Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah. Free Download Contoh Dok

7 Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah. Free Download Contoh Dok

Suratpedia.id - Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah. Saat melakukan transaksi sewa rumah, pastikan Anda telah menyiapkan dokumen perjanjian kontaknya. Surat perjanjian kontrak rumah adalah catatan tertulis tentang praktik sewa rumah yang berdasar Undang-Undang dan dimaksudkan untuk memberi perlindungan di masa depan, termasuk kesalahpahaman antara pemilik dan penyewa. Surat Perjanjian Kontrak Rumah Berdasarkan Hukum

Menurut Pasal 1548 KUH Perdata, “Sewa adalah pengaturan, di mana satu pihak mengikat dirinya untuk memberikan pihak lain kenikmatan suatu objek untuk jangka waktu tertentu dengan pembayaran harga, yang nantinya dapat dibayar pihak tersebut”.

Selanjutnya, berdasarkan Pasal 1867 KUHPer dan Pasal 165 HIR, perjanjian sewa rumah dibagi menjadi dua jenis yaitu akta otentik dan bukti tertulis.

Akta otentik dibuat oleh pejabat publik seperti notaris berdasarkan aturan peraturan perundang-undangan yang relevan, sedangkan jenis kedua dibuat tanpa menggunakan undang-undang atau pejabat publik.

Karena surat perjanjian sewa rumah tercakup dalam undang-undang, maka pihak penyewa dan pemilik pun akan merasa aman dari jeratan penipuan.

7 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membuat Surat Perjanjian Kontrak Rumah

Sebelum membuat surat perjanjian kontrak rumah, ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan. Antara lain:

1. Identitas surat perjanjian sewa rumah harus ditulis dengan benar

Pastikan nama, nomor KTP, dan detail terkait identitas lainnya pada perjanjian sewa rumah sudah benar dan sesuai dengan KTP dan KK penyewa.

2. Mencantumkan jangka waktu kontrak dan harga yang disepakati

Masa berlaku kontrak dan tanggal kadaluarsa harus dinyatakan secara eksplisit dalam perjanjian sewa rumah. Demikian pula, berapa biaya sewa yang disepakati dan apakah dibebankan mingguan atau tahunan.

3. Pasal-pasal Surat Perjanjian Sewa Rumah harus jelas

Jelaskan pula komponen kontrak rumah secara detail dalam surat perjanjian kontrak rumah tersebut menggunakan bahasa yang mudah dipahami, terlebih jika poinnya spesifik.

4. Memberikan denda atau hukuman

Sanksi atau denda dapat ditulis dalam surat perjanjian kontrak rumah. Denda, misalnya, bisa dibebankan pada penyewa yang terlambat membayar uang sewa. Catat juga masa tenggang pembayaran denda.

5. Periksa kembali apakah Surat Perjanjian Sewa Rumah telah distempel

Meterai digunakan untuk memastikan bahwa pengaturan sewa rumah memiliki validitas hukum, memastikan bahwa tidak dilanggar atau ditangani secara tidak adil. Surat perjanjian sewa rumah harus dibuat rangkap dua dan dibubuhi tanda tangan dari kedua belah pihak di atas materai.

6. Dapatkan bukti tertulis dari perjanjian sewa untuk rumah tersebut

Anda harus membuat keputusan yang tepat, seperti yang dinyatakan sebelumnya dalam hal tindakan otentik dan teduh. Jika suatu akta otentik dianggap perlu sebagai bukti kuat di kemudian hari, maka harus digunakan.

7. Biaya Perawatan dan Lainnya

Jika perjanjian sewa rumah Anda mencakup pembayaran listrik, internet, kebersihan, dan perlindungan, jangan lupa untuk meminta dan membuat kesepakatan.

Kesalahan yang Harus Dihindari Dalam Perjanjian 

Hal selanjutnya yang perlu dipahami terkait adanya kontrak dan perjanjian tersebut ialah kesalahan wajib dihindari apabila melakukan kesepakatan dalam surat perjanjian hunian. Akan tetapi hal ini juga berlaku pada kesepakatan lain seperti dalam surat perjanjian sewa ruko.

Hal pertama yang wajib dihindari ialah kesalahan dalam kepenulisan terkait semua informasi dasar. Hal ini biasa terjadi dan tentunya sangat memberikan dampak yang cukup negative dalam menjalankan semua perjanjian tersebut menjadi lebih maksimal.

Informasi dasar tersebut bisa meliputi identitas kedua belah pihak sesuai dengan KTP dan KK yang masih berlaku. Selain itu penting juga untuk diperhatikan bahwa keberadaan layanan tersebut sejatinya juga perlu informasi dasar terkait detail hunian yang akan disewakan.

Aspek kesalahan lain yang juga penting diperhatikan meliputi perjanjian yang perlu diperbaharui. Sebab jika tidak dilakukan dengan baik maka secara tidak langsung proses perjanjian kontrak selanjutnya akan tidak sesuai dengan kesepakatan.Semua hal penting diatas secara tidak langsung juga bisa menjadi salah satu pertimbangan penting semua pihak yang akan melakukan perjanjian hunian. Dengan memahami lebih detail terkait Surat perjanjian sewa rumah maka proses akan lebih berjalan dengan maksimal.

Download Template Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah Format Word .Doc Gratis Disini