Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Contoh Surat Undangan Tidak Resmi. Free Download Contoh Dok

 

4 Contoh Surat Undangan Tidak Resmi. Free Download Contoh Dok

Suratpedia.id - Surat Undangan Tidak Resmi. Penggunaan undangan tidak selalu formal dan juga berlaku untuk hal-hal yang informal. Anda dapat secara pribadi mengundang orang lain ke suatu acara atau acara yang Anda lakukan sendiri.

Seperti yang kita ketahui bersama, undangan formal biasanya wajib untuk hadir. Namun, untuk undangan informal atau pribadi, biasanya tidak ada paksaan untuk hadir. Tidak hanya untuk perorangan, beberapa organisasi atau kelompok juga bisa menggunakan undangan informal.

Contoh Penulisan Surat Undangan Tidak Resmi

Jelasnya, perbedaan antara surat undangan formal dan informal adalah pengirim surat dan bahasa yang digunakan dalam surat, dan struktur penulisan surat undangan informal meliputi:

1. Tempat dan tanggal penulisan

Lokasi dan tanggal surat ditulis di sudut kanan atas.

Menulis adalah menulis tempat, kemudian menambahkan koma (,) dan mencantumkan tanggal, bulan dan tahun surat ditulis.

2. Alamat penerima surat

Alamat penerima berisi nama penerima dan alamat lengkap penerima undangan.

3. Salam

Salam ditulis di sebelah kiri awal surat, diikuti dengan koma (,).

4. Isi surat

Isi surat meliputi bagian pendahuluan yang berisi pemberitahuan tentang isi surat pengantar, bagian isi yang berisi informasi tentang acara yang akan diadakan, dan bagian penutup yang berisi ucapan terima kasih dan keinginan penulis.

5. Penutup

Salam penutup ditulis di sisi kanan badan surat diikuti dengan koma (,).

6. Tanda tangan dan nama pengirim

Di akhir surat, termasuk tanda tangan, diikuti dengan nama lengkap pengirim.

4 Contoh Surat Undangan Tidak Resmi

Menulis surat undangan informal jauh lebih mudah daripada surat resmi. Ini karena Anda bebas menentukan cara penulisannya, daripada terlalu mengikat aturan tertentu.

Misalnya, bagi yang ingin mengadakan acara Thanksgiving, mungkin Anda bisa menggunakan undangan Thanksgiving yang informal. Nah berikut ini beberapa contoh undangan informal yang bisa anda jadikan bahan referensi.

Beberapa contoh undangan informal yang sering digunakan adalah undangan ulang tahun, undangan pernikahan, undangan pengajian, undangan khitanan, undangan syukuran, dll.

Undangan informal bisa dikirim ke pertemuan-pertemuan pribadi seperti teman/sahabat, keluarga atau kerabat, tetapi bisa juga digunakan untuk kelompok-kelompok tertentu. Anda juga dapat menunjukkan contoh surat undangan ke beberapa orang sekaligus.

Contoh surat untuk Acara Pengajian

Pihak dapat mengadakan pengajian, meskipun tentunya pihak tertentu harus diundang untuk mengikuti pengajian.

Untuk mempermudah persiapan sebelum acara pengajian, bisa juga menggunakan undangan. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menggunakan contoh surat undangan penelitian di bawah ini.

Contoh undangan pernikahan

Undangan pernikahan juga merupakan contoh undangan informal yang sering digunakan. Namun kini banyak orang lebih memilih menggunakan undangan pernikahan daripada undangan.

Namun jika tetap ingin menggunakan huruf, tentu tidak salah. Anda juga dapat menggunakan contoh undangan pernikahan di bawah ini.

Contoh Surat Untuk Acara Syukuran

Acara Syukuran biasanya diselenggarakan oleh individu atau keluarga. Misalnya, merayakan rumah baru, perayaan kelulusan, atau pekerjaan baru. Wajar jika seseorang mengucapkan terima kasih untuk itu.

Namun lebih baik lagi jika Thanksgiving dilakukan bersama kerabat, tetangga, atau teman. Anda juga dapat menggunakan contoh undangan Thanksgiving di bawah ini sebagai referensi.

Contoh Undangan Ulang Tahun

Ulang tahun adalah momen yang sangat spesial bagi semua orang. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang selalu merayakan ulang tahun dan mengajak teman atau kerabat.

Untuk mendapatkan notifikasi perayaan ulang tahun ini, Anda tetap bebas memilih menggunakan surat atau kartu undangan. Di bawah ini adalah contoh undangan ulang tahun yang bisa Anda gunakan.