Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Hotel, Free Download Dok


Suratpedia.id - Tidak sedikit orang yang memiliki impian untuk bekerja dan meniti karir di perhotelan. Bekerja di hotel memiliki prospek yang sangat bagus dan sangat cocok juga bagi kalian yang suka memberikan pelayanan terhadap tamu. Apalagi, peluang bekerja di hotel terbuka bagi banyak orang, mulai dari lulusan diploma hingga sarjana.

Pelayanan dan fasilitas yang diberikan kepada tamu hotel beragam dan lengkap. Tidak hanya berbagai layanan, tetapi juga berbagai tamu yang dilayani. Tamu domestik dan asing akan bertemu saat bekerja di hotel.

Hal ini mengakibatkan jenis pekerjaan di hotel juga bervariasi. Mulai dari resepsionis yang memberikan kehangatan pertama kepada tamu hotel, bagian dapur Food and Beverages yang menyiapkan hidangan lezat untuk tamu, bagian Housekeeping yang selalu membuat kamar hotel terasa nyaman dan pihak manajemen hotel yang mengelola operasional hotel.

Surat Lamaran Kerja Di Hotel  Yang Baik Dan Benar

Tertarik untuk menjadi bagian dari industri perhotelan? Bagi Anda yang berminat untuk bekerja di hotel, harus menyiapkan surat lamaran kerja yang ditujukan kepada pihak hotel dan siapkan CV Anda. Kedua dokumen ini sangat penting untuk lamaran kerja di hotel. 

Surat lamaran kerja yang ditulis dengan baik akan menunjukkan keterampilan seseorang untuk bekerja di industri perhotelan. Berbeda dengan CV yang hanya menampilkan curriculum vitae, surat lamaran kerja dapat menunjukkan motivasi Anda bekerja di sebuah hotel.

Jika melihat contoh surat lamaran kerja di hotel, sebenarnya tidak terlalu banyak perbedaan antara surat lamaran kerja di hotel dan lainnya. Namun, terdapat beberapa poin penting yang perlu Anda diperhatikan pada saat akan membuat surat lamaran kerja hotel:

1. Tuliskan nama hotel yang Anda lamar dan kepada siapa surat itu ditujukan

Pada saat Anda akan mengirimkan surat lamaran kerja, baik melalui surat maupun email, tentunya Anda harus terlebih dahulu menyapa penerima surat tersebut. Contoh kalimat yang sering digunakan adalah “Dear”. atau “Manajer Personalia yang Terhormat”.

2. Jelaskan maksud dan tujuan melamar di hotel dan posisinya

Sebutkan posisi apa yang Anda lamar di hotel, bagaimana Anda mengetahui tentang lowongan pekerjaan tersebut. Selanjutnya Anda diwajibkan untuk menuliskan alasan mengapa Anda ingin melamar posisi tersebut di awal surat lamaran kerja di hotel yang Anda tuju..

3. Jelaskan siapa Anda

Selanjutnya, perkenalkan diri Anda dengan jelas kepada perekrut. Jika Anda membuat surat lamaran kerja di hotel dalam bahasa Indonesia, harap sertakan data diri Anda. Jika Anda menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris untuk sebuah hotel, Anda dapat menggambarkan diri Anda dalam paragraf. Perkenalkan siapa Anda dan apa spesialisasi Anda.

4. Tuliskan pengalaman kerja Anda di hotel jika Anda pernah bekerja di hotel sebelumnya

Jika Anda memiliki pengalaman sebelumnya bekerja di perhotelan, tambahkan ke surat lamaran kerja Anda. Hal ini tentunya akan menjadi nilai plus, Anda akan dinilai sebagai orang yang berpengalaman.

5. Lengkapi semua persyaratan saat melamar pekerjaan di hotel

Contoh kelengkapan dokumen dalam surat lamaran kerja perhotelan :

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotocopy Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi SKCK
  4. Fotokopi Ijazah Bahasa Inggris
  5. Pas foto

Daftar di atas dibuat untuk memudahkan perekrut dalam mengecek kelengkapan data. Namun, ada yang perlu diingat, kebiasaan menulis seperti ini hanya berlaku untuk lamaran kerja di hotel-hotel Indonesia.

Setelah melengkapi surat lamaran kerja ke hotel, jangan lupa untuk membacanya kembali dan pastikan semua informasi sudah benar atau tidak ada kesalahan ketik. Setelah itu, kirimkan ke alamat email yang diberikan atau kirimkan melalui WA.

Download Template Contoh Surat Lamaran Kerja Di Hotel Format Word .Doc Gratis Disini