Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Surat Pengantar Dokumen Download Contoh .Doc Gratis (Free)

surat pengantar dokumen


Suratpedia.id - Surat Pengantar Dokumen dibutuhkan untuk berbagai aktivitas dan kegiatan resmi yang membutuhkan surat pengantar, untuk mengantar dokumen seperti proposal, surat tagihan, surat pengambilan barang dan lain sebagainya biasanya diterbitkan oleh instansi, lembaga, perusahaan maupun organisasi.

Surat pengantar hakikatnya merupakan salah satu persyaratan dengan tujuan untuk memberitahukan kepada pihak yang akan ditujukan bahwa benar orang yang membawa surat merupakan seseorang yang ditunjuk untuk mengirim dokumen dan bertanggung jawab atas pengiriman tersebut. Surat pengantar juga bertujuan untuk pengarsipan dan bukti di kedua belah pihak.

Surat pengantar dokumen menjadi salah satu jenis surat resmi yang banyak digunakan oleh berbagai lembaga, perusahaan, organisasi dan instansi untuk sistem administrasi. Suratpedia akan membahas contoh surat pengantar, struktur dan tata cara penulisan yang baik dan benar.

Surat pengantar ditulis dengan menggunakan kaidah bahasa indonesia dengan ejaan yang disempurnakan (EYD) yang baik, sopan dan benar. Kamu juga harus menulis sesuai struktur dan bagian-bagian yang mesti ada pada surat pengantar.

Tips Membuat Surat Pengantar Dokumen

  1. Pastikan apa tujuan dalan membuat surat pengantar tersebut.
  2. Gunakan selalu bahasa baku yang sesuai dengan EYD bahasa indonesia ketika membuat surat pengantar.
  3. Jika menggunakan tulisan tangan, usahakan membuat serapi mungkin. Lebih baik lagi jika suratnya diprint dan diberi kop surat serta cap resmi.
  4. Menggunakan kata yang mudah dipahami oleh pembaca. Jangan menggunakan kata/kalimat yang sulit dipahami.
  5. Sebelum dikirimkan sebaiknya dicek kembali dan dibaca untuk mengoreksi dari kesalahan pembuatan surat pengantar.

Struktur dan Format Surat Pengantar Dokumen

Bagaiamana stuktur dan format yang baik dan benar dalam membuat surat pengantar ini, mari kita simak penjelasan di bawah ini:

  1. Kop Surat resmi dari instansi, perusahaan, lembaga yang biasanya berisikan dengan nama jelas lembaga, instansi, perusahaan, organisasi, logo resmi, alamat, nomor telepon dan juga email resmi.
  2. Tempat dan tanggal dibuatnya surat pengantar. Tanggal dan tempat wajib ditulis untuk mengetahui kapan surat ini dibuat dengan tujuan pengarsipan dan mengetahui seberapa lama surat ini dibuat.
  3. Nomor Surat untuk tujuan pengarsipan dan juga untuk memudahkan mencari dokumen tersebut.
  4. Perihal Surat atau tujuan dari surat pengantar dokumen tersebut untuk apa.
  5. Pembuka Surat. Salam pembuka atau pendahuluan latar belakang dibuat surat pengantar.
  6. Isi surat. Maksud dari pembuatan surat pengantar untuk tujuan apa.
  7. Identitas Penerima Surat dan kadang-kadang ditulis juga pemberi surat. Tulis nama jelas, jabatan, nomor kontak dan instansi yang menerima.
  8. Penutup surat.
  9. Tanda tangan dan cap surat resmi dari instansi, lembaga atau organisasi.

Setelah melihat stuktur dan format dari surat pengantar dokumen, tentunya kamu sudah mempunyai sedikit gambaran bagaimana membuat surat pengantar yang baik dan benar. Jika langsung membuat nya, tentu akan sedikit kesulitan dalam menyusun kata-kata nya. Oleh karena itu, mari kita simak bagaimana contoh dari surat pengantar ini dan juga akan disertakan download template surat pengantar dokumen di link paling bawah di artikel suratpedia.id ini.

Contoh Surat Pengantar Dokumen

KOP SURAT

Jakarta, 11 Desember 2021

Nomor             : XX/XXX/X/2021

Lampiran         : (diisi dengan berapa berkas lampiran)

Perihal             : Surat Pengantar Penawaran

Kepada Yth,

Bagian Pengadaan Barang dan Penjualan

PT NamaPerusahaan

Jl. Nama Jalan No 12B

KotaTujuan

Dengan hormat,

Setelah mempelajari dan menganalisa PT ……………….………yang kini memiliki pasar semakin luas, kami dari Perusahaan (Naman Perusahaan Anda) bermaksud untuk memberikan penawaran beberapa produk yang  kami  produksi. Bersamaan dengan surat ini kami juga melampirkan penawaran produk yang bisa Bapak / Ibu  pilih sesuai dengan paket.

Demikian surat ini kai buat, besar harapan kami agar Perusahaan Bapak / Ibu dapat bekerja sama dengan kami. Atas kebijaksanaannya kami ucapkan  terimakasih.

Hormat Kami,

Nama

Jabatan

Download Template Surat Pengantar Dokumen Format Word .Doc Gratis (Free) Disini