Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Contoh Surat Kuasa Perwakilan. Free Download Contoh Dok

3 Contoh Surat Kuasa Perwakilan. Free Download Contoh Dok

Suratpedia.id - Contoh Surat Kuasa Perwakilan. Surat kuasa diperlukan untuk berbagai keperluan. Untuk menghindari kesalahan, Anda perlu mengetahui contoh surat kuasa yang baik dan benar.

Terkadang, ada keadaan tertentu yang mengharuskan Anda membuat surat kuasa. Surat ini bukan surat biasa karena diterbitkan atas dasar hukum.

Pengertian surat kuasa perwakilan

Keberadaan surat kuasa sebenarnya diatur dalam Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUHPer). Pasal 1792 KUHP secara implisit meliputi surat tersebut.

Pasal tersebut menyatakan bahwa pemberian kekuasaan adalah suatu bentuk persetujuan dimana seseorang mendelegasikan kekuasaan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu atas nama orang yang mendelegasikan kekuasaan tersebut.

Selanjutnya menurut pasal 1793, surat kuasa dapat diberikan dengan akta umum atau surat yang ditandatangani, atau bahkan lisan. Ini biasanya disebut sebagai surat kuasa.

Tujuan pemberian surat kuasa adalah untuk mendelegasikan kuasa pemberi hibah kepada orang lain untuk suatu tujuan tertentu. Gunakan ketika penyedia listrik sedang pergi, seperti ketika dia sakit atau di luar kota.

Misalnya, Anda memiliki jadwal pengumpulan dokumen penting di kantor polisi, tetapi kemudian Anda jatuh sakit. Kondisi fisik Anda tidak memungkinkan Anda pergi ke sana sendirian.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan seseorang untuk membeli surat berharga atas nama Anda, seperti saudara laki-laki atau perempuan Anda. Sekarang, berikan saja perwakilan Anda, baik itu saudara kandung, surat kuasa.

Format Contoh Surat Kuasa Perwakilan

Surat kuasa harus menyatakan dengan jelas isi, maksud, tujuan dan nama yang bersangkutan.

Hal ini karena sangat penting dari segi fungsi dan tujuan serta patut untuk diperhatikan. Lantas, bagaimana format penulisan yang benar dan benar?

  • Identitas Penerima Surat Kuasa dan Penerima Surat Kuasa

Surat kuasa harus mencantumkan identitas orang yang diberi kuasa dan orang yang diberi kuasa. Semuanya harus diisi secara lengkap, mulai dari nama, alamat, tanggal lahir, NPWP/SIM. Jangan lupa juga untuk menuliskan izin yang diberikan.

  • kalimat pendelegasian kekuasaan

Jangan lupa untuk menggunakan kalimat yang menyatakan kuasa sebagai ciri utama yang membedakannya dengan huruf biasa, seperti "dengan ini diberi kuasa".

Untuk menghindari kesalahpahaman maksud dan tujuan surat Anda, harap gunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh semua pihak yang terlibat.

  • Tanda tangani dan stempel

Kemudian, di bagian bawah, buat blok tanda tangan untuk Surat Kuasa dan stempel serta tanda tangani Surat Kuasa. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah contoh surat kuasa dengan format yang baik dan benar.

Catatan Penting untuk Surat Kuasa yang Baik dan Benar

Ada lima poin untuk diterapkan sehingga Anda tidak bisa salah dengan surat kuasa. Perhatikan poin-poin berikut.

Meskipun beberapa surat kuasa tidak memerlukannya, ada baiknya mencantumkan tanggal pembuatan surat kuasa saat menggunakan segala jenis surat kuasa.

Jangan lupa untuk selalu membubuhkan tanda tangan kedua belah pihak, Surat Kuasa dan tanda tangan Pengacara pada Surat Kuasa yang bersangkutan.

Jika kita menunjuk seorang pengacara pribadi untuk membuat Surat Kuasa, kita tidak memerlukan nomor surat. Namun, jika kita akan membuat surat dinas, salah satu syaratnya adalah kita harus memiliki nomor surat.

Yang membuat surat kuasa sah dan resmi adalah stempel badan hukum, perusahaan atau badan terkait.

Surat Kuasa untuk memperoleh/membeli/menjual atau memindahtangankan barang berharga harus diserahkan kepada kerabat terdekat. Misalnya, menulis surat kepada suami/istri, anak, saudara kandung atau orang lain yang dipercaya untuk menghindari penipuan.

Jenis dan Contoh Surat Kuasa Perwakilan

Ada tiga jenis surat kuasa ini: pribadi atau pribadi, resmi dan khusus atau khusus. Setiap jenis surat pasti memiliki tujuan yang berbeda.

1. Surat Kuasa Perwakilan Pribadi (Perorangan)

Anda hanya membutuhkan jenis surat ini jika kasusnya adalah untuk mengumpulkan dokumen di kantor polisi seperti kasus di atas. Bisa juga untuk bayar pajak, tagihan listrik, dll.

2. Contoh Surat Kuasa Perwakilan Perusahaan

Padahal, surat kuasa resmi digunakan untuk memberi wewenang kepada seseorang untuk menjadi wakil resmi suatu lembaga atau perusahaan.

Misalnya, manajer hubungan masyarakat Perusahaan X diberi wewenang oleh perusahaan untuk mewakili direktur dalam rapat-rapat penting.

3. Contoh Surat Kuasa Perwakilan Istimewa

Berbeda dengan surat kuasa khusus, surat jenis ini biasanya diberikan kepada pengacara atau lembaga bantuan hukum untuk menyelesaikan masalah hukum pengacara.