Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8+ Format Surat Pemutusan Hubungan Kerja dan Download Contoh .Doc Gratis (Free)

8+ Format Surat Pemutusan Hubungan Kerja dan Download Contoh .Doc Gratis (Free)


Suratpedia.id Surat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) merupakan surat penyataan yang diterbikan perusahaan untuk karyawan nya dengan tujuan untuk mengakhiri kontrak kerjasama antara pekerja dan pemberi kerja tersebut.

Menurut Undang-Undang Ketenagakerjaan No.13 Tahun 2003 BAB I Pasal 1 ayat (25), PHK artinya yaitu sebagaimana dijelaskan berikut ini. 

Pemutusan hubungan kerja adalah pengakhiran hubungan kerja karena suatu hal tertentu yang mengakibatkan berakhirnya hak dan kewajiban antara pekerja/buruh dan pengusaha. 

Dengan adanya pandemi Covid 19 dari tahun 2019 tentunya banyak sekali karyawan yang di berhentikan karena operasional toko yang dipangkas bahkan ditutup permanen karena pembatasan oleh pemerintah maupun tidak adanya pengunjung/pembeli sehingga memaksa keadaan dimana banyak yang di PHK. Hal ini tentu tidak diinginkan baik bagi karyawan maupun pelaku usaha.

Alasan Dikeluarkannya Surat Pemutusan Hubungan Kerja

Pemutusan hubungan kerja memiliki berbagai jenis alasan, berikut adalah alasan-alasan yang menjadi faktor penghentian hubungan kerja antara lain adalah :

  1. Karyawan/Pekerja telah wafat atau meninggal dunia.
  2. Bagi karyawan tidak tetap yang kontrak kerja nya sudah habis dan tidak diperpanjang.
  3. Keputusan bersama untuk menghentikan karyawan dari hasil rapat perusahaan ataupun pengadilan setempat karena ada suatu kasus dan lain sebagainya.
  4. Karyawan telah absen selama 12 bulan lebih karena sakit dengan disertai surat keterangan dokter.
  5. Pekerja memiliki kewajiban lain nya seperti tugas negara atau kewajiban negara sehingga berhalangan dan tidak dapat bekerja sesuai yang diharapkan.
  6. Pegawai tidak bisa bekerja karena kewajiban beragama yang menyebabkan kelalaian perusahaan.
  7. Pegawai mengalami cacat permanen karena suatu kecelakaan yang fatal.
  8. Pegawai mempunyai visi, misi dan prinsip yang berbeda dari perusahaan.
  9. Pegawai melaporkan perusahaan dengan pelanggaran tindak pidana

Format dan Isi Surat Pemutusan Hubungan Kerja

Karena surat ini merupakan termasuk jenis surat resmi, maka dalam penulisan nya mempunyai format tertentu, antara lain adalah :

  1. Kop surat resmi perusahaan. Kop surat dibutuhkan dalam surat pemutusan kerja ini, untuk membuktikan keabsahan surat tersebut, Kop surat biasanya berisi nama perusahaan, alamat, kontrak, logo dan lain sebagainya.
  2. Nomor surat sekretariat/arsip perusahaan. Nomor surat wajib ditulis untuk arsip perusahaan. Nomor surat biasanya terdiri dari beberapa kode, nomor antrian surat, divisi, bulan dan tahun dibuat surat.
  3. Perihal surat. Perihal ini sangat penting ditulis. Perihal diisi dengan pemutusan hubungan kerja atau surat pemberhentian kerja.
  4. Identitas lengkap yang memberikan keputusan pemberhentian. Biasanya yang ditulis staff HRD yang menerbitkan surat tersebut pemutusan hubungan kerja.
  5. Isi dan Maksud dari surat. Biasanya terdiri dari nama karyawan yang diberhentika, alasan diberhentikan dan juga tanggal kapan terakhir kerja.
  6. Penutup surat. Kata-kata penutup surat.
  7. Tempat dan tanggal surat dibuat.
  8. Tanda tangan, nama lengkap, jabatan dan stempel perusahaan yang resmi.

Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja

KOP SURAT

SURAT PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA
Nomor : XX/ ……/…../…../2021

Perihal : Surat Pemutusan Hubungan Kerja / Surat Pemberhentian Kerja
Kepada Yth,
Sdr. ………………
Di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan hasil evaluasi kinerja saudara selama 12 bulan terakhir, maka kami menilai tidak ada peningkatan dan perbaikan kinerja dari sisi kedisiplinan dan efektifitas pekerjaan. Maka dari itu, kami memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak kerja (Pemutusan Hubungan Kerja) dengan Saudara …………….

Dengan demikian, terhitung mulai Tanggal 1 Bulan ……… Tahun …………., hubungan kerja antara PT. ………….. dengan Saudara …………. dinyatakan berakhir. Atas nama perusahaan, kami menyampaikan terima kasih banyak atas kinerja yang Saudara berikan selama ini.

Demikian surat pemutusan hubungan kerja ini kami sampaikan dan agar dapat dimaklumi, terima kasih.

…………, X …………. 2021
PT. …………….

……………..
HRD Manager

Download Template Surat Pemutusan Hubungan Kerja Format Word .Doc Gratis (Free)