Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Tips Surat Permohonan Magang dan Download Contoh .Doc Gratis (Free)

7+ Tips Surat Permohonan Magang dan Download Contoh .Doc Gratis (Free)


Suratpedia.id Surat Permohonan Magang merupakan surat untuk memohon kepada perusahaan untuk bisa magang dalam syrarat kelulusan pendidikan di suatu sekolah ataupun perguruan tinggi.

Sebelum lulus dan bekerja di salah satu perusahaan kamu bisa mempunyai pengalaman kerja melalui kerja madang di salah satu perusahaan swasta atau negeri. Ga perlu takut untuk kerja magang, karena biasanya perusahaan akan memberikan pelatihan atau training untuk melakukan bidang pekerjaan nya dengan baik.

Jika kamu beruntung dan dipercaya oleh perusahaan tempat kamu magang, setelah lulus dari sekolah atau kuliah kamu bisa ditawari untuk melemar dan diterima sebagai karyawan perusahaan. Selalu lakukan yang terbaik dan ambil kesempatan jika itu baik untuk masa depan kamu.

Apa itu Magang? Jika melihat kepada Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan bahwa magang adalah bagian dari sebuah sistem pelatihan kerja yang dapat diselenggarakan oleh balai pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah pengawasan dan bimbingan pegawai yang lebih berpengalaman atau instruktur khusus dalam produksi barang atau jasa di sebuah perusahaan supaya menguasi keterampiland dan keahlian khusus di bidang tertentu.

7 Tips Format Membuat Surat Permohonan Magang

  • Tuliskan kepada siapa pihak yang akan ditujukan surat magang nya. Pastikan ditujukan kepada pihak yang tepat seperti biasanya bagian Human Research Departement (HRD) perusahaan.
  • Sertakan Pembukaan surat permohonan. Biasanya ditulis sepert salam atau dengan hormat dan sebagainya. Jangan terlalu bertele-tele langsung to the point dan juga bisa menjelaskan secara singkat identitas perkenalan kamu.
  • Tuliskan identitas kamu. Meski identitas ada di Curriculum Vitae (CV) kamu, tetap harus dituliskan dalam surat magang kamu. Tuliskan secara singkat identitas kamu seperti nama lengkap, nomor telepon, alamat dan lain sebagainya.
  • Jelaskan maksud dan Isi dari Surat. Jelaskan dan tuliskan secara detail maksud dan tujuan surat ini dibuat dan juga alasan kenapa mengajukan magang di perusahaan tersebut. Bisa juga secara spesifik disebutkan untuk magang di departemen atau divisi tertentu tergantung dari jurusan atau keahlian kamu. Waktu permintaan magang juga perlu dijelaskan.
  • Lampirkan Dokumen pendukung. Dokumen lampiran tidak hanya CV saja melainkan data pribadi seperti KTP, SIM, foto pribadi dan lain sebagainya.
  • Jangan lupa menulis penutup Surat. Ucapakan harapan kamu dan juga terima kasih kepada perusahaan tersebut dengan sopan dan juga tidak memaksa.
  • Tanda tangan dan Nama Lengkap. Tuliskan nama lengkap beserta tanda tangan basah kamu, usahakan warna biru yah.

Contoh Surat Permohonan Magang

Permohonan Magang Kerja

Kota , XX ………….. 2021

Perihal : Permohonan Magang Kerja
Lampiran : 1 (Satu) Bundel

Kepada Yth,
HRD Manager
PT …………………………..
Jalan …………………………..
Kota

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi tentang lowongan magang kerja bakti PT ……………… yang saya baca di situs resmi perusahaan, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                         : …………………………..

Tempat/Tgl Lahi       : …………………………..

Jenis Kelamin          : …………………………..

Pendidikan               : …………………………..

Kewarganegaraan   : …………………………..

Agama                       : …………………………..

Nomor telepon          : …………………………..

Alamat                        : …………………………..

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan magang kerja bakti di PT ………………….. dengan posisi sebagai ………….. . Saya telah membaca semua persyaratan dan bersedia memenuhi semua ketentuan perusahaan, termasuk menjalani masa intership selama ….. (……) bulan dan bekerja dalam sistem full time (waktu penuh).

Untuk itu, sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu HRD, bersama surat permohonan magang ini saya turut melampirkan :

  • Fotokopi Ijazah Terakhir
  • Fotokopi Transkrip Nilai
  • Fotokopi KTP
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Surat Keterangan Berbadan Sehat
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Pas Foto Terbaru Ukuran 4 x 6
  • Fotokopi Sertifikat Akreditasi

Besar harapan saya Bapak/Ibu bisa memberikan saya kesempatan wawancara, sehingga saya bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai potensi diri dan kemampuan yang saya miliki di bidang ………….. khususnya di bidang ……………...

Demikian surat permohonan magang ini saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Semoga PT …………………. selalu sukses dan sejahtera.

Hormat Saya,

…………………..

Download Tempalate Surat Permohonan Magang Format Word .Doc Gratis (Free) Disini.