Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Kuasa Pegadaian. Free Download dok


Suratpedia.id - Ada banyak contoh surat kuasa, atau surat kuasa atas nama, yang beredar di Internet. Namun, saat membuat surat kuasa, disarankan untuk memperhatikan beberapa hal. Ketika berhadapan dengan birokrasi, surat kuasa itu sendiri seringkali dibutuhkan. 

Surat ini diperlukan agar berbagai hal seperti pengurusan dokumen dapat berjalan dengan lancar, apalagi jika harus mencari bantuan di daerah lain. Secara umum, surat kuasa adalah surat yang berisi pemberitahuan bahwa pihak yang mengeluarkan surat diberi wewenang atau kuasa untuk bertindak atas nama pembuat surat kuasa.

Biasanya, surat kuasa diberikan ketika produsen tidak dapat hadir karena beberapa urusan yang tidak dapat dihindari atau kebutuhan mendesak lainnya.

Apa itu surat kuasa?

Keberadaan surat kuasa sebenarnya diatur dalam Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUHPer). Pasal 1792 KUHP secara tersirat meliputi surat tersebut.

Pasal tersebut menyatakan bahwa pemberian kekuasaan adalah suatu bentuk persetujuan dimana seseorang mendelegasikan kekuasaan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu atas nama orang yang mendelegasikan kekuasaan tersebut.

Selanjutnya menurut pasal 1793, suatu kuasa dapat diberikan dengan akta umum atau surat yang ditandatangani, atau bahkan lisan. Ini biasanya disebut sebagai surat kuasa.

Tujuan pemberian surat kuasa adalah untuk mendelegasikan kuasa pemberi hibah kepada orang lain untuk suatu tujuan tertentu. Dia memakainya ketika si pemberi pergi, seperti ketika dia sakit atau keluar kota.

Format penulisan surat kuasa

Surat kuasa harus menyatakan dengan jelas isi, maksud, tujuan dan nama yang bersangkutan.

Hal ini karena sangat penting dari segi fungsi dan tujuan serta layak untuk dipertimbangkan. Lantas, bagaimana format penulisan yang benar dan benar?

1. Identitas Penerima Surat Kuasa dan Penerima Surat Kuasa

Surat Kuasa harus mencantumkan identitas orang yang diberi kuasa dan orang yang diberi kuasa. Semuanya harus diisi secara lengkap, mulai dari nama, alamat, tanggal lahir, NPWP/SIM. Jangan lupa juga untuk menuliskan izin yang diberikan.

2. Kalimat delegasi kekuasaan

Jangan lupa untuk menggunakan kalimat yang menyatakan kuasa sebagai ciri utamanya yang membedakannya dengan huruf biasa, seperti "dengan ini diberi kuasa".

Untuk menghindari kesalahpahaman maksud dan tujuan surat Anda, mohon gunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh semua pihak yang terlibat.

3. Tanda tangani dan stempel

Kemudian, di bagian bawah, buat blok tanda tangan untuk Surat Kuasa dan stempel serta tanda tangani Surat Kuasa. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh surat kuasa yang dibuat dengan baik dan dibuat dengan baik.

Contoh Surat Kuasa Pegadaian

Anda tidak punya waktu atau tidak bisa hadir untuk mengambil barang berharga Anda? Tidak semua barang bisa diambil dari asalnya, apalagi jika barang tersebut memiliki nilai.

Untuk dapat mengambil item tersebut, Anda harus mengizinkan orang lain untuk mewakili Anda

Sangat umum menggunakan surat kuasa untuk menarik emas di pegadaian, karena pemilik gadai tidak selalu punya waktu untuk menebus emas.

Jadi dalam aturannya, memperoleh emas melalui perwakilan harus menyertakan surat kuasa.

Perlu diketahui bahwa surat kuasa harus detail, termasuk menempelkan kode gadai pada surat gadai emas kita. Di bawah ini adalah contoh surat kuasa untuk memperoleh emas di Pegadaian.

Menulis Surat Kuasa sangat sulit dan mungkin mudah bagi yang sudah berpengalaman, tetapi bagi penulis surat yang baru pertama kali, mungkin diperlukan contoh format surat yang dapat digunakan sebagai referensi. Nah, kami telah mengumpulkan ratusan contoh surat kuasa yang dapat Anda buat sesuai dengan kebutuhan Anda. selamat membaca

Download Template Contoh Surat Kuasa Pegadaian Format Word .Doc Gratis Disini