Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Contoh Format Surat Resign Pabrik. Free Download Dok

7 Contoh Format Surat Resign Pabrik. Free Download Dok

Suratpedia.id - Contoh Format Surat Resign Pabrik. Seperti halnya perusahaan atau institusi mana pun, mereka harus selalu menuntut pekerjanya untuk bekerja secara profesional dan mengharapkan mereka untuk bertahan lama di perusahaan.

Namun, masalah dan kebosanan bukanlah sesuatu yang bisa dihindari di tempat kerja. Saat itu, Anda perlu menulis surat pengunduran diri ke perusahaan terkait.

Namun perlu diingat bahwa pengunduran diri adalah hal yang sensitif, jadi pastikan untuk mengkomunikasikannya dengan baik untuk meninggalkan kesan positif bagi perusahaan di masa depan. Contoh Format Surat Resign Pabrik yang baik dan benar untuk diterima oleh atasan.

Pengertian Surat Resign Pabrik

Surat Resign Pabrik adalah surat permintaan administratif, biasanya ditulis untuk memberitahukan keinginan karyawan untuk mengundurkan diri dari posisi dan tanggung jawab yang diemban saat ini.

Dengan kata lain, surat pengunduran diri ini merupakan bentuk resmi dari pengunduran diri. Pengunduran diri formal harus dalam bentuk tertulis, seolah-olah dilakukan secara lisan, akan dianggap informal dan seringkali tidak sopan.

Untuk mengundurkan diri, Anda harus memberitahukan HRD dalam surat pengunduran diri tertulis yang ditulis dengan baik, benar, sopan, dan sesuai dengan format dan aturan yang ada di dalam perusahaan.

Mengapa menulis surat pengunduran diri?

Setelah membaca beberapa alasan di atas, apakah cocok dengan kondisi Anda saat ini? Terlepas dari alasan pengunduran diri Anda, Anda tetap harus menyerahkan surat pengunduran diri.

Tapi mengapa karyawan diminta untuk memberikan surat pengunduran diri? Berikut tiga alasan mengapa Anda harus mengajukan surat pengunduran diri:

1. Penampilan profesional tinggi

Menulis surat pengunduran diri akan membuat Anda tetap dalam kondisi yang baik di perusahaan dengan membuat Anda dianggap sangat profesional.

Selain itu, secara etika, karyawan tidak boleh pergi tanpa pemberitahuan saat mereka mengundurkan diri. Dia harus melalui beberapa tahapan, dan surat pengunduran diri adalah salah satunya.

2. Beri waktu perusahaan untuk mencari karyawan pengganti

Jika Anda menghilang sebagai karyawan tanpa memberikan surat pengunduran diri Anda, itu akan meninggalkan perusahaan dalam kegelapan. Lain halnya jika Anda mengajukan surat pengunduran diri, katakanlah sebulan sebelum Anda pergi, dan perusahaan bisa lebih mudah mencari pengganti Anda.

3. Memberikan informasi yang jelas tentang identitas karyawan

Surat pengunduran diri juga dibuat untuk menjelaskan kepada perusahaan bahwa karyawan tersebut telah menyelesaikan pekerjaannya di perusahaan tersebut. Artinya, sejak hari terakhir yang tercantum dalam surat pengunduran diri tersebut, karyawan tersebut tidak lagi memiliki hubungan apapun dengan urusan perusahaan.

Hal-hal yang harus dipersiapkan Resign Pabrik

Mengundurkan diri adalah keputusan besar. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum berhenti dari pekerjaan Anda. Pertimbangkan hal-hal berikut yang harus Anda persiapkan sebelum mengundurkan diri:

  • Diskusikan dengan hati-hati dengan atasan
  • Pastikan alasan dan tujuan pengunduran diri Anda jelas.
  • Periksa kontrak Anda untuk melihat apakah Anda perlu membayar denda jika Anda berhenti sebelum kontrak Anda berakhir.
  • Periksa kebijakan pengunduran diri perusahaan Anda.
  • Menulis surat pengunduran diri sesuai dengan kebijakan pengunduran diri
  • Menyerahkan surat pengunduran diri
  • Jika perusahaan menawarkan kembali, pertimbangkan baik-baik apakah tawaran itu sepadan dengan alasan Anda untuk pergi.
  • Jika Anda masih ingin keluar, bekerja keras sampai hari terakhir.

Format Surat Resign Pabrik yang Benar

Penulisan surat pengunduran diri harus menggunakan gaya formal, formal dan sopan karena surat itu pada akhirnya akan sampai ke atasan. Jangan menulis surat pengunduran diri yang terlalu panjang, dengan alasan dan tujuan yang jelas, dan tentunya tidak bertele-tele.

Sekalipun Anda akan keluar dari perusahaan, sebaiknya Anda melakukan semua langkah di atas untuk menjaga citra Anda agar tetap profesional. Berikut format surat pengunduran diri yang baik dan benar:

  • nama kota dan tanggal
  • Nama perusahaan dan alamat perusahaan
  • Salam
  • kenapa kamu ingin berhenti
  • Cantumkan tanggal Anda mengundurkan diri
  • Ucapkan maaf dan terima kasih
  • Salam dan Tanda Tangan