Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Format Surat Pemberitahuan Kegiatan Download Contoh .Doc Free

 

7 Format Surat Pemberitahuan Kegiatan Download Contoh .Doc Free

Suratpedia.id Surat Pemberitahuan Kegiatan dibutuhkan sebagai pemberitahuan suatu kegiatan secara resmi kepada beberapa pihak tertentu mengenai detail acara, aktivitas maupun kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan nanti.

Dalam suatu kegiatan perlu ada nya sinergi dan kekompakan yang baik dalam suatu lingkungan atau berbagai lingkungan untuk menyukseskan acara/kegiatan yang akan dilakukan, meliputi berbagai lingkungan yaitu lingkungan kerja, lingkungan sekolah, lingkungan kampus, dan lingkungan tempat tinggal.

Maka, jika ada suatu kegiatan hendaknya diberitahukan kepada pihak-pihak tertentu yang terlibat langsung ataupun tidak langsung. Tujuan nya adalah untuk menghindari dan meminimalisir masalah/konflik yang bisa saja terjadi sehingga mengganggu acara dan kegiatan pelaksanaan.

Selain sebagai pemberitahuan, surat ini juga difungsikan sebagai media meminta izin atas kegiatan atau acara yang akan dilakukan. Contohnya sebagai pemberitahuan kepada kepala desa dan juga meminta izin untuk memakai fasilitas desa yang akan digunakan untuk kegiatan.

Format Surat Pemberitahuan Kegiatan

Sebelum melihat contoh dari surat pemberitahuan, perlu diketahui beberapa struktur format surat pemberitahuan kegiatan yang resmi dan benar, antara lain adalah :

  1. Ada kop surat badan atau instansi resmi. Kop surat biasanya terletak di surat paling atas dan juga memuat detail lembaga, badan atau persuhaan terkait seperti nama, alamat, logo, kontak yang bisa dihubungi.
  2. Dituliskan kepada siapa surat ditujukan atau diterima. Penerima jelas disebutkan instansi, lembaga pemerintah atau non pemerintah. Detail penerima juga bisa dituliskan dengan identitas yang benar dan juga identitas serta kontak serta posisi dari orang yang menerima surat tersebut.
  3. Identitas lengkap dari pengirim surat pemberitahuan. Identitas pengirim harus ditulis untuk menghindari dari penipuan dan juga oknum yang tidak bertanggung jawab.
  4. Alamat penerima dan pengirim ditulis dengan jelas dan lengkap. Alamat juga penting dalam mempermudah pemberitahuan kegiatan. Ditulis secara lengkap dari nama kalan, RT/RW, kelurahan/desa. kecamatan, kabupaten atau kota. Alamat pengirim biasanya ditulis di kop surat, sedangkan penerima ditulis di amplop ataupun sebelum salam pembuka surat.
  5. Susunan surat yang baik dan benar. Format surat pemberitahuan kegiatan ditulis secara berurutan dimulai dari kop surat, nomor surat, kepada siapa surat ditujukan, salam pembuka, isi dari surat pemberitahuan, penutup, ucapan terima kasih, tanda tangan dan bila ada stempel bisa dicantumkan.
  6. Gunakanlah bahasa yang baku dan formal tetapi sederhana. Gunakan bahasa yang sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jangan gunakan bahasa slank atau gaul serta singkatan. Jika surat berbahasa inggris, gunakan bahasa yang sopan dan formal benar secara Grammar. Jika untuk masyarakat awam, hindari menggunakan bahasa yang rumit/ilmiah.
  7. Detail surat pemberitahuan mengenai waktu dan tempat harus jelas. Yang terakhir adalah, waktu dan tempat ditulis dengan jelas agar yang hadir tidak salah waktu dan tempat.

Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan

(KOP SURAT)

(Nama Kota dan Tanggal)

Nomor             : ( . . . . . . . . . . . . . . . .)

Perihal             : Pemberitahuan Kegiatan . . . . . . .

Lampiran         : . . . . . . . . . .

Kepada Yth,

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Dengan hormat,

Sehubungan dengan kegiatan / acara. . . . . . . . . . . . ., yang akan diimplementasikan pada:

Hari/Tanggal   :

Waktu              :

Tempat            :

Terkait hal ini kami ingin menginformasikan perihal kegiatan tersebut kepada Bapak/Ibu . . . . . . . . sekalian untuk meminta izin perihal keamanan supaya kegiatan yang akan kami jalankan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana.

Demikianlah surat yang dapat kami sampaikan terkait kegiatan ini, atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

(Nama dan Tanda Tangan)

Download Template Surat Pemberitahuan Kegiatan Format Word .Doc Gratis (Free) Disini