Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Surat Keterangan Sehat. Free Download Contoh Dok

2 Contoh Surat Keterangan Sehat. Free Download Contoh Dok

Suratpedia.id - Contoh Surat Keterangan Sehat. Saat ini banyak hal yang harus disertai dengan surat keterangan sehat. Seperti mendaftar CPNS, melamar pekerjaan di BUMN atau perusahaan swasta, melampirkan izin, dll.

Surat keterangan sehat adalah surat keterangan khusus yang dikeluarkan oleh dokter, yang dikeluarkan oleh rumah sakit, praktisi kesehatan, atau puskesmas.

Surat tersebut berisi informasi tentang kesehatan orang yang diperiksa, termasuk riwayat penyakit yang dialami atau penjelasan tentang kesehatan fisik dan mental pasien yang baik.

Masa berlaku surat keterangan sehat ini sangat bervariasi dan biasanya disesuaikan dengan keadaan dan manfaat surat keterangan sehat tersebut.

Tidak ada aturan baku tertulis untuk menjelaskan masa berlaku surat keterangan sehat. Misalnya surat keterangan sehat untuk mengikuti kegiatan fisik tertentu seperti lomba olahraga atau marathon, surat tersebut hanya berlaku 1-3 hari.

Sementara itu, surat keterangan sehat yang dihasilkan untuk melamar pekerjaan umumnya berlaku dalam waktu 1-2 minggu sejak tanggal diterbitkan, dan disesuaikan dengan keinginan perusahaan untuk menyaring calon karyawan.

Penerbitan surat keterangan sehat harus memiliki dasar hukum yang diatur dalam Pasal 7 Bab 1 Kode Etik Kedokteran Indonesia (KODEKI). Setiap dokter yang menerbitkan surat keterangan sehat wajib melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap pasien secara langsung, dan harus dilakukan sesuai dengan kondisi pasien yang sebenarnya.

Karena pasien seringkali memaksa dokter untuk mengeluarkan surat keterangan sehat yang tidak sesuai dengan kondisi kesehatan pasien yang sebenarnya. Hal ini dimaksudkan untuk menutupi riwayat kesehatan pasien, yang dianggap menghalangi pasien untuk diterima bekerja, dan terkadang juga digunakan untuk menyimpan uang di bank tertentu atau untuk membuat asuransi.

Cara membuat surat keterangan sehat

Simak petunjuk dan contoh surat keterangan sehat yang mudah dibuat di bawah ini!

Untuk membuat surat keterangan sehat, Anda bisa mendatangi rumah sakit, puskesmas, klinik atau tempat praktek dokter terdekat.

Cara membuat surat keterangan sehat dari rumah sakit:

  • Pergi ke rumah sakit terdekat dari rumah Anda, Rumah sakit umum atau rumah sakit swasta, tetapi biasanya di rumah sakit umum daerah/RSUD, Anda dapat membayar lebih sedikit.
  • Pergi ke departemen layanan pelanggan dan berkata bahwa saya memerlukan sertifikat kesehatan. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke departemen tempat pembuatan surat keterangan sehat.
  • Daftarkan diri Anda sebagai pasien di rumah sakit. Jika Anda telah diuji atau terdaftar sebagai pasien di rumah sakit, Anda hanya perlu memberikan nama dan tanggal lahir Anda untuk diverifikasi oleh rumah sakit. Jika Anda belum pernah mendaftar ke rumah sakit, Anda dapat mendaftar sebagai pasien baru.
  • Kemudian dokter di departemen akan membuatkan surat keterangan sehat untuk Anda, dan pemeriksaannya antara lain: tekanan darah, pemeriksaan berat badan dan tinggi badan, golongan darah, buta warna, dll.
  • Anda akan diarahkan ke ruang eksekutif untuk membuat surat keterangan sehat. Jika dinyatakan sehat, surat keterangan sehat akan disertai dengan tanda tangan dokter pemeriksa.

Cara membuat surat keterangan sehat di puskesmas, klinik atau tempat praktek dokter:

  • Dari rumah Anda ke pusat kesehatan terdekat, klinik atau kantor dokter.
  • Ambil nomor antrian dan antri dengan sabar
  • Ketika giliran Anda, Anda bisa langsung menuju ruang latihan GP
  • Komunikasikan niat Anda untuk membuat surat keterangan sehat kepada dokter yang merawat Anda.
  • Dokter kemudian akan bertanya tentang riwayat kesehatan umum Anda. Dalam hal ini, mohon berikan informasi tentang riwayat kesehatan Anda dengan sebenar-benarnya dan jangan menutupi riwayat kesehatan Anda.
  • Sama seperti di rumah sakit, Anda akan diperiksa oleh dokter. Pemeriksaan meliputi: pengukuran berat badan dan tinggi badan, golongan darah, tekanan darah, dan pemeriksaan fisik singkat lainnya.
  • Jika Anda dalam keadaan sehat, dokter Anda akan segera menuliskannya di sertifikat kesehatan Anda.

Download Template Contoh Surat Keterangan Sehat Format Word .Doc Gratis Disini