Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surat Penawaran Barang yang Baik dan Benar

 

Surat Penawaran Barang

Suratpedia.id - Surat Penawaran Barang merupakan surat untuk menawarkan produk dan jasa perusahaan kepada calon pelanggan potensial. Isi dari surat penawaran barang biasanya berupa pengenalan produk yang bisa mendongkrak penjualan perusahaan yang kita bekerja disana ataupun milik sendiri.

Masih belum bisa membuat surat penawaran yang baik dan benar? mari kita simak contoh dan penjelasan nya dibawah ini!

Tujuan Membuat Surat Penawaran Barang maupun Jasa

Tujuan dari membuat surat penawaran adalah membuka potensi jual-beli dengan calon pelanggan atau menawarkan produk atau jasa baru kepada pelanggan lama.

Berikut beberapa fungsi dari membuat surat penawaran yang suratpedia.id rangkum untuk Anda :

  • Salah satu bentuk kegiatan promosi produk maupun jasa perusahaan
  • Sangat membantu memperluas jaringan bisnis perusahaan
  • Salah satu cara untuk menjalin rekan bisnis dan menjaga hubungan bisnis
  • Sebagai alternatif pemasaran menawarkan produk atau jasa kepada pihak pelanggan
  • Meningkatkan pemasaran produk atau jasa sesuai target perusahaan

Melihat fungsi dan tujuan membuat Surat Penawaran maka, perlu untuk mengetahui cara membuat surat penawaran yang baik dan benar. Kita juga sadar bahwa membuat surat penawaran barang sangat penting untuk keberlangsungan suatu perusahaan atau bisnis.

Apa saja isi dari Surat Penawaran Barang ataupun Jasa?

Ada beberapa hal yang harus ada pada isi surat penawaran yaitu adalah :

  • Daftar nama produk, katalog, jenis produk, kualitas produk, dan jumlah produk yang ditawarkan
  • Beberapa keunggulan, kelebihan produk dan kemudahan yang ditawarkan , misalnya produk telah bersertifikat resmi dari pihak ABC, gratis ongkos kirim, promo selama bulan ini.
  • Harga produk maupun jasa ditawarkan dengan paket yang lebih murah partai besar ataupun satuan eceran yang terjangkau pelanggan.
  • Berbagai macam metode pembayaran yang variatif dan terjangkau oleh pelanggan menjadi salah satu poin yang menarik pelanggan.
  • Menawarkan berbagai diskon, promo, potongan harga berapa persen dari harga normal selama surat penawaran berlaku dengan waktu dan jumlah barang tertentu
  • Dokumen pendukung yang penting seperti katalog produk, daftar rekam jejak atau portfolio perusahaan, SIUP dan NPWP perusahaan yang jelas.

Contoh Surat Penawaran Barang ataupun Jasa

Jika masih bingung contoh surat penawaran nya, berikut contoh pembuatan surat penawaran nya :

Surat Penawaran Barang

Yogyakarta, 19 Januari 2021

Kepada Yth,

Calon Pelanggan

di Tempat.

No       : 001/ORG/I/2021

Hal      :  Penawaran Barang

Lampiran :  1 Berkas

Dengan hormat,

Dengan surat ini kami bertujuan untuk memperkenalkan perusahaan kami PT ABCD JAYA yang beralamat di jalan Sudirman No. 1A Pekanbaru. Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang peralatan perkantoran dan furnitur dan telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan lokal maupun internasional.

Dalam kesempatan ini, perusahan kami bersedia untuk menawarkan beberapa produk alat perkantoran yang menjadi produk unggulan di perusahaan kami. Kami juga melampirkan 1 lembar brosur katalog sebagai bahan pertimbangan bapak/ibu. Kami yakin bahwa jika bapak/ibu memakai produk-produk unggulan kami maka, pegawai bapak/ibu dapat bekerja dengan baik dan giat serta meningkatkan efisiensi kinerja perusahaan.

Kami juga mempunyai beberapa penawaran spesial khusus di surat penawaran ini yaitu diskon spesial sebesar 15% jika bapak/ibu membeli produk kami sebelum tanggal 19 Februari 2021. Berlaku garansi 2 tahun dari setiap produk yang bapak/ibu beli khusus dari kami. Pembayaran bervariasi dari cash maupun beberapa termin sesuai kemampuan perusahaan. Pembayaran bisa dilakukan dengan membayar uang muka sebesar 40% dari harga total keseluruhan dan sisa nya dapat dicicil 3x setelah barang sampai ke tempat tujuan bapak/ibu.

Harapan kami adalah untuk menerima order pemesanan spesial dari bapak/ibu. Kami yakin jika bapak/ibu memesan produk perkantoran kami maka akan ada keuntungan kedua belah pihak yang terjadi di tahun ini dan juga di tahun-tahun selanjutnya bisa menjadi rekan bisnis yang baik. Atas perhatian dan kerjasama bapak/ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

PT ABCD

Marketing Manager

Download : Template Surat Penawaran Barang