Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Fungsi dan Contoh Surat Keterangan Bekerja Dari Perusahaan

surat keterangan bekerja

Suratpedia.id - Surat Keterangan Bekerja sangat dibutuhkan sebagai bukti yang tertulis bahwa seseorang pernah menjadi salah satu karyawan di salah satu perusahaan. Surat ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk karyawan yang aktif dan juga sudah keluar dari perusahaan yang lama. Untuk itu mari kita bahas bersama-sama fungsi surat keterangan, format isi nya dan juga contoh nya.

Apa Itu Surat Keterangan Bekerja?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa surat keterangan ini menjelaskan pekerjaan atau detail jabatan, performa pekerjaan di perusahaan yang sebelumnya. Dituliskan juga di surat keterangan ini kapan mulai bekerja, informasi detail gaji dan lain sebagainya yang bisa dilampirkan tergantung dari kebutuhan dan permintaan pemohon,

Surat keterangan ini dikeluarkan oleh perusahaan lama, namun informasi yang ditulis merupakan penjelasan atau keterangan yang bersifat non-credential dan tidak rahasia.

Jadi, Bilamana seorang karyawan sudah resign atau keluar dari perusahaan lama, sang mantan karyawan bisa meminta surat keterangan bekerja yang dikeluarkan oleh perusahaan yang dimana dia bekerja sebelumnya. Biasanya menjadi salah satu persyaratan untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang baru.

Bagi karyawan yang masih aktif pun dan belum keluar dari pekerjaan nya kadang membutuhkan surat ini, untuk berbagai keperluan misalnya, untuk mendapatkan beasiswa dalam atau luar negeri, mengajukan visa perjalanan, membuka rekening bank yang diluar domisili, meminjam uang dari bank dan berbagai alasan lainnya yang dibutuhkan.

Untuk apa saja fungsi surat keterangan ini, yang suratpedia.id rangkum yah.

Fungsi Surat Keterangan Bekerja

  1. Salah satu syarat dalam melamar ke perusahaan yang baru. Surat keterangan ini membantu HRD yang mencari calon karyawan untuk tahap screening proses perekrutan, apakah benar yang ada dalam CV sesuai dengan pengalaman kerja yang pernah dilakukan.
  2. Membantu proses pengajuan sesuatu ke Bank. Surat keterangan kerja dibutuhkan kadang-kadang dalam proses yang berkaitan dengan bank, misalnya seorang karyawan yang hendak membuka rekening di suatu bank, namun bekerjanya di luar kota atau diluar domisili ktp asli atau tempat tinggal, pasti dibutuhkan surat keterangan ini untuk membuka rekening baru. Jika kamu juga ingin melakukan suatu pinjaman atau kredit kepada bank misalnya kredit kemepilikan rumah atau KPR. Biasanya bank akan memverifikasi tempat kamu bekerja, berapa gaji setiap bulannya, sanggup tidak membayar nya setiap bulan? dari informasi surat keterangan dapat menjadi pertimbangan pihak bank apakah menyetujui pengajuan kredit atau tidak.
  3. Lampiran dokumen ketika membuat Visa. Jika merencanakan untuk membuat visa keluar negeri, maka wajib melampirkan surat keterangan dari perusahaan. Untuk memastikan bahwa pemohon visa memiliki pekerjaan tetap sehingga ketika habis masa visa nya dapat kembali ke negara asal.
  4. Syarat klaim dana BPJKS Ketenagakerjaan. Surat keterangan kerja juga dapat membantu dalam urusan pencairan dana Jaminan Hari Tua dari BPJS ketenagakerjaan yang dihimpun oleh perusahaan setiap bulan nya dengan memotong gaji dari karyawan.
  5. Mendapatkan beasiswa profesional dalam negeri maupun luar negeri. Surat keterangan ini dapat membantu kamu yang mencari bantuan beasiswa dalam negeri maupun luar negeri. Dijelaskan dalam surat ini bahwa bagaiamana kinerja pencapaian karyawan di perusahaan. Surat ini tentunya membuka peluang yang luas supaya tingkat penerimaan beasiswa nya bagus.

Format Isi dan Prosedur dari Surat Keterangan Bekerja

Biasanya ada beberapa poin penting dalam pembuatan surat keterangan bekerja antara lain adalah :

  • Kop surat resmi perusahaan yang berisi nama, logo, alamat perusahaan.
  • Nama lengkap beserta identitas karyawan
  • Dituliskan jabatan atau detail pekerjaan yang sekarang atau di perusahaan sebelumnya jika sudah jadi mantan karyawan
  • Tanggal kapan mulai bekerja
  • Keterangan lain seperti tempat tanggal lahir, NIK dan KTP karyawan

Bila dibutuhkan juga dicantumkan detail gaji yang diterima setiap bulannya. Kadang keterangan yang dibagikan perusahaan akan berbeda-beda. Permohonan surat keterangan nya biasanya seorang karyawan atau mantan karyawan menghubungi pihak SDM/HRD perusahaan.

Proses request permohonan surat keterangan bekerja akan berbeda-beda pada tiap perusahaan. Kadang ada yang sudah punya formulir sehingga kamu tinggal mengisi saja data untuk dibuatkan surat keterangan kerja ataupun kamu diminta conoh surat keterangan (download dibawah) sehingga kamu bisa menyerahkan nya sebagai template surat keterangan dan lain sebagainya.

Contoh Surat Keterangan Bekerja

SURAT KETERANGAN KERJA

Nomor Surat: 001/ORG/XI/2021

Dengan hormat,

Yang bertandatangan dibawah ini :

Nama : Nagita Slavina

Jabatan : Manajer SDM

Alamat : Jl. …………  , ………..

Dengan ini menerangkan bahwa :

Nama : Rafi Ahmad

Jabatan : Staf IT

Alamat : Jl. ……………………..

Merupakan karyawan yang bekerja di PT ………………………... Bekerja sebagai karyawan sejak tanggal ……………………….. sampai saat ini.

Selama menjadi karyawan PT ……………………….., Rafi Ahmad mampu menampilkan kreatifitas, dedikasi serta dapat menunjukkan kemampuannya dalam mengelola pekerjaan perusahaan dengan baik.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan dasar sebenarnya dan dapat dipergunakan untuk semestinya.

<Tempat dan Tanggal Surat Dibuat>

<Nama Dan Tanda Tangan>

<Stempel>

Download Template Contoh Surat Keterangan Bekerja (Doc) Disini