Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Surat Kuasa Khusus. Free Download Contoh Dok

 

2 Contoh Surat Kuasa Khusus. Free Download Contoh Dok

Suratpedia.id - Contoh Surat Kuasa Khusu. Pada Pasal 1795 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer) mengatur tentang dasar hukum pemberian surat kuasa khusus. Surat kuasa dapat diberikan secara khusus, yaitu hanya untuk satu atau lebih kepentingan tertentu, atau secara umum mencakup semua kepentingan dari surat kuasa.

Menurut Pedoman Lengkap Pembuatan Surat Kuasa, surat kuasa khusus adalah kuasa yang diberikan untuk melakukan perbuatan hukum tertentu yang ditetapkan dengan jelas.

Contoh penggunaan surat kuasa khusus antara lain mengalihkan atau memindahtangankan barang, menggadaikan barang, mengadakan penyelesaian, atau melakukan tindakan lain yang hanya dapat dilakukan oleh pemiliknya.

Dalam hal otorisasi khusus, ada reservasi dan hak substitusi. Hak reservasi tercantum dalam Bagian 1812 KUHP.

Cara membuat surat kuasa khusus berbeda dengan membuat surat kuasa umum, dan sebagian orang mungkin masih asing dengan pembuatan surat kuasa khusus. Penting untuk memahami karakteristik surat kuasa khusus agar kasus perdata dapat diselesaikan oleh perwakilan hukum.

Namun yang perlu diperhatikan dalam Surat Kuasa Khusus adalah isi dari Surat Kuasa Khusus, karena ada beberapa klausul yang harus dicantumkan dalam isi surat tersebut.

Biasanya, penulisan hak reservasi dalam surat kuasa khusus mencantumkan kata-kata “pemesanan kuasa ini diberikan”. Hak untuk mengganti terdapat dalam Pasal 1803 KUHP. 

Sebagai penerima kuasa maka penerima harus bertanggung jawab dalam melaksanakan kuasanya:

  1. Jika tidak berwenang menunjuk orang lain sebagai penggantinya.
  2. Pemberian kekuasaan tanpa menyebut orang yang dipilihnya tidak cakap atau tidak cakap.. Surat kuasa selalu dianggap memberi kuasa kepada agennya untuk menunjuk orang lain sebagai penggantinya untuk mengurus barang-barang di luar wilayah Indonesia atau di luar pulau tempat surat kuasa itu berada. Dalam hal apapun, surat kuasa dapat mengajukan tuntutan secara langsung terhadap ahli waris yang disebutkan oleh surat kuasa. Untuk mempelajari lebih lanjut, 

Cara membuat Surat Kuasa Khusus

Elemen penting yang tidak boleh di lewatkan.dalam pembuatan surat kuasa khusus

Berikut 9 unsur surat kuasa yang harus dicantumkan dalam suatu dokumen demi hukum:

  • Judul
  • Kalimat pembuka (berisi kata keterangan waktu)
  • ID Otorisasi
  • Status penerima
  • Tentang diotorisasi
  • Jenis Otorisasi (Umum, Khusus, Menengah, Insidentil, atau Khusus)
  • Klausul reservasi
  • Klausa Pengganti
  • Penutup Surat Kuasa
  • Tanda tangan pihak terkait

Contoh Surat Kuasa Khusus

Pasal 1795 KUHP mengatur tentang pembuatan surat kuasa khusus, yaitu surat kuasa tegas bagi kuasa hukum, menurut Pedoman Lengkap Pembuatan Surat Kuasa. menyelesaikan masalah hukum.

contoh surat kuasa khusus banyak dicari oleh sebagian orang, yang menunjukkan bahwa penting untuk mengetahui cara membuat surat kuasa khusus itu sendiri.

Untuk penyelesaian perkara perdata, penggunaan surat kuasa khusus memang merupakan praktek yang sangat lumrah bagi penggugat dan tergugat, dan harus disiapkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pembuatan surat kuasa akan disesuaikan dengan jenis perkara, dan tindakan yang dapat dilakukan klien tunduk pada isi surat kuasa. Oleh karena itu, ketika memberikan kuasa khusus melalui surat, Anda sebagai pemberi harus memperhatikan kuasa apa yang Anda berikan.

Surat kuasa yang berbeda, dan beberapa contoh surat kuasa khusus dapat ditemukan, tetapi tujuan pembuatan surat itu sama. Sekian dulu penjelasan tentang contoh bonus, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Semua informasi hukum yang terkandung dalam artikel ini hanya untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Dapatkan nasihat hukum untuk kasus Anda