Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank yang Baik dan Benar 2021

Surat Lamaran Kerja di Bank

Suratpedia.id - Surat Lamaran Kerja di Bank dibutuhkan untuk yang ingin melamar kerja di instansi perbankan seperti di bank BRI, Mualamat, BTN, Mandiri, BCA, BNI, BJB, dan lain sebagainya.

Bank merupakan salah satu instansi terfavorit diantara pencari kerja. Namun, supaya bisa masuk dan kerja di Bank memang sangat sulit, karena persaingan yang banyak dengan para pelamar kerja yang lain, harus memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan, serta membuat surat lamaran kerja di bank yang baik dan benar.

Syarat Dalam Melamar Kerja di Bank

Sebelum kita bahas contoh surat lamaran kerja di bank, berikut ini adalah syarat-syarat yang umumnya perlu dipersiapkan ketika kamu ingin melamar ke surat bank :

  • Latar Belakang Pendidikan yang Baik dan Sesuai dengan Kualifikasi. Syarat utamanya adalah pendidikan yang dibutuhkan di bank. Misalnya divisi akunting akan mencari pelamar yang mempunyai klasifikasi S1/S2 akutansi. Jurusan yang lain yang biasa dibutuhkan adalah jurusan Ekonomi, Tidak cuma jurusan saja, tetapi nilai IPK juga dianggap penting, minimum IPK dari setiap bank memang berbeda-beda, tapi biasanya untuk perguruan tinggi swasta minimal IPK 3.0 jika perguruan tinggi negeri biasanya minimal 2.5-2.75.
  • Maksimal Usia yang dibutuhkan. Posisi yang dibutuhkan dan kualifikasi yang dibutuhkan juga berbeda-beda. Biasanya untuk yang mempunyai pengalaman, portfolio di bank lain serta jam terbang di divisi tertentu akan diabaikan maksimal umur ini. Tetapi bila baru mau masuk ke instansi bank, atau yang baru lulus kuliah adalah minimal 25 tahun jika lulusan S1 dan 28 tahun jika lulusan S2.
  • Lulus Tes Kesehatan. Tentunya jika kamu orang yang sakit-sakitan dan tidak sehat secara jasmani dan rohani pihak HRD tidak akan menerima kamu sebagai karyawan di Bank. Calon pelamar akan mempersiapkan surat kesehatan sehat yang dikeluarkan oleh rumah sakit atau laboratorium, atau biasanya jika lolos tes screeening tahap akhir, dan calon karyawan tinggal mentanda tangani surat kontrak, calon karyawan tersebut diminta untuk tes kesehatan di laboratiorum yang ditunjuk oleh perusahaan yang bekerja sama. Jika hasil nya baik maka calon karyawan lolos ke proses rekrutmen berikutnya. Untuk persyaratan fisik secara umum untuk perempuan minimal 155cm dan untuk laki laki 165cm.
  • Belum Menikah, Syarat ini memang diperuntukan untuk program yang baru lulus dan juga program ikatan dinas pelatihan serta pendidikan untuk supaya karyawan di training secara intensif selama beberapa bulan, disiapkan untuk siap ditempatkan di bagian mana saja, disiapkan untuk menjadi Kepala Cabang suatu hari nanti. Jika bukan dari program pelatihan tadi, biasanya syarat ini tidak mutlak.

Dalam membuat surat lamaran kerja di bank, apa saja format surat yang harus ada di dalam nya? mari kita simak di bawah ini.

Format dan Isi Surat Lamaran Kerja di Bank

  • Tuliskan Tempat dan Tanggal Surat dibuat
  • Lampiran. Jika ada lampiran maka tuliskan berapa lembar lampiran dokumen nya.
  • Hal/Perihal Subjek surat dibuat.
  • Tujuan atau Kepada Siapa Surat dibuat.
  • Salam hormat atau salam pembuka.
  • Isi Surat
  • Salam Penutup.
  • Nama Lengkap dan Tanda Tangan

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

……………………….. , …. Oktober 2021

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,

HRD Bank ………………..

Kantor Cabang Pasuruan

Pasuruan

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan, bahwa Bank ……………….. Kantor Cabang ……………….. sedang membuka lowongan kerja untuk posisi teller. Sehingga saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                      : ………………………..

Tempat/Tgl Lahir    : ………………………..

Jenis Kelamin          : ………………………..

Pendidikan              : ………………………..

Telp                         : ………………………..

Alamat                     : ………………………..

dengan ini bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di Bank ……………………….. Kantor Cabang ……………………….. dengan posisi teller sesuai dengan yang Bapak/Ibu butuhkan.

Adapun pengalaman pekerjaan saya adalah pernah bekerja di ……………………….. di Kota ……………………….. selama kurang lebih selama ……………  tahun. Ada pula berupa pengalaman dan ilmu yang saya peroleh dari mengikuti beberapa seminar dan workshop yang berkaitan dengan ……………………….. .

Tidak hanya itu, bersama ini saya juga melampirkan beberapa dokumen sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, antara lain:

  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy KK
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotocopy Ijazah Terakhir
  • Fotocopy Transkrip Nilai
  • Pas Foto Terbaru Ukuran 4 x 6
  • Fotocopy SKCK

Besar harapan saya agar bisa mengikuti wawancara dan diterima menjadi salah satu pegawai Bank ……………………….. Kantor Cabang ……………………….. . Terima kasih atas perhatian dan juga kesempatan yang diberikan oleh bapak/ibu.

Hormat Saya,

………………………..

Download Template Surat Lamaran Kerja Di Bank Doc Gratis