pinjaman dari bank, bank biasanya akan meminta mereka untuk memberikan bukti kerja sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan persetujuan.

Sertifikat tersebut merupakan jaminan kepada bank, yang membuktikan bahwa seseorang adalah anggota suatu perusahaan dan mempunyai kesanggupan untuk membayar kembali pinjaman bank tersebut dalam jangka waktu tertentu yang telah diperjanjikan.

4. Penarikan dana BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki oleh sebagian pegawai

Meskipun idealnya, Dana BPJS Ketenagakerjaan dapat ditarik ketika seseorang meninggalkan perusahaan tempatnya bekerja atau menabung untuk orang tua, namun dalam beberapa kasus, ia dapat menarik sebagian dari Dana BPJS Ketenagakerjaan.

Contoh lain penggunaan Surat Pernyataan Perusahaan adalah surat keterangan pegawai yang sah ini akan menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi seseorang ketika ingin menarik sebagian dana BPJS ketenagakerjaan.

Oleh karena itu, meskipun orang tersebut masih pegawai, ia tetap dapat menarik dana, dengan ketentuan batasannya hanya 10% sampai 30% dari total dana BPJS ketenagakerjaan yang dimilikinya.

5. Pengajuan KPR Rumah

Hampir setiap orang bermimpi memiliki rumah. Tak terkecuali staf kantor.

Ketika datang ke kepemilikan rumah, banyak orang berencana untuk memiliki rumah melalui skema hipotek.

Saat ingin mengajukan KPR, pihak bank juga akan mewajibkan sertifikasi pegawai sebagai salah satu syarat pengajuannya.

Download Template Contoh Surat Pernyataan Perusahaan Format Word .Doc Gratis Disini