Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Format Surat Serah Terima Uang Download Contoh .Doc Free

Surat Serah Terima Uang Download Contoh .Doc Free

Suratpedia.id Surat Serah Terima Uang dibutuhkan sebagai bukti dokumen tertulis berapa jumlah uang yang diterima, keterangan identitas penerima uang dan keterangan tujuan dari serah terima uang tersebut.

Tidak sedikit yang masih belum mengetahui bahkan juga bingung bagaimana cara membuat surat serah terima uang yang benar dan baik. Jangan khawatir, suratpedia akan membahas dalam artikel dibawah ini ya sob.

Surat serah terima ini tergolong surat yang penting dan digunakan dalam kondisi tertentu, seperti dalam transaksi jual beli ataupun penyedia pengadaan jasa tertentu.

Dokumen atau surat ini sangat penting dalam aktivitas bisnis untuk menghindari adanya kesalahpahaman atau perselisihan yang akan timbul jiika ada kesalahan dalam pengiriman atau penerimaan uang di saat yang akan datang. Oleh karena itu, surat tanda terima ini berisi keterangan yang detail seperti jumlah uang yang diterima, nama penerima beserta identitas nya serta tanggal penyerahan nya.

Setelah menerima atau mengirimkan surat serah terima inilah, sebaiknya disimpan surat tersebut di tempat yang aman dan tidak susah ketika mencari dokumen tersebut. Suatu saat, terjadi penipuan atau hal-hal yang tidak terduga dan tidak diinginkan, surat ini bisa menjadi surat yang menjadi acuan dan bukti sah dengan sesuai hukum yang berlaku.

Fungsi Surat Serah Terima Uang

Ada beberapa fungsi dari surat tanda terima yang akan ada nanti ketika dibutuhkan, antara lain adalah :

  1. Mengindari dari kejadian dan hal-hal buruk yang tidak diinginkan dan merugikan seperti penipuan berkedok atau kecurangan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, karena surat ini secara hukum adalah sah dan dapat dipertanggung jawabkan.
  2. Sebagai bukti bahwa sudah melakukan kewajiban untuk memberikan uang kepada pihak penerima uang.
  3. Mendapatkan detail rincian data penerimaan uang seperti kapan tanggal diterima, siapa yang menerima, jumlah uang nya berapa, serta tanda tangan yang menerima uang tersebut.

Format Surat Serah Terima Uang

Berikut adalah format surat tanda terima yang biasanya dibuat agar informasi dari isi surat tersebut memuat detail yang dibutuhkan dan dapat dipertanggung jawabkan, antara lain adalah :

  1. Judul Surat. Ini merupakan hal yang penting dalam format surat tanda terima ini, agar dapat memudahkan dalam pengecekan di lapangan dan juga saat melakukan pencarian dokumen ataupun pengarsipan.
  2. Tanggal Surat Diterima. Tanggal surat bisa menjadi bukti kapan surat diterima, apakah tepat waktu atau terlambat pengiriman nya. Tanggal ini juga dapat memudahkan dalam pelacakan surat.
  3. Identitas Lengkap Penerima. Isi dengan identitas seperti nama lengkap, NIK, nomor telepon yang bisa dihubungi dll yang dapat memudahkan pembuktian sah pengiriman uang.
  4. Keterangan Uang yang diterima. Bisa disebutkan uang tersebut untuk tujuan apa dan sudah lunas atau sebagian. Detail rincian nominal juga perlu diisi.
  5. Tanda tangan dari penerima dan pengirim uang. Tentu saja yang wajib diisi adalah tanda tangan pengirim dan penerima uang.

Contoh Surat Serah Terima Uang

BERITA ACARA SERAH TERIMA UANG

Nomor :   .....................



Pada hari ini  ...................tanggal..............., kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama               : ............................................

NIK                 : ............................................

yang selanjutnya disebut PIHAK KESATU.

Nama              : ............................................

NIK      : ................................................

selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.


Dengan ini PIHAK KESATU telah menyerahkan uang sejumlah Rp.......................,- (Terbilang :
........................................... Rupiah) kepada PIHAK KEDUA yang ditransfer langsung melalui Bank ...................... Nomor Rekening ....................... a.n ........................ sebesar Rp.....................(Terbilang........) dan disetor secara tunai kepada .......................... sebesar Rp..............................(Terbilang................................).

Dengan ditandatanganinya berita acara ini, pengelolaan keuangan selanjutnya menjadi tanggung jawab pihak kedua.

Demikian Berita Acara Serah Terima ini dibuat dan ditandatangani kedua belah PIHAK dengan sebenarnya untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

 PIHAK KEDUA                                                                  PIHAK KESATU

Yang Menerima,                                                                           Yang Menyerahkan,



---------------------                                                                           -------------------------


Mengetahui




-----------------