Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah . Download Free Dok


Suratpedia.id - Surat kuasa adalah surat yang dibuat untuk mengalihkan kuasa pihak pertama kepada pihak lain untuk melakukan kegiatan yang dijelaskan dalam surat kuasa. Surat kuasa biasanya berkaitan dengan hal-hal penting yang tidak dapat diselesaikan melalui surat kuasa karena alasan tertentu.

Dalam dunia pendidikan, seseorang tidak dapat dengan mudah mengambil ijazah orang lain tanpa memberinya kekuasaan atas dirinya sendiri. Sebab, ijazah merupakan dokumen penting, dan jika jatuh ke tangan yang salah, bisa disalahgunakan. Maka sekolah atau kampus biasanya membuat aturan tersebut untuk menghindari hal-hal tersebut.

Surat Kuasa Pengambilan Ijazah

Bagi yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan tertentu dan tidak dapat memperoleh ijazah, orang lain dapat bertindak sebagai agen dan memberikan surat kuasa. Oleh karena itu, jika terjadi perbuatan melawan hukum, penyelenggara pendidikan dapat menggunakan surat kuasa sebagai dasar atau alat bukti dalam proses hukum.

Dalam keadaan normal, siswa SMP, SMA/SMK atau siswa yang berhalangan datang ke sekolah dapat langsung mendatangi tempat pengambilan ijazah dan menggunakan contoh surat kuasa untuk ijazah asli.

Ada banyak alasan tidak bisa mengambil ijazah secara langsung, seperti sakit, keluar kota, sibuk dengan proses pendaftaran mahasiswa atau mahasiswa baru dari tempat lain, kemalasan karena lama mendapatkan sertifikat. , dan alasan lainnya.

Karena Ijazah merupakan dokumen penting bagi yang bersangkutan, maka Ijazah tidak dapat ditarik kembali atas nama dokumen tersebut kecuali jika pemilik Ijazah telah diberi kuasa untuk membawa surat kuasa untuk menerima Ijazah orang lain.

Dengan cara ini, pihak lain bisa mendapatkan ijazah dari pemberi kekuasaan.

Ini sudah menjadi prosedur mutlak yang harus diikuti, ketika seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan tertentu, ia juga harus memiliki surat kuasa jika ingin usahanya tetap berjalan saat itu. Oleh karena itu, semua transaksi yang diharapkan dapat diwakili oleh orang lain.

Sertifikat ini sering digunakan sebagai dokumen untuk persyaratan manajemen ketika Anda ingin masuk ke sekolah untuk tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

Misalnya, seseorang yang baru lulus Sekolah Dasar (SD) membutuhkan ijazah jika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama. Begitu pula jika ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

Ijazah juga sering digunakan saat melamar pekerjaan dan dilampirkan dengan surat lamaran kerja.

Selain itu, jika seseorang bekerja pada suatu organisasi/perusahaan dengan maksud untuk mencegah pegawai/karyawan mengundurkan diri sebelum berakhirnya perjanjian kontrak kerja, maka ijazah juga dapat digunakan sebagai alat jaminan. Oleh karena itu, ketika seseorang telah menjadi mantan karyawan, biasanya menggunakan contoh surat kuasa dari perusahaan tempat Anda bekerja untuk mendapatkan ijazah.

Unsur surat kuasa

Surat kuasa juga memiliki unsur yang berbeda dengan surat biasa. Untuk mencegah kesalahan dalam pemberian kuasa, berikut ini adalah unsur-unsur umum dari surat kuasa, antara lain:

  • Nama dan nomor otorisasi
  • Nama atau organisasi penulis
  • Nomor surat (opsional), biasanya surat dengan nomor, surat yang dikeluarkan oleh instansi atau organisasi resmi.
  • ID Otorisasi
  • Status penerima
  • Hal-hal yang akan dititipkan atau dikuasakan kepada wali harus ditulis dengan jelas
  • Tanggal dan waktu surat
  • Tanda tangan klien dan klien
  • Materi sebagai tanda kekuatan hukum yang kuat
Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah

                                                                Surat Kuasa Pengambilan Ijazah


Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Andi Hermansah

Tempal/Tanggal Lahir : Bandung, 01 Juni 1995

NIM : 0123456789

Alamat : Jl. Seokarno Hata No.09 Rt.01 Rw.01 bandung

Dengan ini memberikan kuasa kepada,

Nama : Ucok 

Tempal/Tanggal Lahir : Medan, 02 Mei 1995 

NIM : 0987654321

Alamat : Jl. Perintis Selatan No.91 Rt. 07 Rw.10 Bandung

    Memberi kuasa untuk mengambil ijazah dan Transkip Nilai di Universitas XXX yang beralamat di Jl. Merdeka No.778 Bandung.

Demikian surat kuasa ini saya dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaiman mestinya.



Penerima Kuasa                                                                                       Pemberi Kuasa

Download Template Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah Format Word .Doc Gratis Disini