Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surat Cuti Melahirkan yang Baik dan Benar

Surat Cuti Melahirkan


Suratpedia.id Surat Cuti Melahirkan disiapkan oleh karyawan perempuan yang sedang hamil dan akan menjalani proses melahirkan kepada sebuah perusahan atau lembaga instansi untuk meminta izin cuti.

Melahirkan atau proses persalinan merupakan hal yang wajar bagi perempuan yang sudah menikah dan segera mempunyai anak dari hasil pernikahan nya. Tentunya, proses melahirkan bukan proses yang mudah karena kadang harus mempertaruhkan nyawa sang calon ibu, karena membutuhkan tenaga, waktu pemulihan yang lama dan persiapan yang cukup. Jadi bagi kamu perempuan yang sudah bekerja tentunya memiliki hak atas cuti melahirkan.

Cuti melahirkan memiliki waktu yang lama dan memiliki undang-undang yang mengatur hak cuti melahirkan. Ketentuan yang diatur undang-undang adalah UU No. 13 tahun 2003 dalam hal Ketenagakerjaan (UUK), bahwa pekerja/buruh perempuan mempunyai hak cuti 1.5 bulan sebelum persalinan dan juga 1.5 setelah persalinan.

Total berarti kamu punya hak untuk bisa cuti selama 3 bulan berturut-turut namun gaji tetap dibayarkan. Bagi kamu yang sedang hamil dan hendak melahirkan bisa memeriksakan dan kontrol rutin ke dokter untuk mengetahui kurang lebih minggu atau bulan mengenai waktu persalinan bayi yang dikandung.

Jadi, ketika sudah 1.5 bulan kamu bisa mengajukan surat cuti melahirkan, dan batas waktu nya ditentukan 1.5 bulan setelah melahirkan.

Biasanya perusahaan sendiri mempunyai formulir atau blanko yang telah disediakan untuk diisi oleh karyawan perempuan yang akan meminta izin cuti. Namun kadang perusahaan belum memiliki formulir resmi sehinga kadang ada juga perusahaan yang mewajibkan karyawan nya untuk membuat surat izin cuti melahirkan secara terpisah dan resmi kepada perusahaan.

Pengajuan cuti sebaiknya disiapkan jauh-jauh hari dan tidak serta merta mendadak karena perusahaan mungkin perlu menyiapkan pengganti sementara pekerjaan kamu.

Format Surat Cuti Melahirkan

  • Tempat dan tanggal ketika mengajuan surat cuti, di isi tanggal pengajuan bukan tanggal periode cuti yah, tapi tanggal saat diajukan.
  • Hal/Perihal tujuan surat dibuat. Karena ini dibuat untuk cuti melahirkan maka diisi saja "Pengajuan Izin Cuti Melahirkan"
  • Lampiran. Bila ada surat keterangan dari bidan, dokter ataupun dari rumah sakit yang biasa kamu kunjungin untuk kontrol kelahiran, Jika ada maka diisi berapa lembar lampiran misalnya lampiran : 1 lembar, jika tidak ada disisi "-" atau "nihil".
  • Kepada siapa ditujukan surat, bisa kepada HRD, Pemimpin Perusahaan, atau jika guru bisa ke Kepala Sekolah. Ditulis dengan jelas kepada siapa surat ditujukan.
  • Pembuka dan Isi surat. Salam pembuka bisa Assalamualaikum atau lebih universal misalnya "dengan hormat" dan yang lainnya. Isi surat diisi nama karyawan, NIK karyawanm, jabatan yang terakhir dan juga durasi cuti yang akan diambil dari tanggal mulai sampai terakhir cuti.
  • Penutup. Tuliskan ucapan terima kasih atau salam penutup di surat cuti melahirkan.
  • Nama lengkap serta tanda tangan yang benar.

Contoh Surat Cuti Melahirkan

Tasikmalaya, 19 Oktober 2021

Perihal : Permohonan Cuti Melahirkan

Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,

Bapak Sirojuddin                                 

Kepala Sekolah SMA 1 Tasikmalaya

di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Permatasari
Jabatan:Guru Honorer Pendidikan Agama
Unit Kerja:SMA Negeri 1 Tasikmalaya
Alamat:Jl. Sudirman No. 59, Tasikmalaya

Dengan ini ingin saya mengajukan izin cuti melahirkan selama 3 (tiga) bulan, dimulai dari tanggal 01 November 2021 sampai dengan 01 Februari 2021.

Hal ini karena pertimbangan dan hasil pemeriksaan dari rumah sakit tempat saya kontrol kandungan, yang mana saya diprediksi akan melahirkan sekitar tanggal 17 Desember 2021 mendatang.

Sebagai tanda bukti, dengan surat ini saya akan lampirkan juga surat hasil pemeriksaan dokter tersebut yang saya kunjungin untuk kontrol kandungan. Selama saya cuti, saya akan berada di rumah saya yang bertempat di Kp. Cihandap RT 01 RW 1 Kel. Sukasenang, Tasikmalaya.

Demikianlah surat permohonan izin cuti melahirkan ini saya buat dan sampaikan dengan sebenarnya, atas perhatian dan izin yang Bapak berikan, saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat Saya,

(ttd)

Dewi Permata Sari

Download Template Surat Cuti Melahirkan