Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Surat Referensi Kerja. Free Download Contoh Dok

 

2 Contoh Surat Referensi Kerja. Free Download Contoh Dok

Suratpedia.id - Contoh Surat Referensi Kerja. Surat rekomendasi pekerjaan atau yang biasa dikenal dengan surat rekomendasi pekerjaan adalah surat yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan untuk menggambarkan perilaku, jabatan, dan kinerja seorang karyawan selama periode waktu tertentu.

Surat referensi kerja dapat menjadi pertimbangan perusahaan bagi pelamar untuk melamar pekerjaan baru. Surat referensi pekerjaan menjelaskan status pelamar, misalnya masih berstatus pekerja kontrak, atau sudah menjadi pegawai tetap.

Selain itu, surat rekomendasi pekerjaan juga memuat informasi pribadi karyawan, nama perusahaan atau institusi, masa jabatan, posisi yang dijabat di perusahaan, alasan berhenti, dll. Surat ini biasanya dikeluarkan oleh perusahaan tempat Anda bekerja dan ditulis oleh seseorang yang berwenang (bos atau orang).

Fitur Contoh Surat Referensi Kerja

Dari fungsinya, surat lamaran membutuhkan surat pengantar. Selain untuk melamar pekerjaan, surat memiliki beberapa fungsi yang dapat melayani kebutuhan pribadi seseorang, seperti pembukaan rekening bank, kartu kredit, atau bahkan pengajuan KPR.

Berikut beberapa ciri surat rekomendasi pekerjaan, antara lain:

1. Melamar pekerjaan

Yang pertama tentunya untuk melamar pekerjaan, jika anda memiliki surat rekomendasi pekerjaan untuk melamar pekerjaan banyak sekali manfaatnya, seperti persyaratan administrasi, bukti pengalaman kerja, bukti kinerja positif anda selama masa kerja untuk membuktikan bahwa Anda telah mengundurkan diri dengan baik dari perusahaan Anda sebelumnya.

2. kebutuhan bank

Jika Anda ingin membuat akun baru dan kebetulan tidak tinggal di daerah tersebut, Anda memerlukan referensi pekerjaan. Anda juga perlu referensi pekerjaan untuk membuat kartu kredit baru, mengajukan pinjaman bank

Referensi pekerjaan digunakan sebagai jaminan dan bukti bahwa pemohon pinjaman memiliki pekerjaan dan memiliki penghasilan tetap sehingga dapat membayar dengan mencicil.

3. Mendaftar untuk beasiswa

Salah satu persyaratan untuk mengajukan Beasiswa Jalur Profesional adalah memiliki referensi pekerjaan yang sah. Beasiswa ini biasanya diberikan oleh program pemerintah atau swasta.

Persyaratan Contoh Surat Referensi Kerja

Surat referensi pekerjaan yang tepat harus mencakup semua informasi yang diperlukan untuk tujuan profesional. Oleh karena itu, dalam surat referensi kerja yang benar, yang terbaik adalah memiliki:

  • Kop surat yang dapat memuat nama perusahaan, alamat, dan nomor telepon
  • Tentang surat itu
  • Isi surat tersebut antara lain:
  • Data biometrik (nama, gelar, nomor KTP dari orang yang menulis surat (perusahaan tempat Anda bekerja) dan orang yang dijelaskan (karyawan).
  • Lama bekerja pada posisi atau jabatan terakhir
  • Review dari atasan.
  • Penutupan
  • Persetujuan (tempat dan tanggal penulisan, serta tanda tangan dan nama penandatangan).
  • Isi surat harus memuat data faktual seperti jabatan dan jam kerja, serta data subjektif (penilaian atasan).

Jika surat rekomendasi pekerjaan untuk melamar pekerjaan maka data subjektif ini penting sebagai evaluasi perusahaan lebih lanjut, tetapi jika surat untuk pembuatan kartu kredit atau pembukaan rekening bank maka data subjektif tidak perlu disertakan.

Tips Menulis Surat Rekomendasi Pekerjaan

Jika Anda adalah penanggung jawab atau seseorang yang membuat surat rekomendasi pekerjaan, tips ini sangat bagus untuk cara membuat surat rekomendasi pekerjaan yang tepat.

1. Perhatikan deskripsi pekerjaan

Minta salinan deskripsi pekerjaan dari mantan karyawan. Tinjau, lalu tuliskan tugas-tugas yang mantan karyawan itu cocok untuk posisi itu.

2. Pengumpulan informasi

Mintalah salinan resume atau resume (CV) dari mantan karyawan sehingga Anda dapat memahami pengalaman kerja spesifik karyawan tersebut.

3. Sertakan contoh spesifik

Dalam surat referensi pekerjaan Anda, sertakan contoh spesifik tentang bagaimana karyawan menunjukkan berbagai keterampilan. Coba pikirkan contoh seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan.

4. Katakan hal-hal positif

Jelaskan bahwa menurut Anda karyawan tersebut adalah kandidat yang kuat. Tekankan ini terutama di awal dan akhir surat rekomendasi Anda. Ini akan membantu mantan karyawan menonjol.

5. Bagikan informasi kontak Anda

Bagikan informasi kontak Anda sehingga mereka dapat dengan mudah menghubungi Anda jika mereka memiliki pertanyaan tambahan atau ingin memverifikasi poin yang disertakan dalam surat.

6. Pastikan surat keterangan kerja sudah lengkap

Agar surat rekomendasi pekerjaan berfungsi, pastikan surat itu memiliki semua informasi dan data yang diperlukan.

Contoh Surat Referensi Kerja