Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Surat Keterangan Penghasilan. Free Download Contoh Dok

2 Contoh Surat Keterangan Penghasilan. Free Download Contoh Dok

Suratpedia.id - Surat keterangan penghasilan adalah surat dari perusahaan kepada karyawan dengan rincian bagian dari gaji yang mereka terima setiap bulan. Biasanya, surat ini digunakan oleh karyawan untuk tujuan tertentu.

Misalnya, ketika mereka ingin meyakinkan orang lain tentang gaji yang mereka terima. Biasanya, karyawan harus melampirkan surat tersebut ini untuk keperluan administrasi. Seperti pengajuan pinjaman, pengajuan KPR, dll.

Sebelum menerima surat ini, biasanya karyawan harus terlebih dahulu menyerahkannya kepada perusahaan. Setelah itu, perusahaan akan melampirkan surat keterangan penghasilan yang disesuaikan dengan kebutuhan karyawan.

Komponen penting dalam surat keterangan penghasilann

Padahal, tidak ada aturan baku bagi perusahaan untuk menerbitkan surat keterangan penghasilan bagi karyawannya.

Namun yang terpenting, dalam surat tersebut karyawan bisa melihat nominal gajinya secara detail.

Detail gaji karyawan

Item yang paling umum dan penting dalam daftar gaji atau laporan laba rugi karyawan adalah rincian jumlah gaji yang diterima oleh setiap karyawan.

Rinciannya meliputi beberapa bagian, antara lain gaji pokok, pemotongan PPh 21, dan tunjangan lainnya seperti tunjangan makan, transportasi, uang lembur, kredit, dan lainnya.

Otorisasi perusahaan

Agar surat keterangan gaji menjadi sah, harus diketahui dan ditandatangani oleh perusahaan.

Dalam hal ini, biasanya departemen keuangan dan sumber daya manusia yang bertanggung jawab untuk menyetujui surat tersebut.

Nantinya, surat tersebut akan mencantumkan nama dan jabatan sumber daya manusia atau pihak keuangan yang menyetujui surat tersebut.

Jangan lupa sertakan tanda tangan dan stempel perusahaan.

Cantumkan nama dan jabatan pegawai 

Selain perusahaan, surat harus mencantumkan nama lengkap dan jabatan pemohon surat.

Hal ini untuk memberikan informasi bahwa karyawan tersebut memang memiliki gaji yang tercantum dalam surat tersebut.

Sebutkan tujuan surat

Karena setiap karyawan menggunakan penggajian ini untuk tujuan yang berbeda, sebagai orang yang mengeluarkan surat ini, Sumber Daya Manusia juga harus menyertakan tujuannya.

Misalnya, mengajukan visa atau mengajukan pinjaman.

Dengan cara ini, surat-surat itu benar-benar digunakan sesuai kebutuhan.

Fungsinya Surat Keterangan Penghasilan

Di bawah ini adalah beberapa fitur bukti gaji atau penghasilan yang biasanya diserahkan kepada perusahaan oleh karyawan.

Biasanya surat ini akan digunakan untuk pengajuan visa, pinjaman dari bank, mencari beasiswa, pencairan dana JHT di bagian BPJS ketenagakerjaan.

Pencairan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan

Walaupun pada umumnya pegawai membayar dana JHT BPJS Ketenagakerjaan pada saat tidak bekerja atau pensiun, mereka juga dapat menarik dana selama masih bekerja.

Ketentuannya, mereka hanya bisa membayar 30% dari total dana JHT yang mereka miliki. Biasanya pihak BPJS Ketenagakerjaan akan meminta Anda untuk memberikan slip gaji sebagai salah satu syarat yang harus dilampirkan jika ingin membayar dana tersebut.

Melamar pekerjaan

Meski tidak semua, beberapa perusahaan mewajibkan kandidat untuk juga melampirkan bukti gaji terakhir sebagai bagian dari proses verifikasi. Selain itu, melalui perincian gaji karyawan, perusahaan juga dapat menentukan berapa gaji yang mereka terima.

Pembuatan visa

Beberapa negara mewajibkan warga negara Indonesia untuk melampirkan gaji atau laporan laba rugi sebagai salah satu persyaratan administrasi pembuatan visa. Kondisi ini diterapkan untuk memastikan bahwa seseorang memiliki sarana keuangan yang cukup untuk mengunjungi negaranya.

Pinjaman atau kartu kredit

Sebelum menyetujui aplikasi, bank meminta seseorang untuk melampirkan bukti gaji mereka untuk memastikan mereka dapat mengembalikan uang pinjaman sesuai dengan persyaratan dan tenggat waktu yang telah disepakati sebelumnya.

Pendaftaran Beasiswa

Ketika karyawan mengajukan beasiswa melalui jalur profesional, sekolah akan menggunakan surat ini sebagai salah satu persyaratan administrasi. Selain itu, surat rekomendasi dari atasan diperlukan sebagai persyaratan lain.

Contoh Surat Keterangan Penghasilan

Karyawan dapat mengajukan surat keterangan gaji ke HRD perusahaan.

Meskipun tidak ada aturan dalam menyiapkan surat, Talenta menyediakan contoh surat untuk referensi Anda.

Download Template Contoh Surat Keterangan Penghasilan Format Word .Doc Gratis Disini