Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surat Izin Keramaian ke Polsek/Polres untuk Berbagai Acara

Surat Izin Keramaian

Suratpedia.id - Surat izin keramaian sangat dibutuhkan sekali untuk meminta izin kepolisian jika akan mengadakan kegiatan yang mengudang keramaian banyak orang. Dengan surat ini maka akan menjadi jaminan bahwa segala kegiatan yang akan diadakan boleh dilakukan, resmi dan dengan izin dari kepolisian.

Jika misalnya akan mengadakan pawai keagamaan, Agustusan dan lain sebagainya, kepolisian dan jajaran nya harus mengetahui rute lalul lintas yang akan dilalui dan memastikan bahwa lalu lintas tetap lancar.

Kepolisian tentunya mempunya tanggung jawab dan peran penting dalam keamanan, kedamaian dan keselamatan lingkungan di sekitar acara. Maka, jika ada penyelenggaraan yang melibatkan barang orang pasti nya kepolisian juga akan terlibat dalam acara tersebut.

Surat izin keramaian hukum nya wajib dan dibutuhkan sebelum diadakannya suatu acara yang besar dan melibat banyak orang. Jika surat izin dari kepolisan belum di tanda tangani, tentunya acara tersebut akan dicap ilegal dan berpotensi dibubarkan secara paksa oleh pihak kepolisian.

Format dan Prosedur dari Surat Izin keramaian

Dalam membuat surat izin ini dibutuhkan beberapa poin-poin format dan prosedur yang pentin karena kegiatan yang akan mengundang banyak masyarakat, antara lain adalah :

  1. Tuliskan Nama Kegiatan dalam isi surat untuk menjelaskan secara umum kegiata yang akan diadakan.
  2. Terangkan Tujuan kegiatan dilaksanakan, sehingga pihak yang memberikan izin akan memahami dan akan melakukan antisipasi jika ada kejadian yang diluar dugaan.
  3. Jelaskan Waktu Kegiatan pelaksanan nya. Tanggal Bulan Tahun, Waktunya jam berapa mulai sampai jam berapa, apakah waktunya dalam satu hari atau dilaksanakan dalam beberapa hari.
  4. Tuliskan Tempat Kegiatan dengan rinci. Tempat harus jelas ditulis dengan alamat yang benar.
  5. Rincikan Susunan Acara, Detail Kegiatan yang akan diadakan. Lampirkan susunan acara dan lampiran detail kegiatan misalnya rute yang akan dilalui dan lain sebagainya.
  6. Nama Penanggung Jawab beserta identitas lengkap. Sangat penting ada nya penanggung jawab acara, karena bila ada sesuatu kendala bisa langsung menghubungi penanggung jawab acara.
  7. Berapa jumlah peserta yang akan hadir atau berpartisipasi. Jumlah peserta harus dilaporkan kepada pihak yang berwajib yang akan kita laporkan, karena akan menjadi bahan persiapan berapa personil yang akan ditugaskan serta akan disiapkan pengawalan ataupun tenaga kesehatan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.
  8. Lampirkan proposal acara/kegiatan. Dengan adanya proposal acara maka pihak yang berwajib akan menerima gambaran detail dan jelas tentang acara yang akan diadakan.

Dengan penjelasan tentang format dan prosedur apa saja dalam membuat surat izin ini, mari kita simak contoh surat izin keramaian dibawah ini.

Contoh Surat Izin Keramaian

Panitia ……………………..
Kantor : ………………………………………

Nomor : ……/……./XI/2021

Perihal : Surat Permohonan Izin Keramaian

Kepada Yth.

Bapak Kapolsek ………………..

Jalan ……………………………

Di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                             : ……………………………

Tempat, tanggal lahir     : ……………………………

Pekerjaan                      : ……………………………

Alamat                           : ……………………………

Jabatan                          : ……………………………

Dengan adanya surat ini kami mengajukan permohonan untuk izin mengadakan rangkaian acara ……………………...... sebagai acara rutin tahunan. Dan kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada :

Hari, tanggal                  : ……………………………

Waktu                             : …………………………… WIB

Tempat                          : ……………………………

Acara                             : ……………………………

Adapun kesanggupan penanggung jawab yaitu,

  1. Mampu menjaga ketertiban umum.
  2. Patuh dan taat terhadap aturan yang sudah ditentukan.
  3. Tidak mengadakan perjudian.

Demikian surat permohonan izin kami sampaikan kepada bapak. Atas perhatian yang diberikan, kami mengucapkan terima kasih.

Mengetahui,

Organizer                                Ketua Panitia

……………                           …………………….

Kepala Desa ………………                                           Direktur ……………

………………………                                                      ……………………..

Download Template Surat Izin Keramaian Doc Gratis