Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surat Izin Sakit Sekolah Yang Benar dan Terbaru

Surat Izin Sakit Sekolah

 

Suratpedia.id Bingung sedang sakit dan ingin membuat Surat Izin Sakit Sekolah ? Mari kita simak pembahasan buat kamu dari suratpedia.id cara membuat surat izin baik online kirim lewat wa/email maupun offline dicetak print yah nanti ketika sudah sekolah normal kembali.

Kehadiran siswa untuk belajar online maupun offline sangat penting dalam kegiatan pembelajaran sekolah. Tanpa adanya kehadiran siswa maka kegiatan belajar mengajar tidak akan terlaksana dengan baik. Karena, ilmu tidak didapatkan oleh siswa dari kegiatan mengajar guru.

Jika siswa berhalangan hadir karena sakit, acara keluarga maupun penyebab lainnya maka diwajibkan untuk membuat surat keterangan, atau surat izin sakit sekolah bagi yang sakit. Biasanya orang tua atau wali murid membuat dan mengirim kepada guru atau wali kelas dari anak nya. Surat izin harus bersifat formal, baik, sopan dan dapat dipertanggung jawab kan.

Tidak sedikit yang menyepelekan perizinan formal atau resmi ketika anak sedang sakit. Padahal. surat izin resmi juga bisa masuk penilaian raport baik atau buruk siswa dari guru atau sekolah.

Sakit memang tidak ada yang menginginkan nya dan tidak akan ada yang menduga akan sakit berapa lama. Sebagai manusia biasa, kita hanya dapat berusaha untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat dengan pola makan yang benar dan tidur yang baik. Kondisi badan yang tidak sehat dapat menggangu aktivitas harian seperti sekolah dan lainnya.

Format Surat Izin Sakit Sekolah SD, SMP, SMA

Format surat izin sakit sekolah sebenarnya tidak baku dan sangat mudah sekali membuatnya. Namun, kadang kita takut membuat kesalahan atau salah kata sehingga menimbulkan efek yang lebih besar. Lalu, bagaimana cara membuat surat izin sakit sekolah yang baik dan betul :

  • Tempat serta tanggal pembuatan surat mesti ditulis
  • Kepada siapa ditujukan surat nya, tulis saja nama lengkap dan gelar yang ditujukan, misalnya Kepada : Bpk. Indra Herlambang M.Ag.
  • Salam hormat pembuka, bisa Assalamualaikum untuk muslim atau "Dengan hormat" yang lebih universal.
  • Bagian Pembuka percakapan, isinya biasanya sapaan kepada yang kamu kirim surat. Susun kata-kata secara efisien dan efektifitas yang baik.
  • Jelaskan dan tuliskan Isi Maksud Tujuan Surat dibuat. Jelaskan identitas lengkap kamu dan tujuan mengapa surat izin sakit ini dibuat.
  • Penutup Surat. Tuliskan permohonan maaf kamu dan juga rasa terima kasih sebesar-besarnya atas perhatian dan izin yang diberikan.
  • Tanda Tangan pemohon dan juga pihak wali murid atau orang tua yang meminta izin sakit kepada pihak sekolah.

Kamu bisa meminta tolong kepada teman, kerabat atau orang tua untuk membuatkan surat izin sakit untuk kamu yah.

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah

Wonosobo, 12 Juli 2021

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI IPA 1

SMA Negeri 1 Wonosobo

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama             : Muhammad Suteja Ahmadi

Alamat            : Jl. Soedirman No 182A

Orang tua/wali murid dari:

Nama             : Nindya Sari

Kelas              : XI IPA 1

Memberitahukan bahwa siswa tersebut tidak dapat mengikuti proses belajar di sekolah pada hari Senin, 12 Juli 2021-15 Juli 2021 dikarenakan sakit. Oleh karena itu kami memohon kepada bapak/ibu untuk memberikan izin kepada anak kami untuk tidak ikut proses belajar mengajar pada hari tersebut.

Demikian surat ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

(Tanda Tangan dan Nama Lengkap)

Template Surat Izin Sakit Sekolah dapat didownload di sini.