Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Tanda Terima Barang Sederhana Dan Lengkap

Contoh Surat Tanda Terima Barang Sederhana Dan Lengkap

Suratpedia.id Surat Tanda Terima Barang merupakan dokumen yang sangat penting yang harus diterbitkan ketika terjadi serah terima barang dari pihak lain. Untuk mencegah kecurangan dan penipuan oknum yang tidak bertanggung jawab atas transaksi atau serah terima barang tersebut,

Surat tanda terima ini berisikan informasi barang yang diterima, jumlah barang, nominal jika ada. pihak yang menyerahkan , pihak yang menerima dan juga tujuan dari serah terima barang ini.

Biasanya surat ini berbeda dengan kwitansi. Kwitansi merupakan alat bukti sah pembayaran suatu transaksi jual beli. Sedangkan surat tanda terima barang ini biasanya akan diterima oleh pihak yang diserahkan barnag nya terlebih dahulu sebelum ada pelunasan atau kesepakatan selanjutnya.

Kenapa diberikan jenis surat tanda terima ini adalah untuk memastikan bahwa barang atau produk yang telah diterima baik dan benar oleh pihak penerima dan tidak ada kesalah dalam pengiriman barang.

Dengan adanya surat ini maka, pihak yang menyerahkan tidak usah memerika kembali ke jasa pengirimana atau ekspedisi terkait barang atau produk yang diserahkan, tetapi sudah mendapatkan laporan barang telah diterima dengan baik oleh pihak yang menerima dengan membuat surat tanda terima barang ini.

Fungsi Surat Tanda Terima Barang

  • Tindakan Preventif Mencegah Kecurangan. Surat ini merupakan bukti sah serah terima barang beli antara pelanggan dan pembeli, serta dapat menghindari kecurangan dari oknum yang tidak bertanggung jawab.
  • Laporan stok masuk barang. Mengetahui stok masuk di gudang dan juga dapat mudah menghitung bahan atau produk yang ada.

Sebelum kita bahas contoh surat tanda terima, kita akan membahas terlebih dahulu apa format dan syarat dari surat tanda terima barang ini.

Format dan Isi Surat Tanda Terima Barang

Sebelum membuat surat tanda terima uang, dokumen, atau barang penting lainnya, ada baiknya kita mengetahui format surat tanda terima yang tepat berisikan informasi detail tentang barang atau uang yang diterima, siapa penerima, dan keterangan penting lainnya. 

  • Judul Dokumen. Judul merupakan hal yang penting dalam sebuah dokumen, judul harus benar karena untuk keperluan pengarsipan dan juga pencarian dokumen jika dibutuhkan.
  • Tanggal Penerimaan Barang. Tuliskan kapan barang diterima sehingga memudahkan pelacakan dan mengingat kapan barang diterima.
  • Identitas Penerima. Cantumkan identitas lengkap dari penerima, dari nama lengkap, pekerjaan, nomor KTP , nomor telepon dan lain sebagainya. Identitas penerima harus jelas sebagai bukti sah bahwa barang telah diterima.
  • Detail Barang nya. Jelaskan keterangan detail lengkap barang diterima apa, jumlah nya berapa dan lain sebagainya.
  • Tanda tangan pengirim dan penerima barang. Bubuhi dokumen dengan tanda tangan pengirim dan penerima barang agar menjadi bukti sah bahwa barang telah diterima.

Contoh Surat Tanda Terima Barang

TANDA TERIMA BARANG
Nomor …………………

Pada hari ini ………………………………, Kami yang bertanda tangan dibawah ini, menyatakan telah menerima barang berupa …………………….  sebanyak ……………….. dari :

  • Nama      : ……………………………………..
  • NIK         : ……………………………………..
  • Jabatan   : ……………………………………..
  • Alamat    : ……………………………………..

Demikianlah berita acara serah terima barang ini di perbuat oleh kedua belah pihak, adapun barang-barang tersebut dalam keadaan baik dan cukup, sejak penandatanganan berita acara ini, maka barang tersebut, menjadi tanggung jawab kami, memelihara/merawat dengan baik serta dipergunakan untuk keperluan (tempat dimana barang itu dibutuhkan).

………………, …………………… 2021.

Yang Menerima,

Ttd

………………………

Download Surat Tanda Terima Barang Gratis Doc Template