Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Contoh Surat Pernyataan Bermaterai. Free Download Contoh Dok

 

3 Contoh Surat Pernyataan Bermaterai. Free Download Contoh Dok

Seperti yang kita ketahui bersama, surat pernyataan bermaterai yang baik dan benar biasanya digunakan untuk membuat pernyataan kepada seseorang, tetapi dalam bentuk resmi. Biasanya berisi surat yang ditulis oleh seseorang yang menyatakan bahwa dia telah atau tidak pernah melakukan sesuatu untuk dirinya sendiri atau orang lain.

Ada beberapa contoh surat pernyataan bermaterai yang baik dan benar seperti pernyataan sikap, pernyataan kemampuan, pernyataan pekerjaan, belum menikah dan masih banyak lagi yang lainnya. Dalam arti kata, surat dapat dikatakan sebagai pernyataan tertulis yang memuat kesanggupan, kesanggupan, seseorang atau kelompok untuk menyepakati sesuatu.

Biasanya surat pernyataan bermaterai itu bersifat resmi, karena berkaitan dengan administrasi hukum, maka harus dicap dan ditulis di atas kertas bermaterai. Misalnya jika seseorang ingin melamar pekerjaan atau keluar dari suatu instansi, biasanya perusahaan akan melamar dengan melampirkan surat pernyataan kepada calon pegawai baru sebagai salah satu pertimbangan seleksi.

Nah, mengingat pentingnya sebuah surat pernyataan, kali ini kita akan membahas apa yang dimaksud dengan surat pernyataan bermaterai, bagaimana cara membuat surat pernyataan yang baik dan benar dengan contoh yang jelas dan detail untuk referensi anda.

Bagian atau susunan surat pernyataan bermaterai yang baik dan benar

Jika dilihat dari strukturnya, surat pernyataan sebenarnya hampir sama dengan beberapa contoh surat lainnya. Namun, ada perbedaan halus yang membedakan huruf deklaratif dari huruf lainnya. Berikut ini adalah komponen atau bagian dari surat pernyataan yang baik dan benar, yaitu: 

  • Judul atau nama pernyataan umumnya ditulis dengan huruf kapital dan dicetak tebal, juga di tengah. Usahakan agar judul tetap sederhana dan jelas untuk menghindari verbositas.
  • Isi pernyataan memuat identitas pihak yang membuat pernyataan. Isi pernyataan tidak lebih dari suatu kemampuan atau pengakuan yang sesuai dengan fakta dan identitas pihak yang dideklarasikan.
  • Surat pernyataan diakhiri dengan identitas pengirim, nama lengkap, tanda tangan, tempat dan tanggal asal, dan informasi tambahan lainnya seperti (NIP, NIM, atau nomor identitas lainnya).

Contoh membuat surat pernyataan bermaterai yang baik dan benar

Saat membuat pernyataan yang baik dan benar, sangat penting untuk memperhatikan format penulisan yang benar. Nah, berikut caranya:

  1. Dari judul hingga epilog, putuskan terlebih dahulu pernyataan apa yang ingin Anda buat.
  2. Jika sudah, Anda bisa melanjutkan menulis kalimat deklaratif berupa surat pernyataan.
  3. Gunakan kalimat yang baik dan benar, kalimat yang digunakan harus sesuai dengan Enhanced Spelling (EYD).
  4. Coba gunakan tulisan tangan untuk membuat pernyataan agar lebih mudah mendapatkan kepercayaan. Karena selain dianggap lebih praktis, juga akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari penerimanya.
  5. Saat membuat pernyataan, pastikan untuk menulis pernyataan langsung di inti pembahasan agar pernyataan tidak terlalu panjang agar mudah dipahami.
  6. Hindari kesalahan ketik dengan membuat tulisan Anda jelas dan ringkas.
  7. Untuk lebih memahami struktur surat pernyataan berikut, kami berikan contoh surat pernyataan yang ditulis dengan baik dan benar untuk referensi Anda.

Surat pernyataan adalah surat pengakuan legalitas. Jadi Anda harus berhati-hati saat menulis pernyataan

Contoh Surat Pernyataan Bermaterai

Manfaat menerbitkan surat pernyataan bermaterai

Jika pernyataan tidak sesuai dengan isi surat permintaan tertulis, penerima akan meminta pertanggungjawaban dari pihak yang menulis pernyataan, dan akan ada alasan atau bukti.

Selain itu, surat pernyataan bermaterai juga dapat menjadi bukti bahwa penulis menganggap serius apa yang tertulis dalam surat pernyataan.

Dengan kata lain, surat pernyataan juga dapat berfungsi sebagai pengakuan dari pihak yang disebutkan atau dijelaskan dalam surat pernyataan. Ucapan terima kasih bisa afirmatif, tetapi juga negatif jika pernyataan yang relevan dibuat oleh orang lain.