Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Panggilan Kerja yang Baik dan Benar

surat panggilan kerja

Suratpedia.id - Surat penggilan kerja merupakan surat yang dibuat oleh pihak instansi atau perusahaan dalam proses penerimaan calon karyawan baru. Sehingga, surat ini akan diterima oleh para pencari kerja atau pelamar kerja jika dalam proses perekrutan yang bersangkutan lolos dan diterima oleh instansi atau perusahaan tersebut.

Jika mau bertindak sebagai seorang staf HRD (Human Resource Departement) suatu perusaahan maka perlu untuk mempelajari format dan contih surat panggilan kerja ini. Karena surat ini merupakan surat resmi yang dikeluarkan oleh instansi atau perusahaan dalam tahap melakukan proses panggilan kepada pelamar kerja.

Jika sebagai pelamar atau pencari kerja maka surat panggilan kerja merupakan hal yang ditunggu-tunggu karena itu tandanya bahwa surat lamaran yang diajukan telah diproses oleh instansi atau perusahaan untuk menjadi kandidat untuk proses selanjutnya yaitu interview, testing dan lain sebagainya.

Bagi para pelamar kerja juga harus teliti dan mengenali surat panggilan ke instansi ataupun perusahaan dengan baik, karena banyak sekali penipuan yang terjadi dalam proses perekrutan, biasanya proses nya melalui uang masuk tebusan, uang admin dan lain hal. Dengan pengetahuan yang baik maka kamu bisa membedakan mana surat yang resmi dari perusahaan dan mana surat yang mengaku sebagai oknum perusahan yang akan menipu.

Surat panggilan kerja dapat berupa beberapa perihal surat antara lain panggilan tes tertulis, panggilan tes wawancara, dan panggilan untuk memulai kerja. Karena surat ini termasuk surat resmi maka dalam pembuatan nya harus mengikuti format dan isi yang legal atau resmi dalam surat menyurat antara lain adalah bahasa yang formal, memakai kop surat instansi/perusahaan yang resmi, bahasa yang singkat dan jelas, nomor, perihal dan lain sebagainya yang akan kita bahas dibawah ini.

Format Isi Surat Panggilan Kerja

Dalam membuat surat panggilan sebenarnya tidak susah dan juga biasanya setiap instansi atau perusahaan sudah mempunyai format atau dokumen yang resmi yang sudah disiapkan sejak awal sehingga jika ada masalah atau suatu proses perkerjaan muncul sudah tersedia dan tinggal diedit saja. Pada umumnya format nya ada poin poin penting yaitu sebagai berikut :

  • Kop surat resmi instansi ataupun perusahaaan
  • Nomor surat resmi arsip dari divisi perusahaan.
  • Nama calon karyawan atau karyawan yang dituju
  • Isi surat yang berisi maksud dan tujuan panggilan, alamat pemanggilan, tanggal pemanggilan
  • Tanda tangan pemanggil calon karyawan/karyawan

Nah sudah tau kan apa saja format isi nya, mari kita lihat contoh surat panggilan yah, ini hanya template kamu bisa mengubah nya nanti untuk berbagai keperluan panggilan serta kamu bisa mendownload nya dalam bentuk doc microsoft wird atau google document.

Contoh Surat Panggilan Kerja

(KOP SURAT)

PT. ABCD JAYA

Jln. Suatu Jalan No. 99 Telp (021) …………..

Jakarta, …………. 2021

Nomor : ……………..
Perihal : Panggilan Tes
Lampiran :

Yth. Sdr. ……………………
Desa …………..  Kec. ……………..
Jakarta timur

Menanggapi surat lamaran kerja Saudara, maka dengan ini kami mengharap kedatangan Saudara pada:

Hari, Tanggal : Rabu, ……….. 2021
Waktu : Pukul ……….  s/d Selesai
Keperluan : Tes Tulis dan Tes Wawancara
Tempat : PT. ABCD  JAYA, Jln. ……………………..

Pada kesempatan tersebut, kami mengharap Saudara melengkapi:

1. Ijazah sarjana yang asli;
2. Transkrip Nilai asli dan salinannya;
3. Pensil 2B dan penghapus;
4. Berpakaian rapi dan formal.

Demikian surat panggilan ini dibuat. Atas perhatian Saudara, saya ucapkan terima kasih.

Manager Personalia,

………………….

(Tanda Tangan dan Nama Lengkap)

Download Template Surat Panggilan Kerja Doc