Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Pernyataan Permohonan Maaf, Free Download


Suratpedia.id - Melakukan kesalahan adalah hal yang wajar bagi manusia, baik disengaja maupun tidak disengaja. Manusia seringkali menyakiti dan menyakiti perasaan orang lain tanpa disadari.

Jika seseorang melakukan kesalahan, seseorang harus meminta maaf atas kesalahan yang dibuatnya. Permintaan maaf dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dalam bentuk lisan dan tulisan.

Jika seseorang telah berbuat salah kepada keluarga, teman, teman atau orang terdekat, mereka mungkin dapat meminta maaf secara langsung atau melalui sarana komunikasi lainnya.

Surat Pernyataan Permohonan Maaf

Permintaan maaf langsung biasanya membuat orang yang sedang marah meleleh. Jika seseorang meminta maaf secara langsung, mereka akan terlihat berani dan mau dengan tulus mengakui kesalahannya.

Namun, beberapa permintaan maaf perlu diungkapkan secara formal. Biasanya permintaan maaf resmi semacam ini dilakukan oleh perusahaan, lembaga, lembaga, pemerintah, dll.

Surat merupakan salah satu alat komunikasi yang sudah lama ada. Namun pada saat ini, surat berkembang sebagai salah satu alat pelengkap dokumen, dan bersifat resmi.

Ada banyak jenis surat, salah satunya adalah surat lamaran. Surat lamaran berisi permintaan atau permintaan kepada afiliasi, individu, lembaga, organisasi, perusahaan, atau lembaga lain.

Saat membuat surat lamaran itu sendiri, ada banyak tujuan yang berbeda, dari meminta izin, meminta bantuan, meminta kerjasama, permintaan maaf, dan banyak lagi. Permintaan maaf dapat ditulis dalam bentuk surat resmi atau tidak resmi. 

Permintaan maaf formal harus menggunakan bahasa formal dan sesuai dengan struktur surat resmi. Surat permintaan maaf tidak resmi biasanya digunakan untuk urusan pribadi antara keluarga, teman, saudara, guru, dll, tetapi dapat ditulis dalam bahasa sehari-hari.

Untuk contoh surat permintaan maaf ini, bisa dibilang masih banyak orang yang membutuhkannya sebagai referensi atau semacamnya hingga saat ini.

Sebagai contoh, berikut ini beberapa contoh format penulisan surat lamaran yang baik dan benar.

Contoh penulisan surat permintaan maaf itu sendiri sebenarnya banyak mengandung etika atau prinsip yang harus dipenuhi dalam ejaan atau struktur surat tersebut.

Bagaimana cara menulis surat permintaan maaf yang baik?

Jika ingin tahu cara membuat surat lamaran resmi segera kost, admin akan umumkan satu per satu di bawah ini, silahkan simak.

  1. Tulislah paragraf pembuka yang diawali dengan salam. Buat dokumen baru di Microsoft Word, atur jarak margin, pilih 3-3-3-3, ukuran font 12, dan jenis font Times New Roman atau Arial. Kemudian mulailah menulis bagian surat di bawah ini. Saat menulis surat lamaran resmi perusahaan, Anda harus terlebih dahulu membuat kop surat seperti pada surat resmi lainnya yang berisi nama, alamat, dan informasi kontak perusahaan.
  2. Setelah itu, Anda dapat menulis judul di bawah ini, seperti "Surat Permintaan Maaf kepada Pelanggan atau Pelanggan".
  3. Pada paragraf pembuka, Anda akan melakukan proses transaksi antara kedua belah pihak secara kronologis atau seri, dan menjelaskan masalah yang menyebabkan pihak yang bersangkutan merasa dirugikan.
  4. Dalam uraian ini, tentukan jumlah pesanan, barang atau jasa yang akan diberikan kepada pelanggan Masalah yang disebutkan harus dijelaskan sedetail mungkin sehingga pihak yang dirugikan dapat memahami sifat masalahnya. Isi surat permintaan maaf sangat tergantung pada bagian penjelasan ini.
  5. Setelah itu bagian akhir surat sama dengan surat dinas biasa, yaitu ditandatangani oleh penanggung jawab dan diperlihatkan dalam jabatan perusahaan.

Surat permintaan maaf sangat penting jika ada konflik dan perselisihan yang tidak ingin Anda selesaikan di tahap pengadilan.

Download Template Contoh Surat Pernyataan Permohonan Maaf Format Word .Doc Gratis Disini