Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Pengalaman Kerja dan Cara Membuatnya


Contoh Surat Pengalaman Kerja

Suratpedia.id Saat melamar pekerjaan baru, karyawan akan menyertakan berbagai dokumen pendukung yang penting. Contoh Surat Pengalaman Kerja ini akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang cocok dan ideal sebagai pencari kerja. Sementara itu, untuk HRD perusahaan baru, surat ini akan menjadi bahan pertimbangan saat menerima karyawan baru. ko bisa ? yuk simak ulasan nya!

Pengertian tentang surat pengalaman kerja

Surat pengalaman kerja adalah surat yang diterbitkan oleh suatu perusahaan atau organisasi yang membuktikan bahwa seseorang telah bekerja di perusahaan tersebut dalam periode waktu tertentu. Surat ini adalah bukti yang nyata. Surat kerja ini hanya bagi karyawan yaang memiliki riwayat kerja yang baij dan bekerja lebih dari satu tahun. Informasi yang dijelaskan dalam contoh surat pengalaman kerja ini adalah penjelasan tugas dan sikap karyawan di tempat kerja, berapa lamanya bekerja, dan alasan karyawan keluar dari perusahaan.

Alasan mengapa karyawan membutuhkan contoh surat pengalaman kerja

Persaingan semakin ketat, terutama persaingan untuk mendapatkan pekerjaan apalagi di masa pandemi dari tahun 2020 sangat sulit mendapatkan pekerjaan bahkan banyak yang dikeluarkan dari perusahaan. Perusahaan selalu berusaha untuk merekrut karyawan terbaik dengan seleksi yang ketat. Surat pengalaman kerja secara tidak langsung adalah surat rekomendasi yang menunjukkan bahwa karyawan tersebut berkinerja baik dan tidak ada masalah apapun. Berikut adalah beberapa alasan mengapa contoh surat pengalaman kerja penting:

• Penarikan dana BPJS

• Menunjukkan pengalaman kerja

• Sebagai persyaratan administrasi perusahaan baru.

• Membuktikan seseorang bukan tukang pindah kerjaan semaunya

Pentingnya surat pengalaman kerja untuk HRD perusahaan baru

Menemukan kandidat karyawan yang berkualitas dan cocok tidak lebih sulit daripada mencari pekerjaan bagi pencari kerja. HRD perlu menyeleksi seluruh kandidat karyawan dengan berbagai aturan dan syarat. Bagi HRD, surat pengalaman kerja sangat berguna sekali sebagai bahan pertimbangan yang tepat untuk menerima lamaran kerja. Padahal, ada banyak pencari kerja dengan kualifikasi dan bakat yang berbeda-beda. Namun, tidak semua kandidat karyawan cocok untuk perusahaan.

Surat ini tidak hanya mengacu pada hard skill dan job description, tetapi juga mengacu pada sikap karyawan ketika mereka bekerja di perusahaan sebelumnya. Kemudian, berbagai informasi yang terkandung dalam surat pengalaman kerja akan menunjukkan bagaimana sikap dan loyalitas karyawan jika akhirnya bergabung dengan perusahaan. Hal ini sangat penting untuk mengontrol tingkat turnover karyawan atau jumlah karyawan yang mengajukan pengunduran diri.

Format Contoh Surat Pengalaman Kerja

Sama halnya dengan surat resmi perusahaan, surat pengalaman kerja juga memiliki format tertentu. Format ini hanya dapat digunakan dan disetujui oleh orang yang berwenang (seperti manajer atau supervisor). Berikut format contoh surat pengalaman kerja:

1. Kop Surat. Posisi kop surat berada di atas, menunjukkan identitas perusahaan berupa nama perusahaan, logo, alamat, nomor telepon, dan email.

2. Judul. Bagian judul terletak setelah kop surat dan menjadi tanda surat. Fungsinya tidak lain untuk menunjukkan pentingnya surat tersebut, agar tidak tertukar dengan surat atau lampiran lainnya.

3. Nomor surat. Sistem penulisan nomor surat biasanya disesuaikan dengan aturan perusahaan atau organisasi. Salah satu contohnya adalah No. 01/HRD/XI/2021.

4. Identitas penulis surat. Surat resmi harus dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dari perusahaan. Bagian ini memuat nama lengkap dan jabatan pihak yang berwenang menulis dan menandatangani surat untuk mencegah pemalsuan surat.

5. Status karyawan. Posisi identitas pegawai berada di bawah identitas penulis surat. Informasi yang ditampilkan adalah nama dan alamat lengkap pada KTP karyawan.

6. Kontribusi atau keterampilan. Bagian ini mencakup lamanya jam kerja, kontribusi, keterampilan, sikap karyawan, dan alasan pemutusan hubungan kerja antara karyawan dan perusahaan. I

• Penutup

• Tempat dan tanggal penulisan surat

• Tanda tangan dan nama lengkap

Contoh surat pengalaman kerja

Surat pengalaman kerja sebenarnya sangat sederhana dan mudah dibuat. Namun, persiapannya perlu akurat agar tidak salah tulis yah. Ini adalah contoh surat pengalaman kerja untuk membantu Anda lebih memahami:

SURAT PENGALAMAN KERJA

NO I./HRD/XI-2021

Yang bertanda tangan dibawah ini: 

        Nama: Bagus Silalahi

        Posisi: Manajer HRD

Nama-nama tersebut di bawah ini dengan ini dijelaskan:

     Nama : Nama Karyawan

     Tempat lahir/tanggal lahir : Papua, 1 Maret1990

     Alamat: Jl Kota Anyar No 15, Jakarta

Menjabat sebagai IT Staff di PT ABCD. Telah bekerja dimulai dari 24 Januari 2017 hingga 19 Juli 2021. Personil yang bersangkutan berhenti bekerja karena berakhirnya kontrak di PT ABCD. Bapak/Ibu (Nama Karyawan) telah menunjukkan reputasi dan profesionalisme yang baik dalam pekerjaannya. Atas nama perusahaan, kami ucapkan terima kasih atas kerjasamanya selama ini.

Oleh karena itu, surat ini dapat digunakan bila diperlukan.

Suatu Tempat, 19 Agustus 2021

PT ABCD

Manajer HRD