Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Lamaran Guru yang Baik dan Benar

Surat Lamaran Guru

Suratpedia.id - Surat Lamaran Guru merupakan surat yang dibutuhkan untuk melamar suatu pekerjaan yang berkaitan dengan instansi pendidikan untuk menjadi seorang pengajar. Surat ini mempunyai spesifik jenis pekerjaan yaitu langsung tertuju pada posisi pengajar atau guru baik itu di tingkat TK, SD, SMP, SMA/SMK, Pesantren dan institusi pendidikan lainnya.

Menjadi seorang pengajar merupakan pekerjaan yang bukan hal yang mudah. Tetapi profesi guru merupakan salah satu profesi idaman bagi banyak orang, apalagi jika memang mempunyai hobi dan bakat untuk supaya anak didik menjadi pintar dan baik serta mempunyai cita-cita menjadi guru dan mencerdaskan anak bangsa melahirkan generasi yang bisa memimpin bangsa dan agama, tentu menjadi sebuah kebanggan yang tidak akan ternilai oleh materi apapun.

Menjadi seorang guru tidak harus menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), walaupun memang sebagian orang mempunyai mimpi sebagai PNS. Perlu seleksi, testing untuk menjadi PNS, faktor kemampuan atau kecakapan serta keberuntungan memang diperlukan untuk menjadi seorang PNS. Sebelum itu, kamu bisa melamar dulu sebagai guru honorer atau guru bimbel. Bagi yang kuliah keguruan bisa mencoba dulu menjadi guru bimbel, untuk menambah portfolio dan pengalaman kerja.

Sebelum mempersiapkan surat lamaran guru, ada baiknya mencari lowongan kerja guru dengan tips-tips yang akan kita bahas di bawah ini.

Tips Mencari Lowongan Guru/Pengajar

  • Kamu harus mencari informasi terkait lowongan guru di sekolah yang membutuhkan tenaga pengajar sebanyak mungkin dari teman, kerabat, maupun media lainnya baik itu media cetak, atau elektronik. Media sosial seperti facebook, instagram, whatsapp dan juga beberapa website lowongan kerja seperti jobstreet memang bisa membantu.
  • Perbanyak teman dan relasi dari kalangan guru di sekolah lainnya, ini sangat bermanfaat bagi kamu, dengan jaringan pertemanan yang luas biasanya informasi tentang kebutuhan pengajar di sekolah akan dapat diketahui.
  • Melamar sebagai guru di lembaga bimbel (bimbingan belajar). Tentu nya dengan ini dapat membantu kamu mendapatkan informasi lowongan guru dari beberapa pengajar yang mempunyai sampingan mengajar di lembaga bimbel tersebut.

Format dan Isi dari Surat Lamaran Guru

Untuk menulis surat lamaran guru yang baik, diperlukan kaidah yang baik, formal dan rapih. Poin-poin apa saja yang harus ada dalam surat ini :

  • Tempat dan tanggal surat dibuat.
  • Perihal subjek surat ditujukan.
  • Nama Penerima surat.
  • Salam Hormat Pembuka.
  • Isi dari Surat.
  • Salam Penutup dan Ucapan Terima Kasih.
  • Nama Lengkap dan Tanda Tangan pengirim Surat.
  • Lampiran Surat Lamaran.

Biasanya lampiran surat lamaran ini ada beberapa hal, namun pasti akan berbeda di setiap instansi, pada umum nya antara lain :

  1. Fotocopy ijazah S1 1 lembar
  2. Fotocopy transkrip nilai 1 lembar
  3. Fotocopy KTP 1 lembar
  4. Daftar riwayat hidup 1 lembar
  5. Pas foto terbaru ukuran 3×4 2 lembar

Contoh Surat Lamaran Guru

…………. , ….  ………. 2021

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Kepala Sekolah

……… …………., Kota ………….
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan tentang penerimaan tenaga pengajar baru di ………………………….., maka untuk itu saya mengajukan lamaran untuk bergabung di …………………………..,  yang Bapak/Ibu pimpin sesuai dengan kriteria yang saya miliki.

Untuk itu saya cantumkan biodata singkat saya sebagai berikut :

Nama:…………………………..,
Tempat/Tgl Lahir:…………………………..,
Jenis Kelamin:…………………………..,
Pendidikan Terakhir:…………………………..,
Alamat:…………………………..,
Telp.:…………………………..,

Untuk bahan pertimbangan dengan ini saya sertakan beberapa dokumen terlampir :

  1. Fotocopy Jjasah Terakhir
  2. Fotocopy Akta Lahir
  3. Fotocopy Transkrip Nilai
  4. Fotocopy KTP 1
  5. Pas Photo Ukuran 3 x 4

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Saya berharap Bapak/Ibu berkenan untuk memberikan kesempatan wawancara secara langsung kepada saya untuk lebih mengetahui tentang kompetensi saya di bidang yang saya telah tekuni.

Atas perhatian dan kesempatan yang Bapak/Ibu berikan, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

……………….

Download Template Surat Lamaran Guru Doc Disini