Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surat Pengunduran Diri Kerja Yang Baik dan Sopan

 

Surat Pengunduran Diri Kerja - Suratpedia.id


Contoh surat pengunduran diri kerja yang baik, sopan dan benar agar perusahaan kamu saat ini menerimanya dengan baik dan meninggalkan kesan yang baik.

Suratpedia.id - Sobat, jika kamu ingin mengundurkan diri dari pekerjaan kamu saat ini dalam waktu dekat, karena mungkin tidak betah atau mencari pengalaman yang baru, kamu harus melakukan beberapa persiapan dan langkah yang baik dan tepat. Salah satunya adalah dengan membuat surat pengunduran diri kerja yang baik, sopan dan benar agar perusahaan kamu saat ini menerimanya dengan baik dan meninggalkan kesan yang baik.

Saat membuat surat pengunduran diri kerja, kamu harus terlebih dahulu mengetahui alasan keluar dari pekerjaan kamu saat ini. Nanti kamu akan mengkomunikasikan alasannya secara tertulis atau langsung kepada supervisor atau HRD kamu saat ini. Jika seorang karyawan perusahaan ingin mengundurkan diri, surat pengunduran diri sangat penting bagi perusahaan, karena menjadi dokumen resmi yang akan menentukan sisa waktu kerja Anda di perusahaan.

Pengajuan surat pengunduran diri kerja juga harus diselesaikan pada waktu yang tepat dan harus ada minimal dua minggu sampai sebulan sebelum Anda mengundurkan diri. Karena perusahaan harus menyiapkan segala macam surat kepada Anda.

Hal ini setidaknya untuk tujuan mengesankan kedua belah pihak dan untuk saling menguntungkan. Selain itu, itu telah menjadi peraturan perusahaan yang mesti dijalankan.

Proses menulis surat juga menjadi etika yang harus dipatuhi karyawan saat meninggalkan tempat kerja.

Namun, terkadang menulis surat pengunduran diri kerja membutuhkan banyak contoh atau bahan referensi agar bisa menulis surat pengunduran diri yang baik.

Sebelum kamu menulis surat pengunduran diri kerja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

-Tanggal berhenti dari pekerjaan

Tanggal tidak bekerja yang dimaksud adalah tanggal pasti di mana kamu akan berhenti bekerja. Selain itu, tuliskan tanggal pasti kerja efektif yang masih bisa Anda lakukan.

Anda tidak dapat menulis tanggal ini sesuai keinginan. Anda dapat menuliskannya dalam kontrak kerja yang diberikan di awal pekerjaan. Biasanya perusahaan pada saat ini meminta anda untuk menuliskan kerja efektif dari mengudurkan diri sekitar 1 bulan /30 hari untuk mencari pengganti.

Dengan memperhatikan hal ini, perusahaan akan berusaha mencari pengganti kamu dan kecil kemungkinannya akan dikenakan denda atau penalti yang bisa dikenakan oleh perusahaan jika tidak ada perjanjian yang dilanggar oleh kamu.

Isi surat pengunduran diri kerja.

Isi surat pengunduran diri kerja harus jelas dan ringkas. Ini tidak seperti surat cinta, yang kamu bisa mencurahkan isi hati kamu, apakah itu kebahagiaan atau kesedihan.

Bahasa yang digunakan biasanya formal dan lugas. Selain itu juga dapat dibuka dengan menulis kesan positif terhadap perusahaan dan membanggakan perusahaan.

Surat pengunduran diri kerja  penyajiannya singkat dan padat.

Jangan lupa juga untuk menuliskan alasan pengunduran diri kerja kamu. Karena sangat penting, sehingga tidak akan menimbulkan kecurigaan atau hal lain di kemudian hari.

Contoh surat pengunduran diri kerja resmi meliputi:

Terhormat,

Direktur PT Perusahaan ABCD

Di tempat

Dimohon menerima surat ini sebagai pemberitahuan yang resmi dan saya akan mengundurkan diri sebagai Direktur Pemasaran  PT ABCD. Hari terakhir saya adalah Rabu, 10 November 2021.

Terima kasih banyak atas kesempatan kerja untuk memegang dan bertanggung jawab pada posisi ini selama lima tahun terakhir. Saya sangat bangga, dan menikmati kesempatan kepada saya untuk belajar dan tumbuh bersama dengan tim yang hebat.

Dalam proses bekerja dengan tim, saya belajar banyak tentang strategi pemasaran online maupun offline. Saya pasti akan membawa pelajaran ini sepanjang karir saya.

Dalam satu bulan ke depan ke depan, saya akan berusaha melakukan segala usaha untuk menyelesaikan tugas-tugas saya yang tersisa dan melatih anggota tim lainnya.

Demikian surat pengunduran diri kerja saya. Mohon maaf atas segala kekurangannya. Saya berharap sekali bahwa perusahaan terus berjalan dan tambah sukses. Semoga kita bisa tetap berhubungan baik di masa depan kelak.

Hormat kami,

Nama Lengkap anda