Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Format Surat Perkenalan Perusahaan dan Contohnya (Terbaru)

Surat Perkenalan Perusahaan

Suratpedia.id - Surat Perkenalan Perusahaan merupakan surat yang ditulis dan dikirimkan kepada pihak calon klien atau pelanggan, calon relasi bisnis, supplier untuk memperkenalkan produk atau jasa yang akan dikenalkan dan ditawarkan oleh perusahaan tersebut.

Surat ini bisa menjadi suatu awal dari kerjasama atau awal perjanjian dengan pihak pembeli atau relasi bisnis. Surat pekenalan ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang baru didirikan (start up) sebagai salah satu strategi marketing dan promosi yang baik.

Surat Perkenalan Perusahaan juga dikatakan sebagai surat yang bisa menyita perhatian calon klien atau pembeli serta menarik minat untuk membeli produk atau memakai jasa yang ditawarkan.

Jika ada produk baru atau jasa baru yang dikeluarkan oleh perusahaan, surat ini juga bisa dipergunakan untuk mengenalkan produk atau jasa baru tersebut. Semakin cepat kamu mengenalkan produk baru atau jasa baru, maka tentunya akan semakin baik nanti hasil dari strategi pemasaran nya.

Kamu harus memahami bahwa dalam menulis surat ini harus mengikuti aturan dan format serta bahasa yang sesuai dengan EYD serta penulisan yang benar. Pastikan bahwa tidak ada kata yang salah atau typo dalam penulisan surat perkenalan perusahaan.

Sebaiknya dalam surat ini memuat keterangan yang lengkap, misalnya tentang info profil perusahaan, seberapa bonafide perusahaan, produk dan jasa yang ditawarkan beserta spesifikasi dan mutu kualitas nya, manfaat serta kegunaan jika ada dalam produk yang ditawarkan perusahaan.

Supaya memperkuat kualitas produk dan perusahaan maka bisa dicantumkan pula portfolio atau perusahaan yang bonafide yang telah memakai atau menjadi klien yang sudah bekerja sama dengan perusahaan kamu. Bisa juga dengan melampirkan berkas dan dokumen pendukung seperti akta pendirian usaha, jajaran direktur dan komisaris dan lain sebagainya.

Format Isi Surat Perkenalan Perusahaan

  1. Nama serta identitas lengkap dari perusahaan serta kategori bidang usaha yang dijalankan oleh perusahaan tersebut
  2. Alamat Lengkap perusahaan yang menawarkan produk atau jasa
  3. Spesifikasi produk dan kualitas produk dijelaskan secara rinci
  4. Harapan atau kegunaan manfaat menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan
  5. Melampirkan portolio perusahaan , dokumen lengkap pendirian perusahaan dan lain sebagainya yang mendukung bukti bahwa perusahaan kamu benar dan kuat secara branding,
  6. Jangan lupa menuliskan kontak dari bagian marketing/pemasaran yang dapat dihubungi oleh calon klien atau pembeli potensial

Contoh Surat Perkenalan Perusahaan

KOP SURAT PT ABCD JAYA

Jalan ………………………………………

…………, 29 September 2021

Nomor        : 10/BS/MM/II/2020

Lampiran    : 1 Berkas

Masalah      : Perkenalan Serta Penawaran Barang

Kepada Yth,
Direktur Perusahaan ……………………Jalan ……………………
…………………….

Dengan hormat,

Melalui surat ini, izinkan kami memperkenalkan diri sekaligus memberikan sebuah penawaran barang. Kami PT …………………… merupakan sebuah perusahaan yang menjorok pada bidang …………………….

Kami adalah perusahan yang dapat dipercaya, dalam raihan gemilang kami, sudah lebih dari …………………… perusahaan besar yang berkerjasama dengan kami. Pelayanan yang kami berikan sudah terbukti baik dan barang yang kami tawarkan mempunyai kualitas yang amat unggul.

Kami mempunyai kelebihan dalam masalah harga. Dalam produk yang kami tawarkan amat murah namun kualitasnya sudah terjamin. Tidak hanya itu, kami selalu memberikan potongan harga pada pembeli yang memesan dalam jumlah banyak.

Oleh karena itu, bersama surat ini kami lampirkan sebuah dokumen pendukung yang diperlukan serta dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan kerjasama.

Berikut sebuah rincian dokumen yang akan kami lampirkan :

  1. Katalog Produk
  2. Profil Perusahaan
  3. Dokumen lainnya yang menyangkut kerjasama.

Disini, kami menyediakan berbagai pilihan pembayaran, mulai dari metode cash maupun metode pembayaran melalui kartu kredit.

Dalam metode pembayaran melalui kartu keredit, pihak yang bersangkutan dapat melakukannya dengan Bank Mandiri dan BCA, serta kami juga memberikan sebuah sistem pembayaran cicilan dengan DP sebesar 50% pemesanan.

Demikian surat ini kami lampirkan, guna permintaan kerjasama yang kami buat dapat diterima dengan berbagai pertimbangan dan tentunya dengan senang hati.

……………………, 29 September 2021

Hormat kami

……………………

Download Tempate Surat Perkenalan Perusahaan (.Doc) Disini