Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Contoh Surat Keterangan Kerja. Free Download Contoh Dok

 

3 Contoh Surat Keterangan Kerja. Free Download Contoh Dok

Suratpedia.id - Surat Keterangan Kerja diperlukan sebagai bukti dokumenter bahwa seseorang telah terdaftar di perusahaan sebagai karyawan. Selain itu, izin kerja sama pentingnya bagi karyawan. Untuk pemahaman Anda, silakan lihat penjelasan lengkap tentang definisi, fungsi, dan contoh sertifikasi kerja di bawah ini.

Pengertian surat keterangan kerja

Seperti disebutkan di atas, surat keterangan kerja pada dasarnya adalah surat yang menyatakan status pekerjaan dari pekerjaan karyawan saat ini atau sebelumnya dengan perusahaan. Tidak hanya status pekerjaan, surat keterangan kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan juga dapat menjelaskan tanggal masuk karyawan, kinerja karyawan, informasi gaji dan informasi lainnya sesuai kebutuhan pelamar.

Namun, informasi yang dapat dibagikan melalui bukti kerja hanyalah informasi yang tidak melanggar prinsip kerahasiaan perusahaan.

Peran Surat Keterangan Kerja

Dalam praktiknya, bukti kerja akan berfungsi sebagai salah satu integritas dokumen administrasi untuk berbagai keperluan. Misalnya, salah satu fitur dari sertifikat kerja adalah:

1. Persyaratan melamar pekerjaan baru

Karyawan dapat menggunakan bukti pekerjaan saat mencari atau melamar pekerjaan baru. Pasalnya, terkadang perekrut membutuhkan testimoni dari perusahaan lama untuk menentukan apakah seorang kandidat benar-benar memiliki pengalaman kerja yang sesuai dengan yang tertera di resume.

2. Persyaratan awal terkait bank

Bukti kepegawaian sering dijadikan sebagai dokumen penting yang diperlukan untuk melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan bank. Misalnya, jika seorang karyawan ingin membuka rekening baru di bank di kota yang tidak sama dengan tempat tinggal KTP saat itu, bukti ini harus dilampirkan.

Selain itu, sertifikat ini biasanya diperlukan ketika Anda ingin mengajukan pinjaman dari bank, seperti Kredit Pemilikan Rumah atau Kredit Kendaraan Bermotor. Bank harus tahu di mana Anda bekerja, berapa banyak pendapatan yang Anda miliki, dan apakah Anda dapat membayar pinjaman di masa depan.

Berdasarkan informasi ini, hanya bank yang dapat menentukan apakah mereka akan menyetujui permohonan pinjaman Anda.

3. Dokumen untuk aplikasi visa

Jika Anda ingin merencanakan perjalanan ke luar negeri, terutama ke negara yang membutuhkan visa, mungkin Anda memerlukan surat keterangan kerja dari perusahaan. Selama proses aplikasi visa, bukti pekerjaan diperlukan untuk mengkonfirmasi apakah pemohon memiliki pekerjaan yang mengikat di negara asal.

4. Ajukan Dana BPJS Ketenagakerjaan

Fungsi lain dari surat keterangan kerja adalah untuk membayar BPJS ketenagakerjaan. Untuk pembayaran Dana Jaminan Hari Tua di BPJS Ketenagakerjaan, Anda perlu menyediakan dokumen seperti kartu peserta, KTP, KK, formulir klaim JHT, dan bukti kerja dari perusahaan.

Dengan melengkapi dokumen pendukung tersebut, maka proses klaim JHT dapat diselesaikan dalam waktu kurang lebih 30 menit.

5. Beasiswa

Sertifikat kerja juga terkadang diperlukan untuk membantu proses pengajuan Beasiswa Jalur Profesional. Bukti pekerjaan, biasanya untuk tujuan melamar beasiswa profesi, dapat berisi penjelasan tentang prestasi masa lalu karyawan di tempat kerja dan di perusahaan.

Bukti kerja dari perusahaan seperti ini dapat meningkatkan peluang seorang karyawan untuk mendapatkan beasiswa.

Cara membuat surat keterangan kerja

Biasanya, bukti pekerjaan akan berisi informasi seperti:

  • Nama dan alamat perusahaan (atau kop surat)
  • nama karyawan
  • Jabatan/tanggung jawab karyawan saat ini atau mantan (untuk mantan karyawan)
  • tanggal mulai kerja
  • Informasi lain untuk tujuan identifikasi, seperti tanggal lahir, nomor karyawan atau ID

Selain informasi ini, bukti pekerjaan dapat berisi informasi lain, seperti gaji, jika perlu. Namun, informasi yang boleh dibagikan oleh perusahaan kepada pihak ketiga seringkali berbeda-beda. Aplikasi untuk bukti kerja biasanya diajukan ke Departemen Sumber Daya Manusia. Namun, dalam beberapa kasus, manajer juga dapat memberikan bukti pekerjaan.

Proses pengajuan sertifikat kerja bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Pelamar mungkin diminta untuk melengkapi formulir tertentu untuk mengajukan bukti pekerjaan. Anda juga dapat memberikan contoh bukti kerja untuk referensi SDM, terutama jika perusahaan tidak memiliki template bukti kerja khusus.

3 Contoh Surat Keterangan Kerja