Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Manfaat dan Contoh Surat Kematian Beserta Format yang Benar

Contoh Surat Kematian

Suratpedia.id - Contoh Surat Kematian dibutuhkan jika seseorang telah meninggal dunia dan keluarga yang ditinggalkan membutuhkan surat ini. Surat Kematian dikeluarkan oleh pihak yang bertanggung-jawab atau berwenang untuk memberitakan bahwa seseorang telah meninggal dunia. Surat ini dikeluarkan oleh pihak yang setingkat kelurahan atau desa setempat beserta keterangan dari dokter rumah sakit.

Seseorang yang meninggal akan dihapus dari data warga negara dan juga dihilangkan dari kartu keluarga (KK). Boleh juga dikatakan bahwa hak dan kewajiban nya sebagai warga negara telah hilang, seperti hak mendapatkan asuransi kesehatan, hak mendapatkan bantuan, kewajiban pajak negara, hak untuk mendapatkan uang pensiun dari instansi kepada keluarga yang ditinggalkan dan lain sebagainya.

Kamu tidak dapat menghilangkan keterangan nama di kartu keluarga untuk seseorang yang telah meninggal dunia, kecuali telah dilengkapi dengan persyaratan dan administrasi yang telah dibuat oleh pihak berwenang.

Surat kematian sangat penting untuk digunakan oleh keluarga yang ditinggalkan untuk berbagai keperluan. Misalnya ketika kita membayar BPJS kesehatan dan yang bersangkutan meninggal dunia, maka jika kamu tidak melapor bahwa yang bersangkutan telah meninggal dunia, maka tagihan nya tetap ada sampai kamu melaporkan ke kantor BPJS setempat.

Sebelum ke contoh surat kematian mari kita simak syarat-syarat apa saja dalam membuat surat kematian.

Syarat dan Prosedur Membuat Surat Kematian

  • Surat keterangan yang disahkan oleh RT/RW domisli setempat
  • Surat keterangan dari dokter/rumah sakit yang menuliskan kronologi dan keterangan seseorang meninggal dunia
  • Surat penyataan dari pihak keluarga/ahli waris
  • Kartu Keluarga serta Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang meninggal

Jika syarat-syarat diatas sudah lengkap maka tinggal datang saja ke kelurahan setempat supaya diurus secepatnya bisa diurus sendiri oleh pihak keluarga atau dapat diwakilkan (dengan surat kuasa). Setelah surat kematian dikeluarkan oleh kelurahan/desa, kamu bisa mendaftarkan ke dinas kependudukan dan pencatatan sipil untuk mendapatkan Akta Kematian. Akta kematian jika di kota Bandung bisa melalui aplikasi Salaman.

Sebelum kita bahas contoh surat kematian, apa saja manfaat dan fungsi membuat surat kematian :

Manfaat dan Fungsi dari Surat Kematian

  1. Menghindari penyalahgunaan data kependudukan. Bisa jadi data tersebut disalah gunakan oleh oknum untuk melakukan hal yang tidak bertanggung jawab, seperti data nya disalah gunakan untuk pemilihan umum daerah atau nasional, kartu kredit, bantuan penduduk dan lain sebagainya yang sifatnya data fiktif.
  2. Ketepatan data kependudukan yang valid. Untuk kepentingan sensus penduduk serta yang aktif mempunyai hak suara serta survey kependudukan.
  3. Bantuan Dana Pensiunan. Jika seseorang yang meninggal sudah masuk masa pensiun dan dana pensiun bisa diserah terimakan kepada pasangan yang ditinggalkan. Jadi salah satu persyaratan nya adalah harus mempunyai surat kematian.
  4. Pembagian Warisan. Salah satu manfaatnya adalah menetapkan surat ahli waris jika ada surat kematian.
  5. Syarat untuk menikah kembali. Jika pasangan yang ditinggalkan akan menikah kembali, janda atau duda yang ditinggal meninggal dunia oleh pasangan nya dapat menikah kembali jika ada surat ini.
  6. Klaim Asuransi. Jika seseorang mendaftarkan dirinya di asuransi jiwa swasta atau BUMN kemudian meninggal dunia biasanya akan mendapatkan bantuan yang disepakati oleh kedua belah pihak ketika mendaftarkan diri ke asuransi tersebut.
  7. Memutus biaya Iuran BPJS Kesehatan. Jika seseorang menaggung atau membayar satu keluarga misalnya ada 3 orang. Jika yang satu meninggal dunia maka perlu lapor ke kantor BPJS Kesehatan supaya hak tanggungan nya berkurang karena salah satu anggota keluarga meninggal dunia.

Contoh Surat Kematian

SURAT KETERANGAN KEMATIAN

No. 022/……./XI/2021

Saya yang bertanda tangan dibawah ini, Kepala Desa ……………,  Kecamatan ……………Kabupaten ……………dengan ini menerangkan bahwa :

Nama: ………………………
Jenis Kelamin: ………………………
Tempat, Tanggal Lahir: ………………………
Umur: ………………………
Agama: Islam
Pekerjaan: ………………………
No. KTP: ………………………
Alamat: ………………………

Telah meninggal dunia pada :

Hari, Tanggal: ………………………
Pukul: ……………………… WIB
Bertempat di: Jl ………………………
Dimakan di: ………………………

Surat Keterangan ini dibuat berdasarkan keterangan pelapor :

Nama: ………………………
Jenis Kelamin: ………………………
Tempat, Tanggal Lahir: ………………………
Umur: … Tahun
Agama: ………………………
Pekerjaan: ………………………
No. KTP: ………………………
Alamat: ………………………

Hubungan pelapor dengan yang meninggal  : ………………………

Sekian surat keterangan kematian ini Kami buat dengan keadaan yang sesungguhnya dan data yang dapat dipertanggung jawabkan agar bisa digunakan dengan sebagai mestinya.

………………………, ……………………… 2021

Kepala Desa ………………………

 ………………………

Download Template Contoh Surat Kematian .Doc Disini