Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Referensi Kerja yang Baik dan Benar

Surat Referensi Kerja

suratpedia.id - Surat Referensi Kerja sangat penting dan dibutuhkan ketika sedang mencari kerja atau pindah ke perusahaan lain yang baru. Meski surat referensi sangat penting tetapi kadang ada yang belum tahu pembahasan nya, mari kita bahas tentang referensi kerja nya oeh suratpedia.id

Surat referensi kerja diartikan sebagai surat yang dikeluarkan perusahaan atau pihak yang mempekerjakan yang menerangan tentang sikap, jabatan, perilaku dan kinerja karyawan dalam jangka waktu dari mulai kerja sampai keluar kerja. Surat tersebut menjadi bukti seorang karyawan kinerjanya bagus sehingga dibuatkan surat rekomendasi oleh perusahaan yang lama. Surat ini kadang disebut juga surat pengalaman kerja atau surat rekomendasi kerja.

Surat referensi ini juga menjelaskan mengenai status karyawan di perusahaan lama apakah magang, kontrak, atau karyawan tetap.

Tujuan Dan Fungsi Surat Referensi Kerja

Surat referensi memiliki bebebapa fungsi dan tujuan, untuk apa saja surat referensi nya :

  • Untuk melamar pekerjaan. Seperti yang sudah dibahas diatas bahwa surat referensi menjadi bahan acuan bagi perusahaan untuk merekrut kamu menjadi karyawan nya. Melalui surat ini juga bisa menjadi gambaran loyalitas dan juga dedikasi karyawan kepada perusahaan lama. Surat ini juga menerangkan jabatan terakhir karyawan di perusahaan lama.
  • Syarat pencairan Dana BPJS atau JHT. Syarat pencairan dengan fotocopy surat referensi kerja yang dilegalisir. Jika masih aktif sebagai karyawan juga sebenarnya bisa dicairkan sepuluh sampai tiga puluh persen berdasarkan peraturan yang baru.
  • Syarat pinjaman bank atau instansi leasing/pinjaman lainnya. Biasanya pihak yang peminjam akan meminta surat keterangan kerja kepada calon debitur nya untuk menentukan bahwa layak atau tidak nya mendapatkan pinjaman atau belum bisa diterima. Dengan surat referensi kerja dapat menjadi bahan pertimbangan dan dapat meyakinkan bank bahwa calon debitur dapat membayar cicilan dan angsuran karena mempunyai pekerjaan dan penghasilan setiap bulan.
  • Mendapatkan beasiswa. Surat referensi dapat digunakan untuk mendaftar beasiswa dengan jalur profesional. Syarat daftarnya silahkan ajukan surat referensi yang telah dilegalisir oleh perusahaan.
  • Pengajuan kartu kredit. Dengan surat referensi menyatakan bahwa nanti kamu mampu membayar tagihan kartu kredit setiap ada tagihan bulanan.

Format Struktur Surat Referensi Kerja

  • Kop surat resmi perusahaan berisi logo, nama perusahaan, alamat dan nomor telepon
  • Perihal surat yang ditulis
  • Isi surat yang berisikan biodata karyawan, jabatan terakhir, penilaian sikap dan lama waktu bekerja
  • Penutup surat
  • Tempat dan tanggal dibuat surat referensi

Contoh Surat Referensi Kerja

SURAT REFERENSI KERJA
No. : 001/HRD/X/2021

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Nama Lengkap
Jabatan : Direktur PT. ABCD

Menerangkan bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

Nama : Nama Karyawan
Alamat : Jl. ABCD no.99, Kota, Provinsi

Benar telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin terhitung sejak 01 Januari 20118 sampai dengan 18 Desember 2020, dengan jabatan terakhir sebagai Staf Marketing.

Selama menjadi karyawan, Saudara <Nama Karyawan> telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan kami dan tidak pernah melakukan hal-hal yang merugikan perusahaan. Dimana karyawan kami tersebut mengundurkan diri atas kemauannya dirinya sendiri.

Kami berterima kasih atas kerjasamanya selama ini serta berharap semoga yang bersangkutan akan sukses dimasa yang akan datang .

Demikian surat referensi kerja ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Kota, Bulan tanggal tahun

Nama Direktur

Direktur PT ABCD

Download Template Surat Referensi Kerja disini