Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Cuti Kerja yang Baik dan 7 Hak Cuti Karyawan

 

surat cuti kerja

Suratpedia.id - Surat Cuti Kerja dibutuhkan oleh karyawan untuk syarat mengambil cuti karena berbagai alasan tertentu, misalnya mengambil hak cuti tahunan untuk berlibur dengan keluarga, cuti dalam masa periode kehamilan dan setelah kehamilan karyawan perempuan yang melahirkan.

Untuk mengambil hak cuti karyawan memang perlu mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan oleh perusahaan tempat dimana bekerja. Maka dengan itulah kamu membutuhkan surat cuti kerja.

Surat cuti kerja adalah surat yang dibuat untuk memberitahukan atau memohon izin kepada perusahaan agar diberikan izin untuk tidak masuk kerja, supaya memberikan kesan yang baik dari perusahaan terhadap karyawan yang mengajukan cuti.

Format dalam menulis surat cuti kerja juga mesti diperhatikan dengan baik dengan maksud dan tujuan yang jelas serta bahasa yang formal dengan kaidah surat cuti yang baik.

Hak cuti karyawan dan jenis-jenis cuti karyawan sudah diatur oleh pemerintah dalam undang-undang nomor 13 tahun 2013 tentang ketenagakerjaan. Apa saja jenis cuti karyawan yang dapat diambil? ada 7 Cuti karyawan yang akan dibahas di bawah ini :

  • Cuti Tahunan. Biasanya seorang karyawan yang minimal sudah bekerja selama setahun akan mendapatkan jatah cuti 12 hari per tahun, namun pastinya setiap perusahaan akan berbeda tergantung psosi dan jabatan sertaa ketentuan perusahaan.
  • Cuti Sakit. Pengajuan cuti sakit wajb melampirkan surat keterangan dokter. Memang tidak dibatasi berapa hari seseorang dapat sakit. Namun, ini berpengaruh pada penilaian kinerja karyawan jika terlalu banyak mengambil izin cuti sakit. Bianya untuk karyawan perempuan mempunyai cuti tersendiri yaitu cuti menstruasi pada hari pertama atau kedua jika tidak memungkinkan untuk bekerja.
  • Cuti Besar. Biasanya diberikan kepada karyawan yang sudah bekerja selama 5 tahun dan mempunyai etos kerja yang baik. Durasi cuti nya juga sangat panjang bisa dari 21 sampai 30 hari, Namun balik lagi kepada kebijakan perusahan masing-masing.
  • Cuti Bersama. Cuti bersama biasanya mengikuti hari libur yang ditetapkan pemerintah ketika sebelum dan sesudah hari besar keagaman seperti libur natal dan idul fitri serta hari-hari besar lainnya. Tiap perusahaan kadang berbeda, ada yang cuti bersama nya dipotong cuti tahunan, ada juga yang tidak memotong cuti tahunan karyawan.
  • Cuti Melahirkan. Hak cuti karyawan yang dalam masa kehamilan dan akan melahirkan proporsi nya ada 90 hari. Karyawan perempuan dapat mengambil nya sebelum atau setelah kehamilan tergantung karyawan nya itu sendiri. Selama cuti melahirkan maka karyawan tetap mendapatkan hak gaji nya.
  • Cuti Penting. Dalam undang-undang tadi diatas ada beberapa hak yang dapat menjadi cuti penting antara lain : Karyawan menikah (3 hari), Menikahkan anak (2 hari), Mengkhitankan anak (2 hari), Membaptiskan anak (2 hari), Melahirkan atau mengalami keguguran (2 hari), Keluarga inti meninggal dunia (2 hari), Anggota keluarga serumah meninggal dunia (1 hari).
  • Cuti Berbayar. Cuti berbayar adalah cuti yang diajukan oleh karyawan dalam waktu yang lama namun perusahaan masih memberikan gaji pada karyawan tersebut. Misalnya yang umum adalah cuti sakit dan juga cuti ambil beasiswa pendidikan. Besaran gaji nya tergantung dari kesepakatan antara karyawan dan perusahan. Untuk cuti sakit biasanya full sampai bulan ke 4, 75% dari bulan ke 5-8, setelah itu 25% sampai kepada surat karyawan di berhentikan. Namun akan berbeda sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Format dan Isi Surat Cuti Kerja

  • Tanggal dan Surat dibuat
  • Kepada siapa ditujukan surat cuti
  • Dituliskan permohonan cuti ya
  • Tanggal akan mengambil Cuti
  • Tanggal kamu kembali bekerja
  • Ucapan terima kasih telah mempertimbangkan cuti

Contoh Surat Cuti Kerja

………….., 5 ………….  2021

Perihal : Permohonan cuti tahunan
Kepada Yth,
Kepala HRD PT ……………………..
Di tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama             : ……………………..
NIK                 : ……………………..
Jabatan          : ……………………..
Divisi              : ……………………..

Bermaksud mengajukan cuti tahunan selama ……………hari, terhitung sejak tanggal ……………  sampai dengan tanggal …………… . Demikian surat permohonan cuti ini saya ajukan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

………………………

Download Template Surat Cuti Kerja Doc Gratis