Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Format Contoh Surat Lamaran kerja Via Email. Free Download contoh Dok

10 Format Contoh Surat Lamaran kerja Via Email. Free Download contoh Dok

Suratpedia.id - Apakah Anda baru saja menyelesaikan kuliah? Lulus SMA atau SMK? Baru saja menyelesaikan sekolah pascasarjana? Atau ingin pindah lokasi kerja untuk tantangan pekerjaan yang lebih variatif? Ya, siapa pun dapat mengembangkan karir sesuai dengan aspirasi mereka dan memenuhi tantangan masa depan mereka sendiri.

Memasuki dunia kerja, selain keterampilan, niat dan keberanian, ada beberapa masalah administrasi dan teknis yang tidak boleh dilupakan. Juga, jika Anda ingin mengembangkan karir di perusahaan atau lembaga pendidikan yang sifatnya sangat formal. Tentu saja, Anda harus melamar pekerjaan sebelum Anda dapat diterima oleh perusahaan dan mendapatkan posisi yang Anda inginkan.

Untuk memulai karir ini, Anda harus memperkenalkan diri dan menjelaskan tujuan Anda untuk perusahaan. Penjelasannya bisa dimulai dengan membuat surat lamaran yang baik dan benar.

10 Format Contoh Surat Lamaran kerja Via Email

Satu hal yang harus diperhatikan adalah format dari mana surat lamaran kerja itu sendiri disiapkan. Format lcontoh surat lamaran kerja via email yang baik dan benar? Simak penjelasannya di bawah ini!

Bagian-bagian penting yang harus disertakan dalam contoh surat lamaran kerja via emai

1. Tempat dan tanggal penulisan.

Format: kota/kabupaten, tanggal bulan tahun

2. Tujuan surat.

Terhormat. Orang tersebut beserta gelar dan jabatannya atau nama perusahaan yang dituju.

Yth.

Bpk. / Ibu Personalia

3. Tujuan surat

Perusahaan yang dituju

Alamat lengkap dengan kota/wilayah dan kode pos

4. Salam

Dengan hormat,

5. Pendahuluan/Pembukaa

Saat menulis pengantar atau pernyataan pembukaan, Anda harus menyebutkan dari mana pelamar mendapatkan informasi tentang lowongan tersebut. Informasi yang Anda dapatkan baik berasal dari koran, internet, atau dari teman pelamar.

Sebutkan peran pekerjaan yang diinginkan pelamar, terutama jika perusahaan membutuhkan banyak karyawan untuk berbagai peran baru.

6. CV

Pada format bagian ini merupakan hal yang penting karena berkaitan dengan data pribadi pemohon. Data ini berisi nama lengkap pemohon (gelar tidak wajib), tempat dan tanggal lahir, alamat pada kartu identitas, alamat tempat tinggal (jika tempat tinggal berbeda dengan alamat yang tercantum pada kartu identitas), telepon atau nomor ponsel, Surat elektronik, pendidikan (opsional).

Jika Anda ingin menuliskan latar belakang pendidikan pelamar, cukup tuliskan latar belakang pendidikan terakhir pelamar, atau berdasarkan tingkat pendidikan yang dibutuhkan.

bertanda tangan di bawah:

Nama:

Tempat/tanggal. lahir:

Pendidikan terakhir:

alamat  :

Telepon (HP):

Status:

7. Pengalaman dan kemampuan kerja pelamar

Jika Anda pernah bekerja sebelumnya, harap sertakan pengalaman kerja Anda sebelumnya. Namun, jika Anda baru saja menyelesaikan sekolah (lulusan baru) dan belum pernah bekerja, Anda tidak perlu menulis tentang pengalaman Anda. Cantumkan juga keahlian Anda yang mungkin dibutuhkan perusahaan, dan bahkan mungkin bonus untuk pelamar

Saat ini saya dalam keadaan sehat jasmani maupun rohani ………………………. Kejujuran selalu menjadi prioritas utama saya. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan. 

8. Lampiran surat lamaran

Untuk meyakinkan perusahaan target untuk menerima pelamar, Anda harus melampirkan sesuatu yang akan menambah nilai pelamar. Sertakan informasi tambahan di halaman surat lamaran.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

CV

Fotokopi Ijazah S1

Fotokopi transkrip

foto terbaru

9. Penutup

Jika pelamar memiliki keinginan yang kuat untuk mendapatkan pekerjaan atau posisi yang diinginkan di perusahaan, maka komunikasikan dalam surat lamaran bahwa pelamar sangat ingin diterima oleh perusahaan. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih di akhir kalimat.

Oleh karena itu mohon diperhatikan surat lamarannya pak/bu, terima kasih.

Saya sangat ingin mendapatkan wawancara dengan Bapak/Ibu Personalia agar saya dapat menjelaskan lebih detail tentang potensi dan kemampuan saya di perusahaan yang dipimpin oleh Bapak/Ibu

10. Hormat saya, (tanda tangan dan nama lengkap Anda

Bagian ini merupakan penegasan dari pemohon, menunjukkan rasa hormat dan keseriusan dalam menulis surat.

Hormat saya,

tanda tangan pemohon

Nama lengkap pemohon


Contoh Surat Lamaran kerja Via Email

Download Template  Contoh Surat Lamaran kerja Via Email Format Word .Doc Gratis Disini